Saturday, April 30, 2011

Khasiat Buah Kurma

















Kita pasti sering memakan buah kurma, terlebih ketika bulan Ramadhan tiba. Buah kurma banyak dijumpai dan dijual di pasar Ramadhan.

Rasulullah Saw berkata : " Apabila berbuka salah satu kamu hendaklah berbuka dengan kurma. Andaikan kamu tak memperolehnya, maka berbukalah dengan air, sesungguhnya air itu suci. "

Dari Anas Bin Malik berkata : " adalah Rasullah berbuka dengan Rutab (kurma yang lembek) sebelum ia shalat, jika tidak ada Rutab maka beliau berbuka dengan Tamr (Kurma kering), jika tak ada kurma kering maka ia berbuka dengan air "

Rasulullah Saw begitu menganjurkan umatnya untuk berbuka dengan kurma. Buah yang berasal dari negeri timur tengah ini memiliki khasiat yang sangat banyak untuk tubuh, karena buah kurma memeliki banyak kandungan terlebih di waktu kita berpuasa. Hal ini telah terbuktikan secara medis. Memakan kurma saat berbuka adalah sesuatu yang nikmat. Rasa manis kurma mampu menggantikan tenaga yang hilang saat matahari berpijar

Seseungguhnya apa yang dianjurkan oleh Rasulullah tentu saja adalah hal yang baik dan bermamfaat  bagi kaumnya.

Berikut beberapa mamfaat buah kurma bagi kesehatan. 
  • Kurma memiliki kandungan nutrisi yang berguna bagi tubuh.
  • Kurma juga mengandung berbagai vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Vitamin A, thiamin, riboflavin, zat besi, vitamin B berada dalam buah kurma. Riboflavin dan niasin misalnya, akan membantu melepaskan energi dari makanan, sementara thiamin membantu melepaskan energi dari karbohidrat. Vitamin A dan niasin memainkan peranan dalam membentuk dan memelihara kulit yang sehat. Thiamin penting bagi sel-sel saraf, sementara niasin menjaga fungsi normal saraf.
  • Kandungan mineral dalam buah kurma dapat membuat denyut jantung makin teratur, mengaktifkan kontraksi otot serta membantu mengatur tekanan darah.
  • Kandungan kalium yang sangat menonjol didalam kurma ini bagus untuk penderita hipertensi
  • Zat tannin yang tinggi pada kurma dapat digunakan sebagai anti diare. Kurma juga dapat digunakan sebagai obat flu, radang tenggorokan, mengatasi mabuk serta meningkatkan trombosit dalam darah bagi mereka yang terkena demam berdarah. Caranya yaitu dengan memblender 500 gram kurma yang telah dibuang kulitnya, kemudian campur dengan lima gelas air putih sampai halus. Hasil dari blenderan tersebut diminum sebanyak satu gelas tiap satu jam selama sehari.
  • Kurma juga mengandung suatu hormon yang disebut dengan Potuchin dapat membuat kontraksi pada pembuluh darah dalam rahim dan otot rahim. Sehingga bila diberikan kepada wanita yang baru melahirkan dapat mencegah pendarahan pasca persalinan.
Subahanallah, Apa yang diciptakan Oleh Allah, tak kan pernah sia-sia.

No comments:

Post a Comment

Thanks sudah mampir di blog saya, jangan lupa tinggalkan komentar ya...Trims....:)