Pages - Menu

Tuesday, February 01, 2011

Candy candy




Ini komik pertama yang aku suka. Terbit pertama kali dijepang pada tahun 1975, tapi di indonesia baru diterbitkan pada tahun 1990 oleh Elex Media Komputindo

       Komik ini menceritakan perjalanan hidup dan cinta tokoh utama yang bernama candy. Gadis yang lincah yang mempunyai bintik hitam dipipi dan mata besar yang berwarna hijau.

       Kisah diawali dengan ditemukanya seorang bayi di Rumah Pony, sebuah panti asuhan, yang dikelola oleh Ibu Pony dan Ibu Lein. Oleh mereka bayi itu diberi nama candy. Dirumah pony candy mempunyai sahabat erat yang sebaya dengannya bernama Anny. Suatu hari candy harus berpisah dengan anny, karena anny akan diadopsi oleh keluarga Brighton. Sebagai pelepas rindu anny sering mengirimi candy surat, candy merasa bahagia setiap kali mendapatkan surat dari anny. Tapi suatu hari candy mendapatkan surat dari anny yang isinya tidak akan mengirimi lagi candy surat karena orangtua angkat anny menyuruh anny untuk melupakan candy dan masa lalunya dirumah pony dan memulai hidup baru sebagai putri dari keluarga Brighton. 


       Candy yg sedih setelah membaca surat anny lari kebukit pony dan menangis, disana candy bertemu dengan seorang anak lelaki yang berpakaian baju tradisional skotlandia dan memainkan alat tiup khas skotlandia (bag pipe). Candy terpesona oleh penampilan dan musik yang dimainkan oleh pemuda tersebut, namun saat candy kembali dari mengejar surat anny yang ditiup angin, pemuda itu telah menghilang secara misterius, yang tertinggal hanyalah bros berbentuk sayap elang dengan huruf "A". Candy menamai pemuda itu "Pengeran di Bukit"

       Ketika candy berumur 12 tahun, candy diambil oleh keluarga Legan untuk dijadikan teman bermain anak perempuan mereka, Eliza. Namun pada ahkirnya candy dijadikan pembantu oleh mereka dan ditempatkan dikandang kuda. Bahkan Neil dan Eliza sering kali menjahili candy, candy yang merasa sedih dan tersiksa tinggal dikeluarga Legan berlari menanggis menuju pagar mawar, disana dia bertemu dengan Anthony Brown. Yang penampilan serta perkataanya menginggatkanya akan "pengeran di bukit".
       
       Kemudian candy bertemu dengan kakak beradik Archie Bold dan Stea Cronwell yang merupakan saudara sepupu eliza dan neil. Mereka termaksud anthony adalah keluarga besar Audrey. Anthony, archie dan stea terpikat oleh candy yang badung, dengan segera mereka menjadi teman yang akrab, dan candy pun senang berteman dengan ketiga pemuda tersebut. Melihat keakraban candy dengan 3 pemuda tersebut membuat neil dan eliza cemburu, telebih karna eliza menyukai anthony.

       Pada saat acara jamuan minum teh candy bertemu dengan anny yang telah menjadi putri dari keluarga Brighton, disana anny berpura-pura tidak mengenal candy. Neil dan eliza berencana mengusili anny, dan hal itu didengar oleh candy, ia berusaha untuk mencegahnya, pada ahkirnya mereka pun berkelahi. Anthony yang melihat kejadian itu berusaha memisahkan mereka, tanpa mengetahui penyebab perkelahian tersebut, tanpa mengetahui penyebab perkelahian tersebut anthony mengatakan kepada candy untuk tidak bersikap berlebihan. Mendengar perkataan anthony, candy merasa sedih. Candy melarikan diri dengan perahu di sungai yang membatasi komplek legan dan audrey. Candy yang tertidur tidak mengetahui bahwa sungai itu berahkir di air terjun. Beruntung ia ditolong oleh seorang pemuda yang bernama Albert, yang mengaku seorang pengembara yang kebetulan melintasi daerah tersebut. Semenjak itu Albert selalu muncul setiap kali candy mengalami kesedihan. 

       Neil dan eliza yang jahat tak pernah berhenti menjahili candy, puncaknya mereka menuduh candy mencuri perhiasan keluarga legan. Nyonya legan dan nenek elroy percaya pada hasutan neil dan eliza, ditambah lagi dengan ditemukanya beberapa perhiasan milik Nyonya legan dikandang kuda yang ditempati oleh candy. Padahal itu hanyalah jebakan yang telah dipersiapkan oleh neil dan eliza. Nyonya legan yang sudah termakan hasutan anaknya memutuskan mengirim candy ke mexico untuk dijadikan pekerja diperkebunan.

       Anthony, stea, dan archie tidak percaya bahwa candy telah mencuri perhiasan milik keluarga legan, terlebih lagi mereka mengetahui penderitaan candy yang diperlakukan tidak baik oleh keluarga legan. Mereka mengirim surat kepada Paman William, kepala keluarga Audrey. Ketiga sepupu itu meminta paman william mengadopsi candy, paman william yang misterius karna tak pernah menampakkan diri memutuskan untuk mengadopsi candy. Meskipun demikian neil, eliza, dan nenek elroy tetap tidak menyukai candy.

       Kisah cinta candy dan anthony berkembang setelah itu, bahkan candy sempat menceritakan pangeran di bukit kepada anthony. Menurut anthony bros yang ditemukan candy itu hanya dimiliki oleh anak lelaki keluarga Audrey. Untuk memperkenalkan candy sebagai anggota baru keluarga Audrey maka diadakan acara pemburuan rubah. 

       Anthony dan candy pergi berkuda bersama, mereka yang sedang bercanda tidak menyadari ada jebakan rubah yang terinjak kaki kuda yang dinaiki oleh anthony dan menyebabkan anthony terjatuh dari kuda dan meninggal. Nenek elroy yang sangat menyayangi anthony merasa sedih dan menyalahkan candy atas kematian anthony. Karena merasa patah hati dan sedih akan kematian anthony, candy memutuskan kembali ke rumah pony.
 
Paman william mengirim asistennya, George kerumah pony. Ia ditugaskan untuk mengirim candy pergi sekolah ke london sekaligus untuk melupakan peristiwa kematian Anthony.
Archie dan stea serta neil, eliza dan anny juga dikirim bersekolah disana oleh orangtua mereka. Untuk pertama kalinya candy bertemu dengan terry diatas kapal yang membawa mereka ke london. 

       Disekolahnya yang baru St. Paul, candy kembali bertemu dengan terry  yang berprilaku kasar dan menyebalkan. Kemudian  candy mendapatkan seorang teman bernama Patty.  Seorang gadis  pemalu yang mempunyai seekor peliharaan kura-kura. Karena peraturan disekolah yang tidak memperbolehkan siswanya merawat binatang maka candy menitipakan kura-kura tersebut kepada Albert yang secara kebetulan ia temui di london. Ditempat Albert, candy bertemu dengan terry, ternyata albert juga mengenal terry, karena albert pernah menolong terry dari perkelahian saat ia keluar tanpa izin dari asrama. Pada awalnya candy dan terry selalu bertengkar setiap kali bertemu, terry memanggil candy dengan sebutan Nona tarzan jerawat, candy tentu saja kesal mendengarnya. Kebetulan mereka menyukai tempat yang sama disekolah untuk menyendiri pada jam istirahat, selain itu candy sering menjadi saksi atas kesedihan dalam hatinya yang dipisahkan dari ibu kandungnya yg seorang artis terkenal Eleonar Baker. Lama kelamaan mereka berhubungan baik dan saling menyukai.

       
       Ketika acara pesta kostum dalam festival Mei St. Paul, candy dan terry bertengkar karna candy selalu menyebut-nyebut nama anthony, candy kesal akan sikap terry yang menciumnya secara paksa. Terry ingin candy melupakan anthony, lalu terry membawa candy berkuda, karena terry tau candy masih trauma akan hal berkuda sejak kematian anthony. Setalah kejadian itu terry bersikap baik pada candy dan berterus terang kalau dia menyukai candy.


      Diam-diam Archie menyukai candy, dan cemburu akan kedekatan candy dengan terry. Pada saat archie ingin mengungkapkan perasaanya kepada candy, anny muncul dan menjadi histeris. Dalam insiden itu terungkap masa lalu anny yang hanyalah anak adopsi dan juga berasal dari panti asuhan yang sama dengan candy. Archie yang merasa besalah kepada anny mencari anny dan mengarakan anny menerima anny apa adanya meskipun ia hanya anak adopsi. Setelah kejadian itu anny dan candy menjadi berteman baik kembali. Lama kelamaan pun archie mulai menyukai anny.


       Pada masa sekolah musim panas, candy berlibur di skotlandia, disana candy juga sempat bertemu dengan ibu terry, Eleanor Baker. Candy meminta pada terry untuk memaafkan dan berbaikan kembali dengan ibunya, karna candy tau terry sangat merindukan wanita yang telah melahirkannya itu. Setelah terry berbaikan dengan ibunya, candy dan terry menghabiskan waktu bersama. Eliza yang iri pada kedekatan hubungan mereka membuat jebakan disekolah. Mereka dipancing untuk bertemu dikandang kuda pada malam hari, supaya dipergoki oleh kepala asrama. Sebagai hukuman candy dikeluarkan dari sekolah. Sedangkan terry hanya dihukum ringan, karna ayahnya yg seorang bangsawan adalah salah satu donatur di St. Paul. Terry yang pada ahkirnya mangetahui kesengsaraan candy selama ini memutuskan untuk berhenti dari sekolah dan menggantikan hukuman candy. Terry kemudian pergi keamerika untuk lepas dari bayang-bayang ayahnya dan mencari jati diri . Candy yang mengetahui bahwa terry telah berhenti dari sekolah juga memutuskan pergi ke amerika dan tidak tergantung lagi pada paman william.

       Setelah melalui perjalanan panjang, ahkirnya candy kembali lagi kerumah pony. Setelah mempertimbangkan nasihat dan saran dari ibu pony, candy memutuskan untuk menjadi perawat dan masuk sekolah perawat. Atas rekomendasi ibu pony, candy berhasil masuk ke sekolah perawat St. Joana, yang dipimpin oleh Ibu Mary Jane, teman ibu pony.


      Karena isu perang yang semakin menjadi, teman-teman candy juga kembali ke amerika. Archie, stea, Neil, Eliza tinggal bersama nenek Erloy dikediaman keluarga Audrey di Chicago. Patty yang warga negara inggris juga disekolahkan di amerika oleh orang tuanya. Suatu hari terry memutuskan untuk menjalani minatnya dibidang teater, datang ke chicago bersama rombongan teater tempat dia bekerja. Meski diwarnai insiden-insiden kecil yang diakibatkan oleh neil dan eliza juga Suzana Marlow. Ahkirnya candy dapat berjumpa dengan terry meskipun hanya sekilas, yang dilanjutkan dengan surat menyurat karna pebedaan kota yang memisahkan mereka.


       Pada saat candy menjalani masa belajarnya sebagai siswa disekolah perawat, St. Joana, sekolah perawat itu mempunyai seorang pasien yang tidak mempunyai identitas, yang terluka karena ledakan di itali. Candy mengenali pasien itu adalah Albert., dan memutuskan untuk merawatnya. Setelah sembuh, Albert yang lupa ingatan dilepas oleh rumah sakit. Candy meminta albert untuk tinggal bersamanya, sampai ingatanya pulih kembali. Awalnya albert menolak karena tidak mau merepotkan candy yang saat itu ia anggap orang asing. Tetapi kemudian setuju karna didalam hatinya menganggap candy anak baik dan dapat dipercaya. Selanjutnya mereka berteman baik dan bahagia tinggal serumah. Archie, stea, serta anny dan patty juga menolong candy merawat albert.

       Terry yang telah berhasil mendapatkan peran utama sebagai Romeo Montague dalam Drama Romeo dan Juliet karya William Shakespeare. Lalu terry mengundang candy ke new york untuk menghadiri pertunjukan perdananya. Tetapi pada saat gladi resik terjadi kecelakaan yang mengakibatkan suzana kehilangan satu kakinya karna berusaha menolong terry dari timpaan jatunya lampu panggung. Ditambah dengan tuntutan ibu susanne yang membuat terry binggung dan merasa bersalah. Disatu sisi dia harus bertanggung jawab atas apa yang telah meinmpa suzana, tapi disisi lain wanita yang dicintainya hanyalah candy bukan suzana.


       Ketika candy pergi ke New york dan mengetahui peristiwa yang menimpa susanne dengan berat hati candy merelakan terry untuk suzana, itu dilakukanya agar terry tidak dihantui oleh rasa bersalah dan karena candy kasihan pada suzana. Dengan berat hati candy dan terry memutuskan untuk berpisah dan berjanji untuk membuat hidup mereka masing-masing bahagia.


       Dengan patah hati candy kembali ke Chicago, disana dia tidak bisa berbagi kesedihannya dengan teman-temanya, dikarenakan candy mendapatkan kabar bahwa stea pergi ke perancis untuk menjadi tentara sukarela di medan perang. Albert lah yang menjadi satu satunya penghibur bagi candy. Suatu hari albert kembali bisa menginggat masa lalunya, tetapi ia sembuyikan dari candy karna albert merasa senang tinggal bersama candy. Sementara itu neil yang selalu menjahili candy mulai merasa tertarik pada candy dikarenakan suatu waktu candy pernah menolong neil yang hampir dikeroyok pemuda berandalan,  selain itu neil merasa candy terlihat semakin cantik dimatanya.
       
       Neil mengetahui bahwa candy tinggal serumah dengan albert merasa cemburu, dan melaporkan hal tersebut kepada pimpinan rumah sakit sehingga candy dikeluarkan dari rumah sakit. Candy kemudian bekerja di klinik kecil milik Dr. Martin yang sempat merawat albert ketika ia memperoleh ingatanya kembali. Sepucuk surat datang dari Perancis yang mengabarkan bahwa Stea meninggal dimedan perang, ketika mengendarai pesawat terbang. Duka kembali menyelimuti hati candy. Stea yang selalu ceria dan menjadikan candy sebagai orang pertama yang mencoba barang hasil cipataanya membuat candy merasa sangat kehilangan, begitu pula dengan patty wanita yg dicintai stea, juga archie dan anny. Bersama albert, candy berbagi kesedihanya.

       Candy yang tidak mengetahui bahwa albert telah pulih ingatanya juga mulai menjadi pembicaraan para tetengga, yang mengatakan mereka sering melihat albert bertemu  dengan pria berkaca mata hitam yang mencurigakan. Karena tidak ingin membuat candy semakin sulit, albert memutuskan untuk pergi diam diam. Suatu hari candy mendapatkan kiriman dari albert yang beralamatkan di Rockston, disana candy bertemu dengan terry yang ternyata meninggalkan Broadway teater akibat kesedihan hatinya karena berpisah dengan candy.  Setelah berpisah dari candy terry mulai mabuk-mabukan, Saat itu terry bekerja disebuah teater kecil dan berakting buruk sekali. Namun dia dalam temaram melihat candy yang menangis menatapnya, dan ingat kembali akan janji mereka ketika berpisah. Yaitu berusaha untuk menjalani hidup masing-masing dengan bahagia. Kemudian terry kembali ke new york dan kembali melanjutkan karirnya.


       Sementara itu candy kembali dironggong oleh keluarga legan agar mau bertunangan denganya neil. Neil mengancam akam menjadi tentara sukarela jika tidak ditungankan dengn candy. Nenek erloy yang masih sedih akan kematian stea, memutuskan untuk memenuhi keinginan neil dan mengatakan  kepada candy bahwa pertunangan ini atas perintah paman william. Candy yang masih bersedih akan kematian stea, merasa tidak adil atas keputusan sepihak yang telah diperbuat oleh nenek erloy. George (Asisten paman william) yang tak tega melihat candy menangis memberitahukan keberadaan paman william kepada candy. Candy lalu mencari paman william untuk menolak rencana pertunangannya dengan neil.

       Pada ahkirnya Candy bertemu dengan paman william yang tak lain adalah orang yang selama ini ia kenal sebagai albert. Albert sebenarnya adalah Albert William Audrey, adik dari Rosemary Brown ibu Anthony Brown. Dalam pesta pertunangan candy dan neil, albert untuk pertama kalinya muncul didepan umum sebagai paman william dan menolak pertunangan candy, anak angkatnya yg tak diketahui olehnya. karena malu keluarga Legan memutuskan untuk pergi ke Florida.


       Ahkir cerita candy memutuskan untuk kembali ke rumah pony agar dapat membantu ibu pony dan ibu lein sambil bekerja dirumah sakit. Secara mengejutkan ternyata archie, anny dan patty telah lebih dulu berada di rumah pony. Lalu candy mengunjungi tempat favoritnya Bukit Pony, Candy menangis mengenang Anthony, terry dan semua yang telah ia lalui, tiba -tiba ia mendengar suara "Gadis keci, kau lebih manis tersenyum dari pada kalau kau menangis" ketika ia menoleh kearah suara, dia kembali terkejut karena dia melihat Albert berdiri disana. Saat itu Candy baru menyadari bahwa selama ini Albert lah Sang pangeran di bukit.

Ceritanya Happy Ending.

       Kalau disuruh kasi nilai, aku beri nilai komik candy ini 100. Telah sukses buat aku ketawa karna tingkahnya candy yang badung dan juga buat aku sedih karna kematian anthony dan stea. kalau bisa sich g usah ada yg meninggal. . .


5 comments:

  1. wah...thanx ya for this sharing. di sini lama sudah hilang dari market kalau mau cari juga susah...masuh ada kah di sana?

    ReplyDelete
  2. Komik candy-candy udah lama ndak beredar dipasaran. Untuk cari komik bekasnya pun juga susah ditambah lagi harganya yang rata-rata lebih mahal dibandingkan dengan komik baru.

    ReplyDelete
  3. ada versi lain dari komik

    ReplyDelete
  4. pernah beredar beberapa versi lain dari komik candy, yang pertama, susanne marlow sempat bersama dengan therry meskipun tidak menikah, dan akhirnya suane marlow meninggal karena sakit, archie menikah dengan anny, tak ada kejelasan apakah candy akhirnya bersama dengan thery atau albert.
    Yang kedua
    Stea tidak meninggal, keadaan perang sedikit surut mulai ada gencatan senjata dan perundingan perdamaian anatara negara2 yang berperang, Nenel Elroy menarik Stea pulang ke amerika tapi karna sudah ikut perang dan terluka kaki stea lumpuh sebelah, saat ini candy sebagai perawat membantu stea untuk menyembuhkan semangat hidupnya dan semangat untuk sembuh, candy kerap kali datang untuk memberikan terapi,dan perlahan kaki stea mulai pulih, pada saat ini terjadi kedekatan yang lebih antara stea dan candy,meskipun keduanya tidak mau mengakui hal itu, patty sempat marah akan hal ini , candy memutuskan untuk tidak mengganggu stea dan patty meskipun dia sangat sedih untuk menjauh dari stea, candy adar dia harus mundur, dia berniat pulang ke rumah ponny karena hidupnya terasa sepi setelah ditinggal albert, pada saat candy packing untuk pulang ke rumah pony, datang panggilan dari nenek elroy memerintahkan candy untuk bertunangan dengan nil legan, atas saran george, candy pergi ke lakewood menemui paman william untuk membantunya , di aat inilah candy tahu bahwa paman william adalah albert yang selama ini ia cari. pertunangan dibatalkan, candy kembali ke rumah ponny, di sana ada surprise party dari archie, anny, stea, patty,dan albert. Di saat ini juga patty dan candy akrab kembali sepeti semula, patty menyadari bahwa candy seperti malaikat yang membawa kesembuhan pada stea dan candy juga udh mengorbankan perasaannya. Candy bekerja sebagai perawat di suatu klinik di kota yang tidak terlalu jauh dari rumah ponny , ini menunjukkan candy adalah perempuan yang mandiri dan tidak memanfatkan nama besar keluarga audrey. Hal ini membuat albert alias Paman William tambah mengagumi dan menyayangi candy, perasaan itu yang membuat albert sering menjenguk candy ke rumah pony, kedekatan mereka berdua berlangsung bertahun-tahun penuh warna bahagia, sampai tiba saat di mana albert membaca suatu koran yang menyebutkan bahwa susanne marlow tunangan therry, mantan pacar candy, meninggal dunia karena sakit, hal ini membuat albert khawatir dan takut apabila therry akan mendekati candy lagi. Hampir setahun stelah meninggalnya susanne therry mendatangi rumah pony untuk menemui candy, ini membawa kebahagiaan bagi therry dan candy tapi tentu tidak untuk albert yang harus menahan rasa sedih karena kehilangan kedekatannya dengan candy, pada saat candy kehilangan ibu ponny yang meninggal karena usia tua nya, therry terus menghibur candy. Tak lma setelah ini therry mengajak candy untuk segera meresmikan hubungan mereka, singkat cerita, therry menikah dengan cany, menetap di New York karena pekerjaan thery yang berkantor di sana dengan kelompok teater strussford nya, dan dikaruniai seorang anak laki2 yang diberi nama albert, therry ingin anaknya pemberani dan gagah seperti Albert, candy ingin anaknya memiliki hati yang penuh kasih seperti Albert yang menyatukan cinta mereka berdua.

    ReplyDelete
  5. Klo boleh tau komik candy yg versi lain seperti crita diatas, yg akhirnya candy menikah dgn therry judulnya komik nya apa ya? bisa beli dimana? thx

    ReplyDelete

Thanks sudah mampir di blog saya, jangan lupa tinggalkan komentar ya...Trims....:)