Pages - Menu

Friday, August 12, 2011

Bunga Cantk Namun Beracun


Melihat warna - warninya yang begitu menggoda mata, siapa yang menyangka bila setangkai bunga bisa membahayakan kesehatan dan nyawa kita.  Dari sekian banyak bunga-bunga cantik yang mematikan berikut 7 bunga yang paling beracun.

1. Autumn Crocus


Tanaman Bunga yang paling beracun adalah Autumn Crocus, bunga ini merupakan tanaman yang paling beracun dan mungkin ini yang paling beracun. Bunga yang mengandung  zat Chochcine atau obat mematikan yang biasa digunakan untuk perawatan encok. Racun yang terkandung pada bunga ini sejenis Arsenik dan belum ada obatnya. Bila keracunan bunga Autumn Crosus ini dapat menyebabkan penyakit jantung dan hilangnya tekanan darah.

2. Oleander


Bunga cantik namun beracun yang pertama adalah bunga Oleander. Oleander dikenal sebagai salah satu tanaman paling beracun dibumi dan sering digunakan untuk bunuh diri. Berbagai macam racun terkandung di seluruh bagian tanaman ini. Seperti racun Oleandrin dan Neriine yang dapat menyebabkan gangguan pada sistem saraf, gangguan pencernaan, dan sistem kerja peredaran darah yang mampu terjadi secara bersamaan. Jika manusia terkena racunnya tersebut maka ia akan mengalami kehilangan kesadaran, tubuh bergetar, rasa sakit, koma hingga kematian. Sementara bila terkena getahnya dapat menyebabkan 
iritasi pada kulit dan kebutaan pada mata. 

3.  Water Hemlock


Bunga kedua yang paling beracun adalah Water Hemlock. Tanaman ini tumbuh di iklim sedang seperti Amerika Utara dan di Benua Eropa. Biasanya tanaman ini muncul di daerah sepanjang tepi sungai. Water Hemlock dikenal sebagai tanaman yang paling beracun dan mematikan di Amerika Utara. Bunga dan batangnya aman dari racun, tapi pada bagian akar terdapat getah yang paling mematikan. Efek dari racun bunga ini adalah kejang-kejang dan menyebabkan kematian yang mendadak meskipun hanya terkena sedikit dari racunnya. 


4. Bunga Daphne


Bunga Daphne menjadi bunga yang beracun di posisi ketiga. Bunga ini juga dikenal dengan nama Lady Laurel atau tanaman surga. Bunga Daphne ini berasal dari Benua Eropa, Asia dan Afrika Utara. Tanaman ini sebenarnya memiliki aroma yang sangat harum namun buahnya sangat beracun. Buah Daphne memiliki kandungan mezerine dan daphnin. Bahkan jika Buah Daphne ini dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan koma hingga kematian. Selain itu efek racunya dapat menyebabkan sakit perut parah, sakit kepala, kegilaan dan sawan.

5. Deathly Nightsade


Tanaman bunga yang beracun selanjutnya adalah Deathly Nightsade yang juga dikenal dengan nama Cerry hitam, cerry setan, Great Morel atau Belladona. Tanaman ini mengandung Atropin dan Alkaloid. Bila terkena sedikit saja dan terinfeksi dari semua tanaman bunga yang bagiannya semuanya beracun ini dapat mengakibatkan kehilangan sarannya. Efek-efek menyeramkan lainya adalah dapat menyebabkan halusinasi, pupil mata yang melebar, kepekaan yang berlebihan terhadap cahaya, penglihatan kabur, kehilangan keseimbangan, sakit kepala.

Racun Atropine yang terkandung pada buahnya dapat mengakibatkan gangguan pada pernafasan, keringat yang berlebih, detak jantung yang tak teratur dan kejang. Tanaman ini termaksud sangat berbahaya karena buahnya yang sangat manis menarik anak-anak untuk memakannya, padahal racunnya sangat berbahaya. Anehnya lagi racunnya hanya berlaku bagi manusia, tapi tidak bagi hewan seperti kuda, burung, domba dan babi kebal terhadap jenis racun ini. Namun racun ini dapat disembuhkan dengan zat emetic atau obat pendorong muntah jika segera diberikan.

Konon racun tanaman ini pernah digunakan untuk melumpuhkan musuh ketika tentara kerajaan Macbeth meracuni pasukan Danes dengan menjamu mereka dengan anggur dari sejenis buah manis.

6. Angel's Trumpet

Meskipun memiliki nama yang baik Yaitu Angel's Trumpet atau terompet malaikat, jenis tanaman bunga ini mengandung jenis racun yang akan sangat fatal terhadap manusia maupun hewan. Bunga ini terkenal sebagai Halusinogen yang sangat sangat kuat karena mengandung Zat Tropane Alkaloids yang dapat menyebabkan halusinasi. Zat lainya yang terkandung dalam bunga ini dapat mengakibatkan hilangnya kesadaran. Resikonya jika terjadi over dosis dapat mengakibatkan kematian. 

7. Lily Of The Valley

Lily Of The Valley merupakan bunga yang cantik dan berbentuk seperti lonceng. Sekilas bunga yang terlihat sangat cantik ini tampak tidak berbahaya. Jika mengkonsumsi satu atau dua dari bunga ini tidak terlalu menyakiti orang dewasa. Tetapi apa bila dimakan dalam jumlah yang cukup banyak dapat menyebabkan rasa sakit dimulut, muntah, kram di seluruh tubuh dan diare. Racun di bunga ini juga menyebabkan difungsi jantung dan detak jantung yang melemah. 

No comments:

Post a Comment

Thanks sudah mampir di blog saya, jangan lupa tinggalkan komentar ya...Trims....:)