Pages - Menu

Tuesday, April 05, 2011

Tawakal


Dan Bertawakalah kepada Allah dan cukup Allah sebagai pelindung segala urusan 
(QS. An. Nisa : 81)


Tawakal adalah berserah diri dan berpegang teguh hanya kepada Allah semata. Makna ini mempunyai 2 pengertian yaitu pertama berserah diri dan yang ke dua berpegang teguh. Keduanya merupakan kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Tidak dapat dikatakan tawakal kalau belum berserah diri secara ikhlas. Tidak dapat pula dikatakan tawakal jika belum berpegang kepada-Nya. 

Kehidupan manusia tak selalu berjalan dengan mulus. Bahagia dan derita akan datang dan pergi seiring dengan waktu. Ketika kesusahan datang menghimpit kehidupan, usaha dan upaya dikerahkan untuk melalui kesusahan tersebut. Tak lengkap rasanya bila berikhtiar tanpa disertai dengan berserah diri kepada Allah. Berharap kemurahan dan pertolongan-Nya. Karena segalanya akan terjadi sesuai dengan Kehendak-Nya.

Berikut adalah Doa yang sering diucapkan Rasulullah ketika mendapatkan gangguan dari kaum munafik.

Hasbiyallahu la ilaha illa huwa alaihi tawakaltu wahuwa rabbul arsyil adzhim.
(Cukuplah Allah bagiku, tidak ada tuhan selain dia, hanya kepada-Nya aku bertawakal, dan dia tuhan yang memiliki arsy yang agung)

Rasulullah bersabda " Barang siapa yang membaca doa ini dipagi dan petang hari sebanyak 7 kali, niscaya Allah akan memenuhi segala urusannya"

No comments:

Post a Comment

Thanks sudah mampir di blog saya, jangan lupa tinggalkan komentar ya...Trims....:)