Pages - Menu

Wednesday, April 13, 2011

Harmony




Title : Harmony
Film Date :  January, 2010

 
Cast :
Kim Yoo Jin as Hong Joeng Hye
Nah Moon Hee as Kim Moon Ok
Kang Hye Won as Kang Yu Mi


Sebenarnya sudah lama saya berencana ingin buat postingan tentang film ini. Tapi baru kesampaian sekarang. Awalnya saya merasa tertarik dengan film Harmony ketika melihat thailernya disalah satu webside drama korea. Iseng-iseng saya beli kaset Dvd nya, dan ternyata. Banjir airmata.......  

Film ini bikin mata saya bengkak semalaman. So sad...... 
Alur ceritanya yang mengalir dan mudah dimengerti menjadikan film ini wajib and kudu ditonton. Film ini menceritakan tentang kehidupan sejumlah narapidana wanita yang bersahabat dan hidup dengan rukun dalam sel tahanan.

Film dibuka dengan adegan seorang narapida wanita yang tengah berjuang melahirkan seorang bayi. Joeng Hye harus ikhlas menerima takdirnya untuk melahirkan dan membesarkan putranya, Min Woo didalam sel tahanan. Balita yang lucu ini mendapatkan kasih sayang dari seluruh narapidana. Tak terkecuali sipir Kang, seorang sipir wanita muda yang baik hati dan sering membantu Joeng Hye dan teman-temanya yang lain. Didalam penjara Joeng Hye mempunyai seorang teman satu sel yang sudah ia anggap sebagai ibunya, Moon Ok.

Sebagai hiburan, kepala penjara mendatangkan paduan suara untuk menghibur para narapidana.  Joeng Hye sangat terpesona menyaksikan penampilan paduan suara itu, kemudian ia mempunyai ide untuk membuat sebuah paduan suara. Ide itu ia ajukan kepada kepala penjara, dan mendapatkan izin untuk mewujudkan idenya tersebut. Lucunya Joeng Hye bukanlah seorang penyanyi yang baik. Bahkan Min Woo selalu menangis ketika Joeng mulai menyanyi. Dengan gigih Joeng Hye mengajak Kim Moon ok, mantan profesor musik untuk menjadi konduktor. Sipir kang meyalurkan bakatnya untuk bermain piano.

Kemudian dicarilah seorang yang bersuara sopran jernih. Pemilik suara sopran jernih itu adalah seorang narapidana baru, Kang Yu Mi. Kang Yu Mi selalu menyendiri dipojok ruangan dan tak mau bergaul dengan narapidana lainya, sikapnya juga kasar. Joeng Hye pun kurang menyukai Yu Mi dikarenakan Yu Mi pernah mendorong Min Woo yang saat itu datang menghampirinya. Karena sikapnya itu, Yu Mi tak mempunyai teman, hanya Min Woo yang mempunyai hati yang masih suci sering mendatangi dan memeluknya seakan ia tahu penderitaan yang dirasakan oleh Yu Mi.

Kehangatan yang diberikan Min Woo membuat hati Yu Mi mencair, lambat laun ia mulai bersikap baik dan akhirnya bergabung  dengan paduan suara yang Joeng Hye bentuk. Latihan awalnya masih terasa kacau dan juga masih sering terjadi perkelahian diantara mereka. Untuk mencairkan suasana dan mendekatkan para anggota, Kim Moon ok mengumpulkan mereka dan membentuk sebuah lingkaran. Mereka berkumpul dan menuturkan kerinduan kepada keluarga masing-masing dan betapa mereka secara tak sengaja mengilangkan nyawa orang lain (meski tak semua dimasukkan ke dalam penjara karena membunuh)

Joeng Hye harus menerima hukuman selama 10 tahun karena telah mengakibatkan kematian suaminya yang sering memukulnya, Joeng Hye yang hamil tua berusaha untuk melawan yang membuat lelaki itu tewas.

Kim Moon Ok divonis seumur hidup karena telah membunuh suaminya yang telah berselingkuh dengan muridnya. Parahnya perselingkuhan itu dilakukan suaminya didalam rumah mereka. Selain menderita tinggal dipenjara, Moon ok pun harus menerima penolakan dari putrinya yang malu mempunyai ibu yang mendekam dipenjara. Moon ok tak pernah mendapatkan balasan surat yang dikirimnya ataupun telepon dari putri yang disayanginya.

Kang Yu Mi harus mendekam didalam penjara karena ingin menjaga kesucianya yang akan direnggut oleh ayah tirinya, secara tak sengaja ia memukul kepala ayah tirinya yang menyebabkan ayah tirinya tewas seketika. Hal itu disaksikan sendiri oleh ibunya. Namun Ibu Yu Mi tetap memasukan Yu Mi ke penjara. Merasa kecewa dan bersalah kepada ibunya membuat Yu Mi enggan untuk menemui ibu kandungnya.

Demi kebaikan pertumbuhan Min Woo, Joeng Hye harus rela melepaskan Min Woo untuk diadopsi orang lain. Perpisahan antara ibu dan anak ini sungguh menguras air mata. Bukan hanya Joeng Hye yang merasa sedih dengan perginya Min Woo, seluruh para penghuni tahanan pun merasa kehilangan. 

4 tahun kemudian paduan suara yang dipimpin oleh Moon ok maju dan berhasil mendapatkan pengakuan dari dunia luar. Hingga suatu hari grup paduan suara mereka mendapatkan sebuah undangan untuk mengisi acara natal bersama. Seluruh anggota koor merasa senang karena pada malam itu mereka diperbolehkan untuk mengundang keluarga masing-masing. Namun sebuah insiden terjadi yang mengakibatkan pertunjukan mereka hampir saja dibatalkan.

Banyak kebahagiaan yang terjadi di malam perayaan natal. Para narapidana tak kuasa menahan haru dan bahagia dapat bertemu dengan keluarga mereka. Joeng Hye dipertemukan kembali dengan Min Woo yang kini telah berusia 4 tahun, hal itu ia sadari ketika Joeng Hye melihat tanda lahir ditangan kiri Min Woo. Adegan ini sangat sangat mengharukan......... 

Setelah sekian lama menolak ibunya, Kang Yu Mi berhasil menghilangkan kemarahan dalam dirinya dan bersedia untuk bertemu kembali dengan ibunya. Begitupun dengan putri Moon ok, kekerasan hatinya mencair dan ia mau memaafkan kesalahan Moon ok. Kegembiraan Moon ok bertambah ketika Moon ok diperbolehkan kepala penjara untuk menginap dirumah putrinya. Ternyata itu adalah sebuah perpisahan bagi Moon ok kepada keluarganya karena keesokan harinya merupakan penentuan eksekusi bagi Moon ok.

2 comments:

  1. kalau saya beli kasetx via belanja online, versi bajakanx jg sdh tersedia di penjual lapak2 kaset. atau kl mau nonton online di youtube.

    ReplyDelete

Thanks sudah mampir di blog saya, jangan lupa tinggalkan komentar ya...Trims....:)