Sunday, July 17, 2011

Peristiwa Penting Di Bulan Ramadhan



Menahan diri dari lapar dan dahaga saat bulan Ramadhan bukan bearti kaum muslim harus menghentikan aktivitas. Sejarah mencatat, terdapat banyak peristiwa-peristiwa penting yang terjadi justru pada bulan Ramadhan.

1.   Nuzurul Qur’an
Merupakan peristiwa turunya wahyu Allah Swt yang pertama kali kepada Nabi Muhammad Saw ketika beliau melakukan khawat di gua Hira. Peristiwa ini bertepatan dengan tanggal 17 Ramadhan.

2.   Turunnya perintah puasa dan pemindahan kiblat
Awalnya arah kiblat umat islam ke Baitul Maqdis, Palestina. Orang Yahudi merasa lebih besar karena puasa dan kiblat mereka diikuti kaum muslimin. Namun akhirnya turun perintah agar arah kiblat diganti ke Masjidil Haram. Alhasil berbedalah kaum muslimin dengan ahli kitab sehingga menjadi jelas mana yang haq dan mana yang batil.

3.   Turunnya kitab-kitab suci
Allah Swt menurunkan kitb-kitab-Nya kepada para Rasul di bulan Ramadhan. Dalam sebuah hadist diriwayatkan : “Shuhuf Ibrahim pada malam pertama di bulan Ramadhan. Taurat diturunkan pada 6 Ramadhan, Injil diturunkan pada 13 Ramadhan, sedangkan Al-Qur’an diturunkan pada 24 Ramadhan” (Riwayat Ahmad).

4.   Ammul Hazan (Tahun Kedukaan)
Pada bulan Ramadhan tahun ke-10 H. Nabi Muhammad Saw menyaksikan wafatnya paman Rasulullah, Abu Thalib.

5.   Perang Badar
Perang pertama dan terbesar yang terjadi semasa hidup Rasulullah. Kaum muslimin memperolah kemenangan besar. Allah Swt menyebutnya dalam Al-Qur’an sebagai Yaumul furqan atau hari pembeda antara yang haq dan batil.

6.   Perang Khandaw (Perang Al-Ahzab)
Terjadi pada tahun 5 H di bulan Ramadhan. Dalam perang ini Allah Swt juga memberikan kemenangan kepada tentara Islam.

7.   Fathul Makkah
Terjadi pada 21 Ramadhan 8 H. Keberhasilan menaklukan kota Mekkah dari pengusaan kaum kafir Quraisy merupakan kemenangan besar yang diberikan Allah Swt kepada Rasulullah dan umat Islam. Apalagi pembebasan kota Mekkah tidak melibatkan pertumpahan darah. Proses pembebasannya berlangsung secara damai dan penuh dengan aksi simpatik. Rasulullah bersama sahabat meninggalkan Madinah menuju Mekkah pada 10 Ramadhan dan mulai memasuki kota Mekkah pada 21 Ramadhan.

8.  Perang Qadisiah
Perang ini terjadi pada bulan Ramadhan 15 H. Dalam peperangan itu, umat islam berhasil menaklukkan kerajaan parsi.

9.   Kemenangan tentara Islam pimpinan Umar Ibnu Asy
Kaum muslimin mangalahkan tentara Mesir yang beberapa saat sebelumnya menyerang tentara umat islam ketika melaksanakan shalat jum’at. Peristiwa ini terjadi pada bulan Ramadhan 19 H.

10. Tentara Islam mendarat di Andalusia
Peristiwa ini terjadi pada Ramadhan 91 H. Setahun kemudian, tentara Islam dibawah komando Thariq Bin Ziyad berhasil mengalahkan pasukan Raja Roderick.

11. Salahuddin Al-Ayyubi mengalahkan tentara salib
Perang salib terjadi pada pertengahan bulan Ramadhan 584 H. Ketika tiba bulan Ramadhan, penasihat-penasihat Salahuddin menyarankan agar ia beristirahat karena usianya yang sudah tua. Tetapi Salahhuddin menjawab “Umur itu pendek tetapi ajal selalu mengancam”. Tentara Islam berperang dan Berjaya.

12. Penaklukan tentara Mongol
Penguasa Mesir, Saifudin Qutha, menggerakkan pasukan menuju ke Syam untuk menghalangi tentara Mongol (yang baru saja menghancurkan Daulat Abbsiyah yang melumat pusat ilmu dan pengetahuan di Baghdad). Dua pasukan besar bertemu di ‘Ain Jalut (terletak di Palestina). Sejarah mencatat disinilah akhirnya pasukan Mongol ditumpas olej kaum Muslimmpada bulan Ramadhan 685 H.

13. Menggempur Israel
Pada Oktober 1973 (6 Ramadhan) bangsa Arab menggempur Israel dalam beberapa jam pertempuran. 200 pesawat Israel rontok dan 800 tanknya lumpuh. Israel di ambang kehancuran namun akhirnya selamat atas pertolongan “Amerika Serikat”.

14. Kemerdekaan Indonesia
Tanggal 17 Agustus 1945 adalah hari Jum’at di bulan Ramadhan. Negeri Muslim terbesar di dunia ini bebas belenggu penjajahan kolonialis Belanda.

Dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment

Thanks sudah mampir di blog saya, jangan lupa tinggalkan komentar ya...Trims....:)