Pages - Menu

Thursday, February 03, 2011

Shaolin





Title : Shaolin
Fim Date : January, 2011


Cast : 
Andy Lau  As Hou Jie
Jackie Chan As Wu Dao
Nicholas Tse As Huo Long
 
       
Rasanya udah lama banget saya g nonton film kungfu. Walaupun bukan penggemar fanatik film kungfu tapi aku lumayan demen nonton film laga, apalagi kalau pemainya Jet Li atau Andy Lau. Selain Andy Lau film shaolin ini juga dibintangi Jackie Chan. Siapa sich yang g kenal ama mereka berdua, nama mereka sudah menjadi suatu jaminan dalam sebuah film. Ditambah lagi film ini disutradarai oleh Benny Chan, dan kareografinya ditangani oleh Corey Yeun, yang sudah berpengalaman puluhan tahun menangani ratusan film laga Asia maupun Hollywood.
Dikisahkan Hou Jie adalah seorang panglima perang yang dingin dan ambisius, ia sedang mengejar buronanya sampai kedalam kuil shaolin, bahkan ia tidak segan untuk membunuh buronanya didalam kuil shaolin dan menganggap rendah para biksu disana. Digambarkan  Keadaan kota dalam keadaan kacau, banyak rakyat kecil menderita dan kekurangan pangan akibat perang perebutan kekuasaan wilayah. 

Kekuasaan yang telah didapatkan Hou Jie membuat ia selalu curiga dan waspada terhadap orang disekelilingnya, tanpa ia sadari adik angkatnya,  Hou Long ingin mengambil kedudukanya. Lewat rencana yang telah dipersiapkannya ia berhasil menyingkirkan Huo Jie, bahkan Hou Jie harus membayar mahal atas kejahatanya selama ini, ia kehilangan putrinya yang sangat disayanginya, Nan.

Disaat putrinya yang tengah sekarat, Hou Jie lari kekuil shaolin dan meminta pertolongan pada para bisku disana, karena luka yang parah ahkirnya Nan tidak bisa diselamatkan. Kejadian ini membuat Hou Jie merasa sangat terpukul, kekuasaan yang telah ia peroleh yang ia anggap dapat melindungi keluarganya, justru berbalik membahayakan keluarganya. Hou Jie yang putus asa bertemu dengan  Wu Dao, seorang juru masak di kuil shaolin yang mengajarinya banyak hal tentang arti kehidupan. Pada ahkirnya Hou Jie mencukur rambutnya dan memutuskan untuk menjadi biksu. 

Semula Hou Jie ditolak oleh para bisku dishaolin, karena kejahatanya selama ini yang tidak mengenal belas kasih. Melihat para shaolin belajar kungfu membuat Hou Jie tertarik, ia pun belajar sendirian. Jing Neng (Wu Jing) kakak tertua dishaolin  melihat kesungguhan Hou Jie ahkirnya mengajaknya bergabung untuk berlatih bersama dengan murid- murid shaolin yang lain. Lewat kungfu Hou Jie melupakan rasa benci dan dendam dalam hatinya.

Huo Long menjadikan Hou Jie sebagai buronan dan akan memberikan uang imbalan bagi siapa saja yang dapat menemukan persembunyian Hou Jie, karna Hou Long yakin meskipun kakak angkatnya itu  terjatuh dari tebing tidak akan mambutanya tewas begitu saja. Ahkirnya Hou Long mengetahui persembunyian kakaknya dikuil, dan menyerang kuil shaolin. Hou Jie yang sudah berubah mengajak adik angkatnya untuk bertobat dari semua kejahatanya selama ini, karena ia tidak ingin adiknya itu melakukan kesalahan yang sama dengan dirinya. Sekaligus Hou Jie merasa bertanggung jawab atas kejahatan yang telah diperbuat oleh Hou Long. 

Huo Long yang telah dikuasai oleh kejahatan tidak mengubris perkataan kakaknya, mereka pun bertarung didalam kuil shaolin. Sementara shaolin yang lain mengarahkan para penduduk untuk mengungsi dan mencari tempat tinggal yang baru. Banyak korban dari perkelahian tersebut baik dari shaolin maupun dari pasukan Huo Long. Pihak asing yang ingin mengambil harta karun dikota Dengfeng mulai menghancurkan kuil shaolin dengan meriam. Ditengah perkelahian itu Hou Jie terus mencoba untuk mengajak Huo Long bertobat. Ledakan Meriam yang dikirim oleh pihak asing mengenai bangunan dimana Hou Jie dan Huo Long berkelahi. Huo Long yang hampir tertimpa kayu bagunan yang roboh akibat ledakan meriam diselamatkan oleh Hou Jie, melihat kakaknya yang tengah sekarat karena menolong dirinya membuat Huo Long terpaku. Ledakan berikutnya membuat tubuh kakaknya itu terhempas dipangkuan patung budha. Ditengah kesedihanya Huo Long melihat banyak korban yang tewas dihalaman kuil shaolin, sejenak ia tertegun dan kemudian berteriak menyadari akan kesalahanya.

Cerita ditutup dengan rombongan pengungsi yang dipimpin oleh juru masak Wu Dao, mereka melihat kuil shaolin dari kejauhan yang  hancur dan terbakar. Walaupun kuil shaolin telah hancur dan terbakar tetapi semangat shaolin tetap ada dihati mereka.  Xue Yan (Fan Bing Bing) istri Hou Jie ikut bersama rombongan pengungsi yang dipimpin oleh Wu Dao,   ia juga melihat kuil shaolin yang telah hancur dan  menangis mengingat perpisahan terahkir dengan suaminya.

Seru, kocak, lucu dan mengharukan tersaji apik dalam film laga ini. Banyak pesan moral yang dapat kita petik dari film ini. 
Bahwa kejahatan dan ketamakan hanya akan membawa kesengsaraan, hati yang kotor dipenuhi dengan kebencian dan dendam hanya akan membawa penderitaan. 
Perbuatan yang baik dari hati yang bersih akan melahirkan kebahagiaan dan kedamaian.

No comments:

Post a Comment

Thanks sudah mampir di blog saya, jangan lupa tinggalkan komentar ya...Trims....:)