Saturday, August 06, 2011

7 Fakta Dunia Hiburan Korea


Bebarapa tahun belakangan ini Korea memiliki Industri dunia hiburan yang maju, hal itu dibuktikan dengan banyaknya grup penyanyi pria atau Boyband dan grup penyanyi wanita atau Girlband. Demikian juga dengan film dan drama yang banyak digemari tak hanya di negaranya saja tapi juga di beberapa negara asia lainya termaksud Indonesia, bahkan telah menjadi trend center di kalangan para remaja. Namun fakta apa saja yang hadir bersamaan dengan kesuksesan dunia hiburan korea, berikut 7 fakta dunia hiburan korea versi On The Spot. 


1. Aktor Terpopuler
Jang Geun Suk & Lee Min Hoo
Dari beberapa aktor korea yang berwajah tampan dan banyak di idolakan ternyata Jang Geun Suk menjadi aktor korea terpopuler saat ini. Pria kelahiran 8 Agustus 1987 ini mulai menarik perhatian semenjak ia berperan sebagai Kim Eun Hoo dalam serial Hwang Ji Yi bersama Ha Ji Woon. Namanya semakin terkenal ketika ia membintangi drama serial remaja yang sukses yaitu You're Beautiful sebagai Han Tae Kyung yang berkisah tentang kehudipan sebuah grup band idola.

Artis yang pertama kali muncul di dunia hiburan semenjak berusia 5 tahun ini disebut-sebut sebagai artis serba bisa. Hal ini dibuktikan dengan keberhasilannya yang berprofesi sebagai model, aktor dan penyanyi. Atas kesuksesan ini Jang Geun Suk pernah memperoleh beberapa penghargaan seperti dan bergelar sebagai aktris korea yang paling berpengaruh. Kini kepopulera Jang Geun Suk telah merambah di beberapa negara-negara di luar korea seperti Jepang dan Indonesia. Bahkan kabarnya artis yang bermain dalam You're Beautiful itu telah menjadi artis nomor satu di Jepang.

Artis tampan korea lainya, yaitu Lee Min Hoo juga menjadi aktor terpopuler, hal itu terbukti dari akun facebooknya yang menduduki peringkat ke-8. Di saat artis-artis Korea sedang heboh-hebohnya bermain Twitter, si tampan Lee Min Ho justru sangat eksis di Facebook. Akun Facebook resmi Lee Min Ho, www.facebook.com/OfficialLeeMinho, kini bahkan sudah didukung lebih dari tiga juta orang. Laman Famecount.com mencatat, akun Lee Min Ho berada di urutan ke-8 akun Facebook selebriti paling populer di seluruh dunia.

Siapa saja yang berada di atas Lee Min Ho? Tak satu pun artis Korea. Peringkat pertama diduduki aktris seksi Megan Fox, selanjutnya ada Vin Diesel, Will Smith, Jackie Chan, Taylor Lautner, Ashton Kutcher, dan Jet Li.

2. Boyband Populer

Super Jumior & Big Bang

Bukan hal yang mengherankan lagi jika Korea memiliki banyak grup penyanyi pria atau yang sering disebut dengan Boyband. Salah satunya yang sedang populer di Korea pada saat ini adalah Big Band. Boy Band yang beranggotakan 5 orang tersebut meraih awal kesuksesan diawal tahun 2007 dengan Single mereka yang berjudul "Lies". Band yang beranggotakan "G-Dragon, Taeyang, T.O.P, Daesung, Seungri" ini bukan hanya terkenal karean hits-hits mereka saja, tetapi anggota-anggotanya juga dijadikan panutan dalam hal berbusana. 

Jika Big Band berhasil memasuki pasar-pasar Korea, boyband lainya yang juga berasal dari Korea yaitu Super Junior atau yang sering disingkat dengan Suju justru lebih populer di luar negara Korea seperti di Indonesia. Suju dikenal sebagai Boyband dengan anggota terbanyak di dunia yang berjumlah 13 orang. Boyband ini mendapat sambutan hangat ketika datang ke Indonesia pada awal Juni lalu.

3. Girlband Populer

SNSD & Wonder Girl
Ternyata selain banyak mencetak banyak group Boyband, ternyata Korea juga banyak melahirkan group Girlband yang kini menjadi idola bukan hanya dinegari mereka saja tetapi juga di negara lain. Salah satu group girband yang terpopuler saat ini adalah SNSD yang merupakan kepanjangan dari So Nyuh Shi Dae

Girlband yang beranggotakan 9 gadis cantik yang berusia antara 18-23 tahun ini mulai merilis album perdana mereka pada sekitar tahun 2007.  SNSD yang terbentuk pada 16 Juni 2007 ini ternyata terdiri dari gadis-gadis cantik yang sebelum bergabung dengan SNSD memang sudah berprofesi sebagai penyanyi, penari, aktris dan model. SNSD juga dikenal dengan nama lain Girl Generation

Selain SNSD grup girlband korea lainya yaitu Wonder Gril telah lebih dulu populer, keteranaran grilband dengan single mereka No body ini telah merambah hingga Amerika. Hal itu membuat Wonder Gril memiliki kesempatan untuk melakukan berbagai rangkaian tur pada April 2010 silam di 20 kota amerika dan kanada.

4. Lokasi Syuting

Seperti kemunculan boyband yang menjadi terkenal di Korea, drama televisi dan film korea juga banyak digemari. Sampai-sampai lokasi syuitng beberapa drama tesebut menjadi tempat pariwisata yang wajib dan ramai di kunjungi terutama bagi para penggemar drama  pada saat mengunjungi korea selatan.

Tempat -tampat tersebut antara lain "Nami Island" yang terletak di kawasan Chuncheon, Gangwon-do. Nami island merupakan lokasi tempat syuting serial populer "Winter Sonata", pemadangan di tempat ini sungguh romantis. Ada pula "N Seoul Tower" menara yang terletak di puncak Gunung Namsan, Seoul ini pernah dijadikan lokasi syuting serial princess Hours dan Boys Before Flowers.

Satu lagi tempat wisata yang tak luput dari tujuan para wisatawan adalah "Myeongdong" yang merupakan lokasi favorit turis yang ke Seoul. Di tempat ini ada banyak tempat belanja mulai dari brand lokal hingga brand internasional seperti H&M, GAP dan Uniqlo . Pusat pembelanjaan ini telah dijadikan lokasi syuting drama Boys Before Flowers dan Princess Hours. 

5. Operasi Plastik

Aktor dan artis Korea memang terkenal memiliki wajah yang tampan dan cantik yang sempurna. Tetapi ternyata bentuk wajah sempurna yang mereka miliki kabarnya karena kebanyakan melakukan operasi plastik. Namun tak semua artis korea mau mengakui operasi permak wajah itu meskipun hal itu telah menjadi rahasia umum.

Beberapa artis korea yang secara terang-terang'an mau mengakui telah melakukan operasi plastik adalah aktor "Kim Hyun Joong, penyanyi Boa dan aktris Park Min Young". Operasi-operasi plastik tersebut ternya tidak hanya dilakukan oleh para artis-artis tersebut karena mereka adalah publik figur. Operasi plastik memang telah menjadi gaya hidup di kalangan masyarakat korea. Walaupun operasi plastik tergolong mahal, namun mayoritas masyarakat korea telah menjalani operasi plastik yang kebanyakan untuk merubah lipatan kelopak mata dan bentuk hidung. 

6. Aksi Bunuh Diri

 
Tahun ini artis-artis korea populer bukan saja karena karyanya atau keindahan wajahnya, tetapi juga beberapa berita aksi bunuh diri yang dilakukan beberapa dari artis yang berasal dari negeri gingseng tersebut. Peristiwa mengenaskan itu pernah di lakukan oleh artis dan presenter cantik "Song Ji Soen". Ia memilih mengakhiri hidupnya dengan melompat dari lantai 19 apartemennya. Kabarnya ia aksi bunuh diri tersebut ia lakukan karena ia patah hati dengan atlet Baseball Im Tae Hoon. 

Lalu model muda "Kim Yu Ri" juga dikabarkan melakukan aksi bunuh diri dengan meminum racun dikarenakan depresi. Artis korea lainya yang juga memilih untuk bunuh diri adalah "Chae Dong Ha", mantan leader dan juga vokalis utama grup K-Pop SG Wannabe, ia melakukan aksi bunuh diri di apartemen-nya di Bulkwang-dong, Seoul dengan cara menggantungkan diri dikamarnya karena mengalami depresi. 

7. Film Korea Yang diadaptasi Ke Hollywood 

My Sassy Gril & Il Mare

Fakta dunia hiburan korea adalah keberhasilan film korea yang kemudian dicontoh oleh negara lain. Walaupun dunia perfilm'an Hollywood jauh labih sukses dibandingkan dengan Korea, ternyata para sutradara-sutradara Amerika Serikat tertarik membuat film yang diadaptasi dari film atau serial drama korea. 

Film "The Lake House" yang dibintangai papan atas Hollywood Sandra Bullock dan Keanu Reeves ternyata merupakan film yang diadaptasi dari film korea yang berjudul "Il Mare"  yang dibintangi artis korea Jun Ji Hyun dan Lee Jung Jae. Lalu film Hollywood lainya yang diadaptasi dari film korea yaitu "My Sassy Girl" yang dibintangi oleh artis hollywood Elisha Cuthbert, dan Jesse Bradford. Sedangkan versi korea dibintangi oleh artis Jun Ji Hyun dan Cha Tae Hyun.

Sejatinya, para sutradara hollywood tersebut dengan "Gentle" mengatakan bahwa film mereka diadaptasi dari film-film sukses korea, seandainya saja para sutradara di Indonesia bersikap gentle seperti itu, pastinya kita akan lebih menghargai karya mereka. Sudah menjadi rahasia umum jika kebanyakan film ataupun sinetron yang tayang di negara kita ini kebanyakan merupakan Copycat dari film dan serial korea. Bukan bermaksud menjelekan negeri sendiri tetapi memang seperti itulah kenyataanya. Kita dioakan saja semoga dunia perindustrian perfilm'an di Indonesia bisa maju seperti industri film korea.  





No comments:

Post a Comment

Thanks sudah mampir di blog saya, jangan lupa tinggalkan komentar ya...Trims....:)