Wednesday, August 03, 2011

Dorama Jepang Terbaik Dari Masa Ke Masa


Drama Terbaik Jepang Dari Masa Ke Masa

Walaupun saat ini drama Jepang tak sepopuler drama Korea, tapi di Indonesia drama Jepang mempunyai tempat tersendiri bagi para penggemarnya. Dari segi cerita, aktiang para pemain tak kalah bagus dan menarik dari drama korea yang sedang populer saat ini. Baiklah, berikut ini merupakan serial Jepang yang menurut saya merupakan drama Jepang terbaik dari masa kemasa. Let's Check This Out.


1. Oshin



Title : Oshin
Genre : Human Drama, Ducomentary
Film Date : April, 1983
Episode : 297 episode
  
Cast
Kobayashi Ayako as Oshin (6 to 10 years old)
Tanaka Yuko as Oshin (16 to 46 years old)
Otowa Nobuko as Oshin (50 to 84 years old) 


Drama Oshin ini menjadi populer di Indonesia di tahun 1990'an. Drama yang selalu menjadi alasan saya untuk segera pulang kerumah lebih cepat, drama ini mulai tayang saat saya masih duduk dibangku sekolah dasar.  Kira-kira wajah pemerannya seperti apa ya saat ini? Drama Oshin menceritakan tentang perjalanan seorang gadis bernama Oshin Tanokura yang hidup miskin dai zaman Meiji.

Drama ini mengisahkan tentang perjalanan hidup Oshin dari sorang gadis kecil hingga menjadi seorang nenek. Pejalanan hidup Oshin banyak dilalui dengan pederitaan dan kegetiran hidup, meskipun usianya masih kecil, Oshin yang terlahir dari keluarga miskin harus bekerja menjadi pembantu dan pengasuh anak dari keluarga kaya saudagar beras, lalu menjadi pemotong rambut, menikah dan bekerja keras di ladang sampai tangannya kehilangan keterampilan untuk memotong rambut, berdagang kain, semua dilakukannya dengan sepenuh hati.

Oshin yang terus dilanda kegetiran hidup tetap bertahan dan terus berjuang bahkan di tengah-tengah momok perang dunia ke-2. Drama ini tidak hanya menceritakan tentang kehidupan Oshin dan kisah cintanya saja. Akan tetapi Drama ini juga menceritakan kisah kehidupan masyarakat Jepang pada era Meiji hingga awal 80-an, dan juga memotret negara Jepang yang dapat bangkit dari keterpurukan pasca perang. Dorama ini diproduksi sebanyak 297 episode dengan durasi 15 menit untuk setiap episodenya.

Pertama kali diputar oleh Stasiun Tv Jepang NHK pada 4 April 1983 sampai dengan 31 Maret 1984. Kepopuleran dorama ini banyak mengandung pesan-pesan moral ini dapat dibuktikan dengan ditayangkannya dorama ini di 59 negara termaksud Indonesia.

Haru biru kehidupan Oshin dikemas dengan sangat apik dan menampilkan kehidupan sehari-hari dengan sangat alami. Sungguh hidup ini tidaklah mudah, tapi janganlah menyerah dan teruslah bertahan hingga nafas terahkir. Apapun kondisimu dan keadaanmu terimalah dengan hati ihklas dan lapang dada, karena hidup merupakan nikmat dari Yang Maha Kuasa.


2. Itazura Na Kiss
 



Title : Itazura Na Kiss
Genre: Comedy, Romance , School
Film Date: October, 1996
Episodes: 9

Cast :
Takashi Kashiwabara as Irie Naoki
Sato Aiko as Aihara Kotoko 


Dorama ini diangkat dari sebuah komik yang populer di Jepang dengan judul yang sama Itazura Na Kiss. Kotoko, seorang murid dari kelas F, jatuh cinta kepada Irie Naoki, sosok cowok yang pintar dan tampan dan berasal dari kelas A yang merupakan kumpulan dari siswa siswi unggulan. Naoki memiliki IQ 200 dan selalu menjadi mendapatkan peringkat nomor satu di sekolah. Selain itu ia juga jago dalam segala hal, terutama olahraga. 

Kotoko mulai menyukai Naoki ketika keduanya secara tak sengaja bertabrakan dan berciuman.  Sejak saat itulah Kotoko terus menjadi penggemar Naoki. Dihari ulang tahunnya Kotoko berniat untuk menyatakan perasaanya kepada Naoki dengan mengirim surat. Berharap Naoki mau membacanya suratnya, jangankan dibaca dilihat pun tidak. Dengan jutek Naoki mengatakan tak akan membaca surat dari seorang gadis yang bodoh.

Dengan lemas, Kotoko berjalan pulang dan menganggap bahwa hari itu merupakan hari ulang tahun terburuk dalam hidupnya. Rupanya kemalangan Kotoko terus berlanjut, ia harus rela melihat rumahnya yang habis terbakar api. Untuk sementara waktu Kotoko beserta ayahnya menumpang dirumah teman lama ayahnya. Siapa sangka ternyata rumah yang ia tumpangi untuk sementara adalah rumah Naoki. 

Meskipun tinggal dalam satu atap tak membuat sikap Naoki baik kepada Kotoko. Naoki tetap saja bersikap jutek dan acuh terhadap Kotoko. Hanya Kotoko saja yang tak pernah menyerah dan malu untuk mendekati Naoki. Ditambah lagi Kotoko harus bersaing dengan teman sekelas Naoki yang cantik dan juga pintar. Namun Kotoko tak pernah menyerah dan mendapatkan dukungan sepenuhnya dari Ibu Naoki yang sangat menyukai Kotoko.

Meskipun Naoki pintar, tapi ia tak memiliki impian masa depannya. Berkat bantuan Kotoko, Naoki menemukan cita-citanya untuk  menjadi seorang dokter. Tanpa disadari kehadiran Kotoko telah banyak mengubah sikap Naoki. Naoki mulai menyadari apa arti hidup sebenarnya dan apa yang ia inginkan. Sebenarnya Kotoko mempunyai tempat yang special di hati Naoki, hanya saja Naoki yang gengsi malu untuk mengakuinya. Sampai ahkirnya Kotoko pergi untuk belajar menjadi perawat. Disaat itulah Naoki menyadari perasaan yang sebenarnya dan melarang Kotoko untuk pergi dan memintanya untuk tetap berada disisinya.

3. Glass Mask



Title : Glass Mask/Garasu No Kamen
Genre : Drama
Film Date : July, 1997
Episode : 11 

Cast : 
Adachi Yumi as Maya Kitajima
Matsumoto Megumi as Ayumi Himekawa
Tanabe Seiichi as Masumi Hayami
Nogiwa Yoko as Mayuko Chigusa

Dorama satu ini diangkat dari komik jepang Glass Mask (Garasu No Kamen) di Indonesia lebih dikenal dengan nama Topeng Kaca karya Suzue Muichi dan menjadi salah satu komik favorit saya. Berkisah tentang perjuangan seorang gadis biasa yang ingin meraih cita-citanya menjadi seorang aktris. 

Jika dilihat sekilas, Maya Kitajima tampak seperti gadis pada umumnya, tidak cantik dan tidak memiliki prestasi di sekolah. Sejak kecil ayahnya telah meninggal, Maya bersama ibunya tinggal di sebuah rumah makan mie. Maya memiliki kegemaran menonton, setiap kali menyaksikan sebuah drama, Maya akan langsung lupa akan dirinya, pekerjaannya pun menjadi berantakan, ibu Maya sering kali memarahinya. Sebenarnya Maya memilki bakat terpendam yang belum ia sadari. Hanya dengan sekali menyaksikan sebuah adegan drama, ia bisa menghapal dialog yang diucapkan oleh pemainya beserta dengan mimiknya.

Suatu hari, seorang aktris besar Mayuko Chigusa melihat Maya sedang memperagakan sebuah adegan drama ke pada anak-anak. Ibu Mayuko langsung bisa melihat bakat yang dimilki oleh Maya, dan mengajaknya bergabung dengan teater miliknya. Namun niat ini ditentang oleh Ibu Maya yang tak ingin kehilangan anaknya. Maya yang keras kepala pada akhirnya memilih untuk kabur dari rumah dan pergi ke Tokyo menemui Ibu Mayuko. Ibu Mayuko menyambut kedatangan Maya dengan tangan terbuka, disana ia bertemu dengan para pemain teater lainya dan berlatih bersama.

Dalam pergelaran peresmian teater Mayuko Chigusa, Maya mendapatkan peran utama sebagai Beth dalam pertunjukan "Young Grils". Untuk pertama kalinya, Maya merasakan sesuatu kehangatan yang menjalar dalam dadanya. Seketika itu juga Maya mencintai akting dan merasa dirinya berguna karena bisa memerankan sosok lain yang berbeda dengan dirinya yang hanya gadis pendiam dan tidak mempunyai kelebihan apa-apa. Padahal pada saat pentas, Maya sedang mengalami demam tinggi tapi ia mampu berdiri dan berbicara layaknya orang sehat saat berada di atas panggung.

Pergelaran peresmian ini disaksikan oleh banyak kritkus dan juga peminat seni, salah satunya adalah Masumi Hayami, pengusaha muda dari perusahaan Daito yang terkenal dingin dan menghalalkan segala cara untuk meraih keinginannya. Namun siapa sangka, hati dingin pria ini mencair saat melihat kegigihan dan tekad yang ditujukan oleh Maya. Sejak saat itu ia selalu mengikuti perkembangan Maya. 

Disitu pula hadir Ayumi Himekawa, aktris terkenal yang seusia dengan Maya. Ayahnya seorang sutradara handal dan ibunya Utako Himekawa merupakan aktris papan atas. Ayumi bisa melihat bakat yang dimilki oleh Maya, ia kagum saat mengetahui Maya dapat tenang berdiri di atas panggung pada saat suhu badannya dalam keadaan demam tinggi. Sejak saat itu, Ayumi mulai merasa bahwa Maya akan menjadi rivalnya.

Sejak saat itu dimuailah perjalanan hidup Maya untuk meraih mimpinya. Tawa, tangis, air mata dan putus asa hadir dalam kehidupannya. Setiap kali merasa putus asa, Maya selalu teringat akan Mawar Jingga, penggemar rahasianya sejak pentas pertamanya sebagai Beth. Mawar Jingga selalu mendukung dan memperhatikan Maya dari jauh, meskipun ia tak pernah bertemu dengan sosok Mawar Jingga sebenarnya. Dikisahkan juga persaingan antara Maya dan Ayumi dalam memperebutkan peran Bidadari Merah, sebuah karya besar yang sampai kini hanya Mayuko Chigusa yang mampu memerankannya. Meskipun saling bersaing, baik Maya dan Ayumi saling mendukung dan berteman dengan baik. Berhasilkah Maya menggapai impiannya?

Komik Glass Mask ini telah di buat drama dan juga dibuat film animasi. Dramanya sendiri terbagi menjadi 3 bagian, yakni Glass Mask 1 (July, 1997), Glass Mask 2 (April, 1998) dan Glass Mask Special Ending 1&2. Untuk film animasinya sendiri ada 3 versi dan tahun pembuatan yang berbeda. Yakni Glass Mask Anime (1984), Glass Mask OVA (1998) dan Glass Mask Anime (2005). Dikarenakan sampai saat ini cerita komik ini belum juga tamat maka endingnya berbeda dalam tiap versi.

Adachi Yumi setidaknya memiliki akting yang baik sehingga ia terpilih untuk memerankan sosok Maya, walaupun saya kadang merasa kurang aktingnya greget, namun lumayan tidak buruk. Dan yang paling mengecewakan adalah pemilihan Tanabe Seiichi sebagai Masumi Hayami, aduh "Ndak banget dech" jauh dari bayangan sosok Masumi yang tampan. Apa mungkin saat itu tidak ada aktor yang lebih tampan dari Tanabe? Kan masih ada Takeshi Kaneshiro! Wajah Tanabe yang terlihat tua menjadikan hubungan Maya dan Masumi menjadi layaknya hubungan paman dan keponakan, walapun dalam cerita komiknya perbedaan usia mereka memang selisih 11 tahun. Yach setidaknya drama ini cukup mengobati penasaran saya akan komik topeng kaca yang belum juga tamat sampai tahun 2012 ini.


4. With Love




Title : With Love
Genre : Romance, Friendship
Film Date : April, 1998
Episode : 12 episode

Cast :
Yutaka Tajenouchi as Hasegawa Takashi
Misato Tanaka as Murakami Amane 
Norika Fujiwara as Imai Kaori
Mitsuiro Oikawa as Yoshida Haruhiko
 

Semua bermula ketika Takashi Hasegawa, seorang composer berbakat yang gak bisa menulis lagu tentang cinta lagi setelah ditinggalkan oleh kekasihnya Rina dengan tiba-tiba, secara tidak sengaja ia mengirimkan karya musik terbarunya yang belum selesai ke email Amane, seorang teller disebuah Bank. Merasa tersentuh dengan musiknya, Amane membalas emailnya, tanpa mendapat balasan Takashi.

Amane terus mengirim email dan mencurahkan pikiran-pikirannya pada si pengirim lagu yang tetap tidak merespons, tanpa menuliskan nama aslinya. Ia hanya menggunakan nama samaran "Teru Teru Bozu", yang di Jepang merupakan nama sebutan untuk boneka putih penangkal hujan. Karena penasaran, Takashi membalas tumpukan email Amane selama itu dengan kalimat singkat : "Who are You?", karena ternyata benda terakhir yang Rina tinggalkan untuk Takashi adalah sebuah Teru-teru Bozu. Dan hubungan ajaib keduanya pun berawal.

Melalui sebuah email mereka saling bertukar cerita dan hubungan mereka menjadi dekat mereka menemukan kecocokan satu sama lain. Padahal di kehidupan nyata, Aname tidak menyukai Takashi yang menurutnya Takashi hanyalah pria yang cuek dan tidak mengahargai orang lain, berbeda dengan Aname yang merupakan tipikal cewek kalem dan baik hati, namun kelemahan Aname adalah kurang bisa bersikap tegas dan selalu menjaga perasaan orang lain meskipun hal itu bertentangan dengan dirinya.

Aname tidak mengetahui bahwa Takashi tak lain adalah Hata, pria yang sering bertukar email dengannya dan mempunyai tempat special dihatinya. Begitu pula dengan Takashi yang telah menganggap Teru-teru Bozu sebagai wanita yang berbeda dan merupakan orang pertama ia minta pendapat akan musik yang telah ia buat. Aname sering memberikan masukan kepada Takashi tentang jenis-jenis musik.

Disisi lain, Aname dicintai oleh Yoshida Haruhiko,, seorang pria yang sedang mengejar Aname mati-matian untuk mendapatkan cintanya. Yoshida merupakan seorang pria yang super duper Pede dan memiliki sikap yang terkadang aneh. Gimana tidak dibilang aneh, kalau pertama kali kenalan saja sudah berani mengajak Aname bermalam di hotel. Ada juga Tokoh Kaori seorang penyiar radio yang berusaha membuat Takashi jatuh cinta kepadanya.

Suatu hari Yoshida membaca email Aname yang dikirim oleh Hata, ia pun merasa cemburu, dan ahkirnya Yoshida mengetahui siapa Hata itu sebenarnya. Berbagai cara ia lakukan untuk membuat Aname menjadi miliknya dengan cara yang licik tentunya, bahkan ia telah mempersiapkan pernikahan tanpa peresetujuan dari Aname.

Walaupun alurnya agak lambat, tapi dorama ini sempat membuat saya jatuh cinta karena pemeran dan akting yang pas dari para pemainnya. 


3. Great Teacher Onizuka




Title : Great Teacher Onizuka
Genre : Human Drama, School
Film Date : Juni, 1998
Episode : 12

Cast :
Takashi Sorimachi as Eikichi Onizuka
Norika Fujiwara as Kaoru Kitajima
Rena Tanaka as Ayano Katsuragi
Hideyuki Kasahara as Raku
Nanako Matsushima as Azusa


Great Teacher Onizuka bercerita tentang seseorang yang bernama Eikichi Onizuka, berperan sebagai guru yang berwatak keras di salah satu sekolah di kota Horobonai. Seringkali mengajarkan kepada anak didiknya dengan caranya sendiri yang "aneh" dan hal ini mengundang protes keras dari guru-guru lainnya.

Onizuka ditugaskan menjadi wali kelas untuk kelas 2C. Salah seorang muridnya yang bernama Ayano Katsuragi adalah pencetus ide didirikannya Canada Land dan anak dari pemegang saham tertinggi di sekolah tersebut juga merupakan "kembang"-nya sekolahBeberapa kali Onizuka hampir berhasil "dikerjai" oleh Katsuragi. Namun Onizuka tidak bisa dikelabui begitu saja dan dia akhirnya tahu apa yang menyebabkan Katsuragi menjadi seseorang yang tidak mau berteman seperti sekarang ini.

Onizuka berhasil menjadi guru di kemudian hari, namun Onizuka tidaklah sama dengan guru-guru yang sudah ada. Wataknya keras karena dia pernah menjadi anggota geng. Dia juga memiliki sifat sangat cuek dan tidak memperdulikan tatakrama yang ada. Dengan perilaku semacam itu, dia memecahkan berbagai permasalahan hubungan antar murid di kelasnya dangan cara yang tidak biasa, seperti mengancam murid yang sok jagoan dengan ancaman akan menjatuhkannya dari atas gedung.

Dengan wataknya yang tidak biasa itu, dia dibenci hampir semua orang di sekolah. Akan tetapi, pada akhirnya, banyak yang menyadari bahwa Onizuka adalah orang yang berjiwa bersih dan bisa mengatasi setiap permasalahan yang dialami murid maupun rekan sejawatnya.


4. Kamisama Mou Sokoshi Dake



Title : Kamisama Mou Sokoshi Dake/God, Please Give Me More Time
Genre : Romance
Film Date : July, 1998
Episodes : 12

Cast :
Takeshi Kaneshiro as Ishikawa Keigo
Kyoko Fukada as Kano Masaki


Ishikawa Keigo, seorang komponis lagu terkenal, berada di ambang ketidakpastian antara hasrat untuk hidup dan keinginan untuk mati. Setelah ditinggal mati kekasihnya, Keigo menutup hatinya, membuatnya terasing dari dunia sekitarnya. Ia berusaha untuk melupakan kekasihnya itu, namun berulang kali menemui kegagalan.

Di tempat lain, seorang penggemar fanatik Keigo, Kano Masaki tanpa sengaja menghilangkan dompetnya yang berisi tiket konser Keigo, padahal sebagai fans berat Keigo, ia terobsesi datang ke sana. Masaki harus mengumpulkan uang banyak dalam waktu singkat supaya dia bisa membeli tiket lagi dari calo, yang harganya lebih mahal. Dan Masaki rela melakukan apa saja, bahkan prostitusi. Naas baginya, saat pertama kali melakukan hubungan suami istri ia justru tertular Virus HIV dari pasangannya.

Keigo dan Masaki kemudian bertemu pada malam seusai konser, di mana Masaki mengejar mobil yang ditumpagi Keigo di tengah lebatnya hujan, hanya untuk menunjukkan spanduk "I love Keigo". Di luar dugaan, Keigo tertarik pada Masaki. Bukan hanya karena Masaki adalah penggemarnya, tapi lebih karena Keigo menemukan kemiripan mereka berdua yaitu sama-sama merasa kesepian, terasing, dan pesimis terhadap hidup.

Masa lalu Keigo yang misterius dan sifat Masaki yang ambisius membuat drama ini menjadi lebih hidup dan menarik. Cinta Keigo yang telah hilang, kini muncul kembali setelah bertemu dengan sosok Masaki yang sangat menarik. walaupun Masaki telah tertular HIV, cinta Keigo tidak berkurang. Keigo sanggup menerima apapun keadaan Masaki walaupun begitu banyak rintangan. Cinta sejati akan menerima segala kekurangan dan kelebihan. itulah cinta sejati Keigo kepada Masaki.
 
Sampai ahkirnya Masaki hamil, dokter dan Keigo menyarankan Masaki untuk menggugurkan kandungannya. Karena kemungkinan besar bayi yang dilahirkan Masaki akan terinfeksi virus HIV dan persalinan juga dapat membahayakan nyawa Masaki. Namun Masaki menolak dan tetap ingin melahirkan buah cintanya dengan Keigo. Melihat keteguhan hati Masaki ahkirnya Keigo mendukung Misaki untuk melahirkan anak mereka. Masaki melahirkan seorang putri yang cantik. Pasca  melahirkan keadaan Masaki semakin kritis.

Enam bulan kemudian Misaki dan Keigo menikah, di acara pernikahannya Masaki terlihat cantik dengan gaun pengantinnya. Hari itu merupakan hari bahagia sekaligus duka bagi Keigo. Pada hari yang sama Masaki meninggal di pelukan Keigo.

Walaupun drama ini agak berat tapi sungguh drama mampu menguras air mata. Seolah Drama ini ingin memberikan pesan tentang kehidupan, bahwa hidup sangatlah berharga. Jangan sia-siakan hidupmu, meski kepahitan yang harus kau lalui. Masih ada harapan dan kebahagiaan menantimu.


5. Majo No Jouken




Title : Majo No Jouken/Forbidden Love
Genre : Romance
Film Date : April, 1999
Episode : 11 episode

Cast :
Matsushima Nanako as Hirose Michi
Hideaki Takizawa as Kurosawa Hikaru


Hirose Michi adalah seorang guru SMA ayahnya merupakan seorang anggota dewan guru. Kurosawa Hikaru adalah murid pindahan di sekolah di mana ia mengajar. Hikaru sering kali pindah sekolah, ibunya seorang direktur sebuah rumah sakit sedangkan ayahnya telah meninggal semenjak ia kecil. Sejak bertemu pertama kali, Michi merasa menemukan sesuatu yang berbeda dalam diri. Mereka memiliki banyak kesamaan, mereka merasa tertekan karena sering kali melakukan sesuatu yang diinginkan orang tua mereka meski hal itu bertentangan dengan hati mereka. Mereka berdua menginginkan kebebasan,

Lama kelamaan mereka berdua memiliki suatu hubungan spesial, lebih dari sekedar guru dan murid. Michi berusaha untuk menepis perasaannya kepada Hikaru. Berbeda dengan Hiakru yang jelas-jelas menunjukkan perasaan sukanya kepada gurunya tersebut, dan menawarkan kebebasan kepada Michi. Semuanya begitu pelik karena semua orang di sekitar mereka menentang habis-habisan hubungan keduanya. Terutama ibu Hikaru, dan tunangan Michi, Masaru yang bekerja sama untuk memisahkan Michi dengan Hikaru.

Michi dituduh dan dihakimi habis-habisan karena jatuh cinta kepada anak didiknya dan merusak citra sebagai pengajar. Ditambah lagi Ibu Hikaru yang merupakan pendonor utama sekolah meminta kepada kepala sekolah untuk memecat Michi, hal ini semakin membuat posisi Michi menjadi sulit. Didepan semua guru dan murid, Michi mengutarakan perasaan cintanya kepada Hikaru. Hal ini semakin membuat pihak sekolah marah kepada Michi, belum lagi dirumah Michi harus berhadapan dengan ayahnya yang keras dan tak pernah mau mengerti keinginan Michi.

Tak tahan dengan semua tekanan, ahkirnya Michi dan Hikaru memutuskan untuk melarikan diri bersama. Mereka tinggal sederhana disebuah rumah kecil didekat pantai. Tapi jejak mereka diketahui oleh Masaru. Masalah semakin bertambah rumit ketika diketahui bahwa Ibu Hikaru mencintai Hikaru layaknya cinta wanita kepada seorang pria, bukan perasaan cinta ibu terhadap anaknya. Hal itulah yang membuat Ibu Hikaru mati-matian memisahkan Hikaru dan Michi.

Hikaru mengingatkan ia kepada sosok suaminya yang telah lama meninggal, menyadari perasaanya salah, Ibu Hikaru memutuskan untuk bunuh diri dengan menenggelamkan dirinya dilaut, disaat itulah Michi datang menolong. Setelah nyawanya berhasil diselamatkan, Ibu Hikaru mengalami depresi. Masalah ini semakin menambah beban bagi Hikaru. Tak ingin melihat Hikaru tertekan, pada akhirnya Michi memutuskan untuk mengalah dan pergi meninggalkan Hikaru, padahal pada saat itu ia telah mengandung buah cintanya bersama Hikaru.


6. Beautiful Life




Title : Beautiful Life
Genre: Human Drama, Romance
Film Date: January, 2000
Episodes: 11 

Cast :
Takuya Kimura as Shuji Okishima
Tokiwa Takako as Kyoko Machida


Dorama ini mengisahkan tentang cinta Sejati yang akan selalu menerima apa adanya dan tidak menuntut apa-apa. Banyak adegan dan dialog menyentuh dalam dorama ini.

Shuji, dunia dari ketinggian 100 cm terlihat begitu indah. Inilah ungkapan seorang wanita lumpuh kepada kekasihnya yang begitu setia dalam serial Beautiful Life.Okishima Shuji seorang hairstylist andalan salon Hot Lip bertemu secara tidak sengaja dengan Machida Kyoko, seorang gadis penjaga perpustakaan di jalanan, ketika Kyoko sedang mengemudi mobilnya dan nyaris membuat Shuji celaka. Tidak ada yang spesial saat itu, malah keduanya saling tidak simpati satu sama lain. Shuji mulai menaruh perhatian khusus sejak dia tahu, Kyoko berkursi roda.

Kedekatan mereka pertama kali terjadi ketika Shuji harus mencari model untuk hair stylist. Shuji meminta Kyoko menjadi modelnya. Lama-lama, Kyoko juga terkesan dengan Shuji karena pemuda itu tidak pernah menganggap dirinya sebagai orang cacat, sehingga mereka semakin dekat. Namun, hubungan itu tidak disetujui oleh Masao Machida, kakak Kyoko yang menganggap perkenalan dengan Shuji hanya akan membuat Kyoko terluka. Beruntung, Kyoko mendapat dukungan dari sahabat baiknya Sachie Tamura.

Percintaan keduanya sendiri bukanlah hal mudah bagi Kyoko, berulang kali gadis itu berencana memikirkan untuk putus karena selain hatinya masih tidak percaya dengan ketulusan pemuda itu, Kyoko merasa dunianya berbeda dengan Shuji. Namun, justru dari Shuji-lah ia mampu menemukan keindahan dari dunia setinggi 100 cm yang dilihatnya sehari-hari.

Hal serupa juga terjadi pada hubungan Masao dan Sachie, yang akhirnya membuat gadis itu hamil. Namun ketika diberitahu, Masao ngotot dirinya belum bisa menikah karena ia masih harus menjaga Kyoko. Semua berubah setelah ibu Kyoko memberitahu soal penyakit putrinya kepada Shuji. Yang mengejutkan, pemuda itu bergeming dan mengatakan bakal tetap berada disamping Kyoko.

Kondisi Kyoko yang memburuk membuatnya harus dimasukkan ke rumah sakit, namun belakangan gadis itu memutuskan untuk keluar dan tinggal di apartemen Shuji untuk menghabiskan hari-hari bersama pemuda yang dicintainya itu. Melihat cinta keduanya yang begitu kuat, Masao merestui hubungan keduanya.

Di saat-saat terakhir, Kyoko memaksakan diri untuk menyaksikan aksi Shuji sebagai penata rambut di sebuah acara fashion show meski Masao dan Sachie sudah memberitahu bahwa itu tidak mungkin. Berhasil memaksakan diri untuk menonton, gadis itu pingsan menjelang akhir acara dan akhirnya, ditemani Shuji yang setia disampingnya hingga akhir, meninggal.
Meski kehilangan orang yang dicintai, Shuji tidak menangis.

Namun, pertahanannya bobol saat ia ditinggalkan sendiri untuk merias wajah Kyoko yang sudah meninggal. Beberapa tahun kemudian, ia berhasil memenuhi mimpinya bersama sang kekasih dengan membuka salon di pinggir pantai dan menghabiskan sisa hidupnya mengenang masa-masa indah bersama Kyoko, wanita yang telah mengubah hidupnya.


7. Strawberry On The Shortcake




Title : Strawberry On The Shortcake
Genre: Human Drama, School
Film Date: January, 2001
Episodes: 10 

Cast :
Hideaki Takizawa as Irie Manato
Kyoko Fukada as Mizawa Yui
Kubozuka Yosuke as Saeki
Rina Uchiyama as Sawamura


Irie Manato adalah seorang pelajar SMA yang sering dijadikan bahan olok-olok di sekolah. Pertemuannya yang aneh dengan seorang gadis bermantel merah bernama Mizawa Yui membuat pandangan Manato akan hidupnya sedikit berubah. Yui mencegah Manato ketika ia hendak bunuh diri. Di saat Manato mulai merasakan ada sesuatu yang lain di hatinya, kenyataan justru bicara lain Yui adalah gadis yang kemudian menjadi adik tirinya. Yui pindah ke rumah Manato, karena ibu Yui menikah dengan ayah Manato.

Belum lagi Manato berhasil mengubur perasaannya, ia sudah harus menerima kenyataan lain. Yui menyukai teman sekelas Manato yang playboy, Saeki. Sementara Saeki menykai gurunya disekolah yang usianya jauh lebih tua darinya. Di sisi lain, Manato disukai oleh Sawamura, teman masa kecil yang tinggal di sebelah rumahnya.

Berada dalam rumah yang sama dengan gadis yang disayanginya, membuat Manato mengalami dilema, belum lagi ia harus terus mendukung Yui mengejar Saeki. Yui sendiri adalah gadis polos yang ceria, dan ia tidak sadar akan perasaan Manato. Yang bikin Manato gugup ketika Yui meminta Manato untuk mengajarinya dalam hal berciuman. Gimana ndak gugup, lha wong Manato saja belum pernah berciuman.

Berbagai cara dilakukan Yui agar bisa membuat Saeki menyukainya, bahkan ia rela meyerahkan kesuciaannya kepada Saeki. Tapi sayang, Saeki belum bisa melupakan wanita yang disukainya. Mengetahui cintanya yang terus ditolak oleh Saeki membuat Yui sedih dan jatuh sakit. Disaat itulah Manato ada disisi Yui menjaga dan merawat Yuo. Perlahan-lahan Yui menyadari bahwa ia mulai mempunyai perasaan khusus kepada Manato.


8. 1 Litre of Tears




Title : 1 Litre of Tears/ Ichi Litre No Namida
Genre: Romance, School
Film Date: October, 2005
Episodes: 11

Cast :
Erika Sawajiri as Ikeuchi Aya
Nishikido Ryou as Asou Haruto
Jinnai Takanori as Mizua Ikeuchi
Yakushimaru Hiroko as Shioka Ikeuchi


Dorama ini diambil dari kisah nyata berdasarkan buku harian Kifuji Aya yang berjuang menghadapi penyakit Spinocerebellar Degeneration. Isi buku harian tersebut menceritakan perjuangan Aya menghadapi penyakit yang dideritanya sejak umur 14 tahun sampai ia meninggal saat umur 25 tahun.

Aya Ikeuchi adalah seorang gadis yang sempurna. Cantik, baik hati, lemah lembut, ramah, pandai dan juga bintang basket di sekolah. Ia adalah kebanggaan keluarga Ikeuchi, sebuah keluarga sederhana dengan enam anggota keluarga. Ayahnya, Mizua Ikeuchi, seorang pembuat tahu Jepang yang membuka toko tofu di rumah. Ibunya, Shioka Ikeuchi, seorang konsultan kesehatan yang bekerja di rumah sakit setempat. Aya adalah anak tertua keluarga itu, dengan dua adik perempuan dan satu adik lelaki, Ako si gadis pemberontak, Hiroki dan Rika.

Masuknya Aya ke SMA Higashi Koukou merupakan puncak kebahagiaan keluarga Ikeuchi. Aya pun demikian. Dua orang sahabatnya juga diterima di sekolah dan kelas yang sama. Aya diterima bergabung dengan klub basket sekolah dengan baik karena kemampuannya. Di klub basket itu Aya kembali bertemu dengan Senpai (kakak kelas) yang ditaksirnya sejak SMP, yang ternyata juga menyukai dirinya. Kebahagiaan Aya lengkap sudah.

Tapi namanya hidup, tidak ada yang sempurna. Di usianya yang masih sangat belia, 15 tahun, Aya divonis menderita penyakit Spinocerebellar Degeneration, sebuah penyakit syaraf tanpa obat yang tak dapat disembuhkan. Penderitanya akan mengalami penurunan kemampuan syaraf, mulai dari kelumpuhan sampai kehilangan kemampuan menulis dan bicara. Lebih parah lagi, kemampuan menelan makanan pun akan hilang perlahan-lahan, sehingga penderitanya mutlak tinggal menunggu ajal.

Hancurlah perasaan Shioka, ibu Aya, orang pertama yang tahu penyakit Aya. Dicecarnya dokter yang merawat Aya, orang yang memberikan vonis itu. Mana mungkin kehidupan Aya yang sempurna harus direnggut penyakit mematikan itu. Aya yang belum tahu apa-apa, tengah menikmati masa remajanya di SMA. Ia bertemu dengan Asou Haruto, teman sekelasnya, seorang penyendiri yang menyebalkan. Haruto tipikal cowo yang cuek dan masa bodo dengan segala hal yang terjadi di sekelilingnya. Yang jadi perhatiannya hanya ikan dan kura-kura yang jadi peliharaannya di klub biologi, tempat ia menghabiskan waktu sepulang sekolah.

Hal itu juga bukannya tanpa alasan. Kematian kakak laki-laki Haruto, membawa sebagian hati Haruto bersamanya. Apa yang terjadi ketika kedua orang ini tahu kondisi masing-masing. Haruto-lah orang yang membawakan Aya payung, ketika di hujan deras Aya menunggu Senpai-nya yang membatalkan kencan karena penyakitnya. Haruto lah satu-satunya orang yang tetap berada di sisi Aya dan terus memberinya kekuatan ketika kondisi Aya semakin parah.

Apa jadinya keluarga Ikeuchi, ketika semuanya tahu bahwa putri kebanggaan mereka harus kehilangan masa depannya. Ketabahan, cinta dan kehangatan keluarga, itulah fokus drama menyentuh ini. Pantas diberi judul 1 Litre Of Tears, karena banyak air mata yang mengalir ketika menyaksikan dorama ini. 


9. Hana Yori Dango




Title : Hana Yori Dango
Genre : Romance, Scholl
Fim Date : October, 2005
Episode : 9

Cast :
Inoue Mao as Tsukushi Makino
Matsumoto Jun as Domyouji Tsukasa
Oguri Shun as Hanazawa Rui
Matsuda Shota as Nishikado Soijiro
Abe Tsuyoshi as Mimasaka Akira
Nanako Matsushima as Domyouji Tsubaki


Jauh sebelum Meteor Garden dibuat, di Jepang telah terlebih dahulu mengangkat kisah dari Komik Hana Yori Dango kedalam sebuah drama. Di Jepang terdapat 2 versi drama Hana Yori Dango. Versi lawas dibuat pada tahun 1995 yang diperankan oleh Yuki Uchida sebagai Tsukushi Makino, Shosuke Tanihara sebagai Tsukasa Domyouji dan Fujiki Naohito sebagai Rui Hanazawa. Pada tahun 2005 dibuat remakenya dengan konsep yang lebih modern. Manga Hana Yori Dango merupakan manga yang sangat populer karena telah diangkat kedalam drama seri di 4 negara yang berbeda. Untuk ini saya akan membahas Hana Yori Dango yang dibuat pada tahun 2005.

Siapa bilang masuk ke sekolah bergengsi enak? Hal yang seharusnya menjadi kebanggaan tersebut tidak dirasakan oleh Tuskushi Makino yang bersekolah di Eitoku Gakuen, tempat yang berisikan anak-anak dari keluarga kaya dan berpengaruh. Anak-anak orang kaya dan terkemuka di Jepang, diantar ke sekolah dengan Jaguar bukanlah hal yang aneh. Membawa tas Gucci, memakai arloji Cartier, bercerita soal jalan-jalan ke Paris juga bukan hal yang luar biasa.

Tsukushi, satu-satunya gadis biasa di sekolah itu yang berasal dari keluarga sedrthana. Ke sekolah, dengan cueknya dia membawa bento, (Lunch box traditional) tidak seperti temen-temennya yang makan di kantin yang bentuknya udah kaya cafe Perancis.  

Selain harus menahan kedongkolan melihat teman-temannya yang seolah berlomba memamerkan kekayaan orang tua, Tsukushi yang berasal dari keluarga pas-pasan juga harus bersabar menghadapi tingkah laku semena-mena F4, gerombolan yang berisi empat pemuda paling ditakuti di sekolah. Di tahun keduanya di sekolah itu, Tsukushi tak heran lagi dengan kehebohan mendadak, yang terjadi setiap ada teman sekolahnya yang mendapat memo merah dari F4 

Mereka adalah Tsukasa Doumyouji yang merupakan pewaris sebuah perusahaan keuangan kelas dunia, Rui Hanazawa yang keluarganya berpengaruh, Sojiro Nishikado seorang playboy yang pewaris sebuah sekolah Tea Ceremony, dan Akira Mimasaka yang memiliki kaitan dengan Yakuza.

Berharap bisa melewati hari-harinya dengan tenang, Tsukushi akhirnya tidak bisa menahan diri lagi ketika salah satu sahabatnya nyaris dilecehkan Doumyouji. Akibat dari perbuatannya, gadis itu menerima nota merah yang merupakan tanda dari F4 kalau siswa yang menerima sudah tidak diterima lagi dan bakal dilecehkan oleh seluruh siswa sekolah.
Namun dasar apes, kali ini Doumyouji ternyata salah memilih korban. Pasalnya, ternyata Tsukushi tidak tinggal diam dan malah balik memproklamirkan perang melawan F4 setelah sebelumnya menghajar Doumyouji didepan seluruh siswa sekolah.

Aksi berani gadis itu langsung menarik perhatian banyak orang, salah satunya adalah Rui yang diam-diam disukai Tsukushi karena sikapnya yang begitu misterius. Tidak cuma itu, ternyata Doumyouji juga jatuh hati pada Tsukushi dan berusaha dengan gayanya yang congkak untuk menarik perhatian mantan rivalnya tersebut.


10. Hana Kimi




Title : Hana Kimi/Hanazakari No Kimitachi E Ikemen Paradise
Genre : Comedy, Romance, School
Film Date : July, 2007
Episode : 12

Cast :
Horikita Maki as Ashiya Mizuki
Oguri Shun as Sano Izumi
Ikuta Toma as Nakatsu


Dorama ini diangkat dari sebuah cerita komik dengan judul yang sama Hana Kimi. Lucu, konyol dan terkadang agak lebay. Nonton film ini bikin aku ngakak habis-habis'an tengah malam, untung aja ndak disangka lagi gila coz ketawa ketawa sendiri.... Hahahaha, lumayan lah untuk menghilangka kepenatan.  Pokoke Dorama ini  TOP BGT......

Suatu malam ketika Ashiya di Amerika ia dihadang oleh para preman. Beruntung pada saat itu ia ditolong oleh Sano, meskipun pada saat itu keduanya tidak saling kenal. Namun fatal akibatnya bagi Sano, para preman itu melukai pergelangan kaki Sano dan menyebabkan ia tak bisa lagi melompat seperti sedia kala. Ashiya selalu ingat kejadian itu dan merasa bersalah karena telah menyebabkan Sano berhenti melompat. Tujuan utama Ashiya bersekolah di Osaka High tak lain untuk membuat Sano kembali meloncat dan mengembalikan senyum di wajah Sano. 

Ashiya memutuskan untuk pergi dari rumah dan menuju Jepang. Di Jepang ia bersekolah di Osaka High, sebuah sekolah khusus untuk para cowok, disana ia menyamar sebagai seorang pria.  Alasan Ashiya melakukan ini tak lain untuk bertemu dengan atlet idolanya, Sano Izumi, seorang atlet lompat tinggi.

Hari pertama Ashiya diwarnai dengan terkena tendangan bola dan kejatuhan baskom besi. Belum hapus rasa terkejutnya, tiba-tiba ada seseorang yg marah karena Ashiya meletakkan sepatu di rak sepatunya. Ternyata orang itu adalah Sano Izumi. Dalam hati, Ashiya lega karena akhirnya dapat bertemu dengan cowok impiannya yang dilihatnya di televisi di California, Amerika. Tapi kenyataannya kini, Sano telah lama meninggalkan arena lompat tinggi dan tidak berniat lagi dengan olahraga yang telah membesarkan namanya itu.

Rupanya nasib baik sedang berpihak kepada Ashiya, ia tak hanya sekedar satu asrama dengan Sano tapi juga satu kamar dengannya. Kini Sano tidaklah seperti dulu, kecelakaan itu telah membuat Sano menjadi pribadi yang dingin dan tertutup. Perlahan-lahan Ashiya mulai mendekati Sano dan mengetuk pintu hatinya.

Banyak kejadian kocak mewarnai dorama ini. Ada-ada saja tingkah konyol dari para pemainnya. Berbagai kejadian membuat para siswa di Osaka High menjadi semakin dekat.  Nakatsu yang awalnya tidak menyukai Ashiya, berbalik menyukainya dan menganggap bahwa dirinya gay. Lalu ada Hokuto Umeda, dokter di Osaka High yang tampan tapi Gay, dialah yang pertama kali mengetahui bahwa Ashiya adalah seorang wanita, namun ia tetap menjaga rahasianya dan menjadi teman curhat Ashiya. Lalu ada pula kepala asrama 2, Minami Nanba yang playboy dan sering bertingkah kocak. Ditambah lagi dengan Kayashima, siswa yang memiliki kebiasaan agak aneh karena bisa melihat hantu.


11. Akai Ito



Title : Akai Ito/Red Thread of Fate
Genre: Romance
Film Date: December, 2008
Episodes: 11


"Tuhan telah membuat kau dan aku terpaut lewat benang merah yang panjang... dalam sebuah ikatan takdir tak terlihat dan tanpa peta... Hingga nanti aku akan jatuh cinta saat bertemu denganmu..."

Itulah sekelumit kalimat pengiring dari dorama remaja yang romantis ini. Bercerita tentang benang merah takdir yang sudah terikat antara dua remaja membawa mereka pada bermacam cobaan yang harus mereka hadapi agar dapat bersama. Takemiya Mei dan Nishino Atsushi adalah teman sekelas yang tanpa mereka sadari kalau takdir telah menggariskan mereka untuk bertemu dan jatuh cinta. Diawali pada pertemuan pertama mereka di masa kecil saat Mei yang membawa kue ulang tahunnya dan tidak sengaja tertabrak oleh Atsushi. Dari situ mereka pun tahu kalau mereka berulang tahun di tanggal yang sama 29 Februari.

Waktu berlalu dan mereka kembali dipertemukan saat Mei dan Atsushi menempati kelas yang sama di sekolah mereka. Mereka tidak mengingat pertemuan mereka dimasa kecil dulu, apalagi saat itu Mei sedang jatuh cinta pada seorang sahabat yang sudah lama dikenalnya Shinozaki Yuya.

Takdir mendekatkan Mei dan Atsushi, ketika Mei sedang dalam kesedihan karena ternyata Yuya yang dicintainya malah mencintai kakak perempuan Mei, Haruna. Sejak saat itu Atsushi dan Mei pun menjadi dekat. Namun ternyata kedekatan mereka tidak selamanya bahagia, ada beberapa sisi gelap yang harus mereka jalani agar kekuatan cinta dan takdir yang mengikat mereka dapat bertahan.

Kisah romantis yang sederhana, diselipi beberapa konflik dan diahkiri dengan manis. :)

12. Love Shuffle



Title : Love Suffle
Genre : Comedy, Romance
Film Date : January, 2009
Epidose : 10


Kei, seorang pria 29 tahun yang bekerja sebagai seorang manajer di sebuah perusahaan IT. Kehidupan di usianya bisa di katakan sangat sempurna di mata setiap orang. Karirnya yang sudah mencapai jenjang manajer, bertunangan dengan putri dari pimpinan perusahaan yang memiliki hubungan kerjasama dengan perusahaannya, selain itu Kei juga sudah memiliki apartemen mewah yang dia tinggali dengan Mei. Mei merupakan gadis yang berasal dari keluarga kaya, cantik dan lembut meskipun agak egois.

Namun tiba-tiba 3 bulan sebelum pernikahannya, Kei memutuskan untuk menunda pernikahannya dengan Mei. Entah apa yang ada dalam pikirannya, Kei juga tidak mengerti, namun yang pasti saat itu dia merasa tidak yakin dengan pertunangan yang dijalaninya. Begitu pula dengan Mei, yang merasa sikap Kei telah berubah, Kei tidak lagi ceria dan ceplas-ceplos seperti dulu. 

Suatu hari lift apartemennya tiba-tiba mendadak mati. Kei dan tiga orang penghuni lain apartemen itu terjebak di dalamnya. Atas usul seseorang di antara ketiganya mereka pun memperkenalkan diri sambil menunggu bantuan.

Ketiga orang tersebut adalah Aizawa Airu seorang penterjemah, Sera Ojiro seorang photografer, dan Kikuta Masato seorang ahli pengobatan psikosomatis. Pembicaraan pun berkembang, dan sampai pada sebuah pengakuan Kei tentang gagalnya pertunangannya dengan Mei. Airu yang sudah mempunyai Yukichi namun lebih besar rasa kasihan di banding rasa cintanya, Oujiro yang menjalin hubungan dengan wanita yang bersuami dan Kikuta yang mempunyai pasien yang cantik namun sayangnya selalu pengen bunuh diri

Ternyata mereka semua memiliki masalah yang hampir sama, sukses dalam karir namun tak mampu menghilangkan keraguan mereka akan pasangan yang mereka pilih. Beberapa hari kemudian mereka berkumpul lagi, dan melanjutkan diskusi mereka tentang masalah-masalah yang ada pada diri mereka. Akhirnya lewat sebuah ide dari Masato, mereka mencapai kesepakatan untuk menjalani sebuah pertukaran. Setiap 8 hari mereka akan bertukar pasangan di antara mereka untuk mendapatkan jawaban siapa pasangan sejati mereka. Kemudian mereka mencoba untuk membujuk pasangannya masing2 agar mau terlibat dalam permainan ini, dan ketika pasangan masing2 setuju untuk ikut terlibat dan permainan pun dimulai.

Dalam ”permainan” ini ternyata banyak kejutan2 yang terjadi yang nggak pernah di sangka2 oleh setiap peserta ”love shuffle”. Kei dan Airu yang nemuin rahasia terbesarnya Kikurin sampe Ojiro yang beneran jatuh cinta sama Kaira dan ketika lamarannya di terima oleh gadis itu tiba2 saja esok harinya Kaira menghilang yang membuat ojiro frustasi, belum lagi tiba2 Reiko mengaku hamil dan membuat bingung keempat cowok itu karena menebak2 siapa ayah dari anak yang di kandung oleh Reiko, dan juga Yukichi yang terlanjur jatuh cinta sama Mai dan harus ngeliat wanita idamannya itu mencoba baju pengantin untuk rencana pernikahannya dengan Kei.

Endingnya sungguh diluar dugaan. Masing-masing dari mereka menemukan apa yang sebenarnya mereka inginkan. Meskipun tema yang diangkat rada 'aneh dan tak masuk akal' tapi banyak adegan kocak yang membuat drama ini tetap asyik untuk disimak. Sebuah persahabatan yang tulus yang telahir dari sebuah ide yang 'Gila'.


13. Shokojo Seira


Title : Shokojo Seira/ Little Princess
Genre: Drama
Film Date: October, 2009
Episodes: 10

Cast :
Shida Mirai as
Hayashi Kento as
Okamoto Anri as
Tanabe Seiichi as


Kuroda Seira adalah seorang putri dari pengusaha tambang ternama di India bernama Kuroda Ryunosuke. Seira tiggal di istana megah di India. Meskipun kaya dan bergelimang harta Seira tetap rendah hati dan bersikap sopan terhadap siapa saja. Suatu saat Seira ingin bersekolah di Jepang, tepatnya di Millenius Seminari, karena ibunya, Kuroda Kaoruko pernah bersekolah di sana juga.
Seira yang pintar tentu jadi pusat perhatian teman-temannya. Takeda Maria yang merupakan siswi nomor satu yang ada di seminari sangat membenci Seira, ia takut posisinya akan turun. Berdasarkan permintaan Ayahnya, Seira merayakan hari ulang tahunnya yang ke 16. Acara itu diselenggarakan dengan megah. Ditengah-tengah acara kepala sekolah, Mimura Chieko, menghancurkan pesta acara dan mengatakan bahwa ayahnya Seira telah meninggal dan semua hartanya habis untuk membiayai korban di lokasi tambang. Seira jatuh miskin dan harus menjadi pembantu di Seminari. 

Kehidupan Seira sangat memprihatinkan, ia selalu diperlakukan tidak baik oleh Chieko,  karena Chieko sangat membenci ibunya Seira yang pernah satu kelas dengannya. Untungnya ada Shoji Masami teman sekelasnya dulu dan teman pembantunya, Miura Kaito yang selalu mendukungnya.
Kehidupan Seira berubah saat bertemu Kurisu-san, rekan kerja ayahnya dulu. Ia menolong Seira dalam keterpurukkan dan mengatakan bahwa Seira tidak jatuh mislin. Semua hartanya tidak digunakan untuk korban kerja di lokasi tambang. Seira kembali menjadi putri.
Seminari yang sedang dalam mengalami keterpurukkan karena kurangnya dana dari sumbangan orang tua berhasil bangkit kembali. Itu semua karena Seira telah membeli Seminari. Chieko-san merasa bersalah karena perlakuannya pada Seira dan akhirnya ia meminta maaf.


14. Fuyu No Sakura




Title : Fuyu No Sakura
Genre: Romance
Film Date: January, 2011
Episodes: 9

Cast : 
Kusanagi Tsuyoshi as Inaba Hiroso (Yu)
Imai Miki as Ishikawa Monami
Takashima Masanobu as Ishikawa Koichi

 
Yu tinggal di Prefektur Yamagata. Setiap harinya dia sibuk bekerja dan merawat ibunya yang menderita oenyakit demensia. Ia baik hati, dan berkepribadian lembut tetapi tidak pernah jatuh cinta. Monami, yang tinggal di Tokyo, suatu hari datang mengunjungi Yamagata seorang diri, untuk melihat bunga Sakura Keiou yang mekar di musim dingin. namun, tasnya dicopet dan dia terjatuh, kepalanya mengalami cidera yang parah sehingga menyebabkan dia hilang ingatan. 

Dia bahkan tidak bisa ingat mengapa dia ada di Yamagata. Saat itu, Yu lah yang menyelamatkan dia dan merawatnya. Saat hubungan antara Yu dan Monami tumbuh semakin kuat, identitas Monami mulai terungkap. Ternyata bahwa dirinya tidak hanya telah menikah tetapi juga seorang ibu.  

Walapun hanya 9 Edpisode, tetapi drama ini mampu mengaduk-aduk perasaan penontonya.
Pemandangan indah serta akting yang natural dari pemainnya terasa sangat pas. Jepang memang jago bikin drama yang melow kaya gini, dengan endingnya yang tidak mudah ditebak menjadikan dorama ini layak untuk ditonton. 


88 comments:

  1. Benar sekali! meskipun drama jepang tidak sepopuler drama korea, tapi drama jepang mempunyai tempat khusus bagi para penggemarnya, termasuk aku!

    sayang sekali enggak semua drama favouritku masuk, tapi gpp..
    aku jadi penasaran ingin nonton itazura na kiss, sepertinya seru.

    ReplyDelete
  2. wah bisa jadi rekomendasi donk. Drama jepang yang menjadi bagus lainya judulnya apa menurut anda?

    ReplyDelete
  3. itazura na kiss = playfull kiss

    ReplyDelete
  4. Baik Itazura Na kiss atau Playfull kiss keduanya merupakan kisah drama yang diangkat dari cerita manga jepang dengan judul "Itazura Na Kiss". Cerita manga ini telah dibuat kedalam kisah drama dari 3 negara yang berbeda yaitu drama jepang dengan judul "itazura Na Kiss", drama taiwan dengan judul "They started with a kiss" dan drama korea dengan judul "Playfull kiss". Pada dasarnya inti cerita dari ke-3 drama tersebut sama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. adalagi dari indonesia... judulnya Cowok Impian... yg mainnya Ayudia bing slamet dan Marcel Chandrawinata

      Delete
  5. hi there!hehehe. salam kenal, mau nanya nih, aku lg cari drama jepang taun 90 an juga. tp lupa judulny, pokonya ada salah satu jalan cerita (entah pemeran cewe ato cowo) selalu menelpon lawan mainnya dengan nama samaran dan dgn tlp rumagnya yang bisa dicabut (alias cuma dia yg bs nlp keluar). tp sebenarnya dia sendiri tidak tahu pemilik nomor tersebut. semacam tlp rahasialah. padahal tnyta (mgkin) mereka tinggal dalam satu gedung apartemen yg sama. tokoh di filmnya juga lupa uy T_T "nomo" apa "mono"... could u help me to find ? huhuhu ...

    ReplyDelete
  6. Great for Dorama Jepang!!!
    Lebih....lebh bagus dr drama korea kalo menurutq ada lagi film2 bagus yg penuh makna dan hikamh khasnya dorama jepang GOkusen, My Boss My Hero, Bloody Monday, Smile, Doctor Heli

    Sugooiii pokoknya!

    ReplyDelete
  7. @ shunkerbell : Betul sekali, sebelum menyukai drama korea saya juga lebih dulu jatuh cinta kepada dorama jepang. Sayangnya saat ini dorama jepang tidak pernah lagi ditayangkan di stasiun televisi.

    @ Irnots : Hm... agak sulit juga untuk mengetahui judulnya jika tidak mengetahui siapa pemainnya.

    ReplyDelete
  8. Dorama Korea terlalau monoton dan mudah ditebak kurang menarik tidak beda jauh sama sinetron indoneisa udah gitu kesanya terlalau glamor(apalagi drama yang baru2)sangat jauh dari kehidupan nyata
    beda ama Dorama Jepang ceritanya asik, lebih real, dan rata2 memilki pesan moral

    rekomendasi ane untuk di tonton
    1 litre of tear
    Dragon sakura
    sebenarya masih banyak yang lain yang bagus menurut ane cuman takut kepanjangan

    ReplyDelete
  9. Apa yang punya rekomendasi untuk drama jepang terbaru?

    ReplyDelete
    Replies
    1. SWITCH GIRL ! BAGUS BANGET TUH
      COMEDY BANGET POKOKNYA

      Delete
  10. new => deka wanko ..
    kalo dorama lama sih absolute boyfriend juga lucuu >__<
    film meloww mematikan itu sky of love =__=)y

    ReplyDelete
  11. tanaka yuko itu maen di dorama yang judulnya Mother.

    ReplyDelete
  12. Silahkan di share jika mempunyai rekomendasi dorama jepang baru.

    ReplyDelete
  13. BUZZER BEAT kok ga ada?the best japan drama tuh :)

    ReplyDelete
  14. @ My name : jujur saja, saya belum menonton buzzer beat. thanks untuk sarannya. :)

    ReplyDelete
  15. Proposal Daisakusen kok nggak ada..???
    Padahal itu dorama terbaik (menurutku)..kalo nggak salah tahun 2007 deh..
    Best Dorama, Best Actor, Best Actress beberapa award yg diperoleh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dorama MOTHER (2010) juga bagus tuh...
      Highly recomended...

      Delete
  16. @ Patroit : oh itu dorama jepang yang di remake oleh negara korea dng judul "Operational Proposal". Thanks untuk sarannya. :). Bagi teman2 jika mempunyai rekomendasi dorama jepang terbaik, silahkan di share.

    ReplyDelete
  17. Tokyo Love Story sama Ordinary People kok ga masuk, padahal legend banget lo doramanya

    ReplyDelete
  18. maaf jika banyak drama favorit teman2 yang tidak masuk dalam postingan ini. silahkan di sahre saja jika mempunyai rekomendasi dorama terbaik. secepatnya akan saya tambahkan, terima kasih atas kunjugannya. jangan lupa mampir lagi ya. :)

    ReplyDelete
  19. kal mo download mua drama d atas d mn ya....hehhehe

    ReplyDelete
  20. Wah kalau untuk download saya juga kurang tau, tapi kalau mau nonton online coba buka www.mysoju.com, dramacrazy.net, dramafans.org. <:)

    ReplyDelete
  21. love generation !
    Must Watch :)

    ReplyDelete
  22. http://jdramazone.com
    itu link buat download dorama2 jepang.kalian tinggal bikin free account udah bisa download sesukanya

    ReplyDelete
  23. dorama jepang taun 2007 keatas yang bagus menurutku : liar game, kurosagi, witch trial, team medical dragon, bloody monday

    ReplyDelete
  24. Yap betul banget dorama jepang keren & episodenya juga gak banyak jadi gak ngebosenin.itazzura na kiss,kamisama,strobery and short cake kerreen..sayang tv indonesia lagi demam korea.

    ReplyDelete
  25. kimi ni todoke juga bagus :)
    recomeded...

    ReplyDelete
  26. untuk tahun 2011 dan 2012, kira-kira jepang yang menarik apa ya?

    ReplyDelete
  27. boleh tanya gak? doramanya bercerita tentang kapster salon yagn di tinggal meninggal cewenya, lalu pas mau di semayamkan cewenya yg ngedandanin yang cowonya, saya lupa judulnya? ada yagn tau tidak yah?

    ReplyDelete
  28. oh itu judulnya, Beautiful life, yang main Takuya Kimura, ulasan sinopsis singkatnya ada di postingan ini.

    ReplyDelete
  29. long vacation...dorama favoriteku sepanjang masa,yg bikin gw suka bgt sama takuya kimura...dan kisahnya sekarang malah terjadi pada diriku hehehe...

    ReplyDelete
  30. love generation, buzzer beat, bloody monday 1 n 2, gokusen 1 ampe 3 walaupun rata2 sama aja ceritanya tp terhibur lah karena ada yang ketiganya ada haruma...hahay~, attention please, hachimitsu to clover atau judul englishnya honey and clover, mr brain, hero, wah banyak bgt dah yang bagus tergantung genre kali ya..aku sendiri trgantung castnya,,lebih prefer kalo yang maen haruma miura, kenichi matsuyama, osamu mukai, satoshi tsumabuki,tomohisa yamashita, takuya kimura..kalo yang cewek liat takako matsu, haruka ayase n keiko kitagawa sih...


    aku juga awalnya kenal drama jepang tp karna jarang nonton n lagi musim drama korea trpakasa nonton korea tapi akhir2 ni balik lagi ke jepang karna abis nntn ulang love generation...emank bgus jepang sih menurut aku dari segi semua2nya...drama korea terlalu banyak romance n variasi genre nya dikit dah gitu terlalu wah kek negeri dongeng karna keknya cerita tentang orang kaya semua jadi kek sinetron tapi dalam versi yang jauh lebih bagus...

    ReplyDelete
  31. banyak yang bagus.. bener sih J-drama lebih bagus dari Korea...
    ada lho Bloody Monday bagus banget, sama Hidarime Tantei Eye.. Dragonzakura bagus banget buat suplemen pelajar... banyak yang bagus..
    dan GTO emang great..

    ReplyDelete
  32. Ayo dukung terus dorama jepang.....

    ReplyDelete
  33. recomended lagi nih, samurai high school, n seigi no mikata...
    nggak populer mungkin, tapi cukup mengocok perut,
    :D

    ReplyDelete
  34. Great Teacher Onizukaaa Manteb itu Full manteb...

    Proposal Daisekusen kok gak ada ??

    Hanakimi iya Bagus yg nomor 10

    ReplyDelete
  35. Haii..
    gw lagi mau nyoba ngumpulin Serial movie jepang yang bagus2 (genre: comedy dan action dan sejarah). Kalau yang romance2 kagak doyan, Korea? gak laa yaoo.
    Sudah denger yang bagus kayak Samurai High School, katanya juga Nihonjin No Shiranai Nihongo.
    Masalahnya mau dapetinnya (DVD) dimana. Sudah nyoba beberapa di online shop tapi bilangnya sudah tidak beredar. Ada yang bisa bantu kasi rekomendasi beli dimana boleh offline shop atau online shop.

    Thanks yaa..

    Note: Oyaa kalau pada rekomendasikan film tolong dibantu dikit dengan info genrenya yaa. Kemudian juga sedikit dikasi info kenapa ente2 suka film tsb.

    Ditunggu bantuannya.

    ReplyDelete
  36. satau ane, donlot dorama pualing lengkap tu ada di:
    http://doramax264.com/
    resolusi video-nya gak terlalu besar sih (gak nyampe 720p gitu). tapi cukup memuaskan lah, rata2 hardsub english and 1 eps kurang lebih 150mb.
    recommended bgd ni situs! patut dicoba!

    ReplyDelete
  37. masukin tokyo love story & love generation donk. heheh itu drama terfavorit :D

    ReplyDelete
  38. Dorama terbaik menurutku NAGAREBOSHI (2010)

    ReplyDelete
  39. kalo drama dengan cerita pengantin wanita diculik kemudian pengantin pria menyelamatkan tapi malah ketusuk.. ceweknya punya penyakit leukimia klo g salah.. itu judulnya apa ya? dorama apa bukan ya?

    ReplyDelete
  40. Mau nambahin yaa..Kalo aku suka bloody monday season 1 dan 2, ceritanya menegangkan. Mirai Nikki another world bagus banget, aku suka alurnya yg gak mudah ditebak. Trus kalo pengen yg romantis aku suka ikemen desu ne, itu versi jepang dari K-drama You;re Beautiful tapi menurutku lebih bagus. Ada juga Jin, dokter yg tiba2 kembali ke masa lalu,, cerita jepang di jaman edo dan drama ini di remake oleh Korea dg judul Time Slip Dr. Jin... Sekarang ini lagi donlot Hungry, itu cerita tentang mantan rocker yg jadi chef..
    Dorama jepang memang keren, punya kelebihan tersendiri dibandingin drama korea

    ReplyDelete
  41. Hahaha gw heran nih pd pengemar j drama ternyata cm mmg nonton dikit. Drama jpng mklm disini susah cr dvd drama yg ada ngopi j dr tmn yg bgs menurut 1lot ma hanakimi beda bgt deh ceritanya

    ReplyDelete
  42. dorama jepang ceritanya terkadang biasa aja, tp proses ceritanya luar biasa. tiap-tiap dialogue punya arti yang patut diingat dan dipertimbangkan,, dorama jepun rekomen nih ada yamato nadeshiko sichii henge, ceritanya ttg cow yg punya wajah luar biasa tampan yg gara-gara itu hidupnya jd kacau kemudian jatuh cinta dgn cew horor yg pemalu abis gara-gara wjhnya jelek,, my boss my hero jg bagus banget, aku hampir nangis saking gokilnya nih dorama, kocak abis sumpah! tp klo udh nton dorama ini, aku jd nyesel udh lewatin masa-masa indah di sma. klo mau pesan dorama jepun, sub indonesia, nih alamat emailnya, peach.kanaa@yahoo.com. aq sring pesan dstu.

    ReplyDelete
  43. Gue suka akai ito, hanakimi, seito shokun, boss 1, boss 2, conan 3,4,season1,nobuta wo produce, shinzanmono, buzzer beat, yukan club, ouran host club ama nodame. menurut gue tu drama semua pada KEREN ABIS. Sebenarnya sih suka dorama karena Mizobata Junpei. itu yang main di Akai Ito (di atas gak dicantumin hehe), dia juga main di hanakimi, seito shokun, buzzer beat, boss1-2, conan, toshi densetsu no onna, shinzanmono dan mitsu no aji. menurut gue dorama2 itu juga lumayan bagus selain yg gue sebutin di awal.
    Oya gue mau nanya, ada yang pernah nonton Fukidemono To Imoto gak? soalnya infonya minim banget. linknya juga mayan susah didapat. castnya Okada Masaki ama Mizobata Junpei. kalo ada yang tau, tolong reviewnya ya tengs :)

    ReplyDelete
  44. tokyo tower jga bagus....
    cerita tentang anak dan ibu....
    bwt kta bner2 mengagumi ibu kita....

    ReplyDelete
  45. Bagi teman-teman minta info drama terbaik tahun 2011-2013..thanks...

    ReplyDelete
  46. drama korea naughty kiss jangan2 dari drama jepang itazura na kiss ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, memang drama korea naughty kiss merupakan remake dari dorama jepang itazura na kiss.

      Delete
  47. J-drama kita sama yaaa .. tp kok gx ad Love 2000(Forbidden Love)/Nisennen no koi dari Takeshi Kanesiro,2005 tayang diindosiar klo gx salah 2006.Ini drama layang masuk daftar lhoo...
    Love 2000 yg membuat aKu makin suka sama Takeshi Kanesiro ....

    ReplyDelete
  48. perfect girl evolution
    mei chan no shitsuji
    switch girl
    sprout
    juga bagus kok

    ReplyDelete
  49. My Boss My Hero, Yamada Tarou Monogatari, Don Qoxiote juga bagus lho.. (y)
    *recomended

    ReplyDelete
  50. I used to be suggested this web site via my cousin.
    I'm no longer positive whether this post is written by means of him as nobody else understand such unique about my trouble. You're wonderful!
    Thank you!

    my homepage: http://businessfundingsuccessnow.com/

    ReplyDelete
  51. gampang kok kalo mau download dari internet..misal dari dramacrazy ato gooddrama, tinggal cari di google cara downloadnya.
    dorama lawas, kiss of heaven juga keren.kalo yang baru, last cinderella juga recommended,secara yang jadi pemerannya miu-chan..

    ReplyDelete
  52. I all the time used to read piece of writing in news papers but now as I am a user of net thus from now I am using net for
    posts, thanks to web.

    Feel free to surf to my web page; novoline app iphone

    ReplyDelete
  53. gan minta rekomendasi download dorama dund yg bgus dmana ya...

    ReplyDelete
  54. kalau aku sukanya Hana Kimi, Kimi Ni Todoke, Song of the sun, Runway Beat sama Paradise Kiss XD

    wah-wah ternyata rata-rata drama Korea hasil remake dari dorama ya atau dari manga nya -_-'

    ReplyDelete
  55. Sepakat...
    Tokyo Love Story n Ordinary people wajib masuk list.
    Ost. Nya sempat booming juga loh, kalo gak salah tayng di Indosiar thn 95 an.

    ReplyDelete
  56. klu drama jepang yang berkisahkan tentang hatu asrama ke-4 itu apa sih judulnya?klu g' salah genrenya juga komedi, hantunya gak serem

    tolong di bales bagi yang tahu
    thanks
    salam jdrama lovers

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hm...kalo itu bukannya drama taiwan ya...saya pernah nonton yang versi taiwan....sampai sekarang belum tau jika ada versi jepangnya juga....

      Delete
  57. kalau drama jepang yg mengkisahkan persahabatan 5 org, 3 laki dan 2 cewek, salah satu dr mereka pacaran tp ternyata yg laki2 diam2 menyukai juga teman satunya yg juga laki2. kalu gak salah salah satu pemerannya bernama kake . . . tlg donk infonya aku suka sekali soundtracknya . . . apa ya judulnya, thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gak salah 'Ordinary People' itu judulnya,, ^_^

      Delete
  58. Lo semua harus nonton bokura ga ita, kimi no todoke, sky of love, ending planner, spraut,and scrap teacher itu tuh drama plg seru banget :3

    ReplyDelete
  59. Wah dorama bar2 ya. Kalo jaman aku sih tokyo love story. Jadul banget ya hehehe

    ReplyDelete
  60. Nani kore?!
    Long Vacation tak ada pula? Menurutku itu yang 'paling best'.
    Setuju dengan paragraf pertama dari posting ini.
    -A fan of Takuya Kimura-

    ReplyDelete
  61. Ah film jepang emang best ever after... (???).
    soalnya selain romantis, biasanya juga ada komedi komedi yang khusus cuma film jepang aja yang ada begituan.

    ReplyDelete
  62. doram nya erika sawajiri yg bagus apa yaa?
    minta recomenndasi min...
    nge_fans :D

    ReplyDelete
  63. tau ga link download dorama dragon zakura ? reply please :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba disini...saya cek masih bisa...http://doramax264.com/706/dragon-zakura/

      pilih link dari 1Fichier. Semoga berhasil. ^^

      Delete
  64. Itazura na Kiss ~ Love In Tokyo juga recomend banget menurut gw

    ReplyDelete
  65. drama jepang buzer beat slah satu yg saya suka, tdk ada dalam list tp sy rekomendasikan buat ditonton sm temen2 dijamin suka :D

    ReplyDelete
  66. Seigi no mikata juga bagus ceritanya adik yg slalu d bulli sama kakanya sendiri

    ReplyDelete
  67. ada yg tau link download dorama jepang sub indo ga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cari di forum IDWS, biasanya disediakan link download videonya. Untuk subtitle silahkan cari di subscene.com atau islandsub.com.

      Delete
  68. kasih link downloadnya dunk... ada klo ada yang punya, di upload.

    Ari

    ReplyDelete
  69. wah bangus banget dramanya.. sayang kebanyakan film lama ya nyari link downloadnya juga susah.. visit back ya chinggu ke www.japanindocuteculture.com disana juga ada rekomendasi drama jepang romantis plus link download.. salam minoz.. :D

    ReplyDelete
  70. kok kga ada gokusn sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok gak ada drama gokusen sih? pdahal itu dramanya bagus

      Delete
  71. wah osin tuh film waktu ane kecil, terkenal banget....

    ReplyDelete

Thanks sudah mampir di blog saya, jangan lupa tinggalkan komentar ya...Trims....:)