Pages - Menu

Sunday, July 31, 2011

Keajaiban Ramadhan

20 Keajaiban Bulan Ramadhan


1. Ramadhan Jalan Menuju Takwa
Allah Swt berfirman "Hai orang-orang yang beriman. diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa" (Q.S. Al-Baqarah : 183).

2. Ramadhan Bulan Mujahadah
Para ulama Salaf adalah suri tauladan bagi ummat. Muhajadah mereka dalam mengisi bulan ramadhan amat perlu di contoh. Imam Syafi'i misalnya, menghatamkan Al-Qur'an sebanyak dua kali dalam semalam. Ini dikerjakan di dalam shalat. Dengan demikian beliau menghatamkan Al-Qur'an 60 kali selama bulam ramadhan. Begitu juga dengan Abu Hanifah yang menghatamkan Al-Qur'an 2 kali dalam sehari.

3. Puasa Ramadhan Menumbuhkan Sifat Amanah
Wahbah Zuhaili dalam bukunya Al Fiqh Al Islami berpendapat, puasa mengajarkan rasa amanat dan muqarabah di hadapab Allah ta'ala, baik dengan amalan yang tampak dan bersembunyi. Maka tidak ada yang mengawasi seseorang yang berpuasa agar menghindari hal-hal yang dilarang dalam berpuasa kecuali Allah ta'ala.

4. Puasa Ramadhan Melatih Kedisiplinan
Puasa juga melatih kedisiplinan. Wahbah Zuhaili menjelaskan seseorang yang berpuasa harus makan dan minum dalam waktu yang terbatas. Bahkan, dalam berbuka pun harus disegerakan.

5. Puasa Menumbuhkan Rasa Solidaritas Sesama Muslim
Wahbah Zuhaili juga menjelaskan bahwa puasa ramadhan menumbuhkan rasa solidaritas di antara sesama muslim. Pada bulan ini, semua umat islam dari timur hingga barat, diwajibkan untuk menjalankan puasa. Mereka berpuasa dan berbuka dalam waktu yang sama, dikarenakan mereka memiliki rabb yang satu.

6. Pusa Ramadhan Melatih Kesabaran
Bulan Ramadhan adalan bulan di mana pada siang hari kita diperintahkan meninggalkan makanan yang asalnya halal, apalagi yang haram. Begitu juga disaat ada seseorang yang mengganggu kita. Rasulullah Saw bersabda: "Bila seseorang menghina dan mencacinya, hendaknya ia berkata "Sesungguhnya aku sedang puasa". (HR. Bukhori).

7. Puasa Ramadhan Menyehatkan
Rasulullah Saw bersabda "Berpuasalah, maka kamu akan sehat". (HR. Ibnu Sunni). Ada yang menyatakan bahwa hadist ini dhoif. Tetapi ada pula yang menyatakan derajat hadist ini sampai dengan tingkat hasan. (Lihat, Figh Al-Islami wa Adilatuh, hal 16190). Tetapi makna matan hadist ini tetap dapat diterima, karena puasa memang menyehatkan. Al-Harist bin Kaldah, tabib yang pernah mengabdi kepada Rasulullah menyatakan "Lambung adalah tempat tinggal penyakit dan sedikit makan adalah obatnya".

8. Lailatur Qadar Adalah Hadiah Dari Allah Untuk Ummat
Diriwayatkan oleh Imam Malik dalam Muwatha, dia telah mendengar seorang Ahlul Ilmi Tsiqoh yang telah mengatakan: "Sesungguhnya telah diperlihatkan usia-usia umat sebelumnya kepada Rasulullah Saw, atau apa yang telah Allah Saw kehendaki dari hal itu, dan sepertinya usia ummat beliau tidak mampu menyamai amalan yang telah dicapai oleh umat-umat sebelumnya, maka Allah memberi beliau Lailatur Qodar lebih baik dari seribu bulan. (HR. Malik).

9. Ramadhan Bulan Ampunan
Ramadhan adalah bulan ampunan. Rasulullah Saw bersabda: "Dan siapa yang berpuasa ramadhan dengan didasarinya keimanan dan pengharapan ridha Allah, diampunkan untuk dosa yang telah lalu. (HR. Bukhori).

10. Terbebas Dari Azab
Dari Jabir bin Abdullaj r.a, Rasulullah Saw bersabda: "Pada bulan Ramadhan ummatku dianugrahi lim perkara yang tidak diberikan kepada Nabi-Nabi sebelumku. Yang pertama, sesungguhnya jika Allah melihat mereka di awal malam dari Ramadhan, dan berang siapa yang telah dilihat Allah maka ia tidak akan mengazabnya selamanya........(HR. Baihaqy).

11. Lebih Harum Dari Misk Di Hadapan Allah
Rasulullah Saw bersabda: "....Yang kedua, sesungguhnya bau mulut mereka ketika sore hari lebih harum dihadapan Allah dari pada bau misk..... (HR. Baihaqy).

12. Dimintakan Ampunan Oleh Malaikat
Rasulullah Saw bersabda: ......"Yang kertiga sesungguhnya malaikat memintakan ampunan untuk mereka siang dan malam......"(HR. Baihaqy).

13. Di Bulan Ramadhan Surga Berbenah Diri
Rasulullah Saw Bersabda: ......Yang keempat, sesungguhnya Allah Azza Wajallah memerintahkan surgannya, ia berfirman: "Bersiap-siaplah, dan hiasilah dirimu untuk para hamba-ku, sehingga mereka bisa segera beristirahat dari kelelahan hidup di dunia menuju negeri ku dan kemuliaanku,.....(HR. Baihaqy).

14. Pintu Surga Dibuka, Pintu Neraka Ditutup, Setan Dibelenggu
Rasulullah Saw bersabda: "Jika Ramadhan tiba, dibuka pintu surga dan ditutuplah pintu nereka serta setan-setan dibelenggu. (HR. Bukhori).

15. Seluruh Hari Dalam Ramadhan Memiliki Keutamaan
Rasulullah Saw bersabda: "....dia adalah bulan yang permulaannya adalah rahmat, pertengahannya ampuna, serta paripurnannya adalah pembebasan dari neraka. (HR. Ibnu Huzaimah dalam Shahinya).

16. Berkah Memberi Minum
Rasulullah Saw bersabda: "Dan barang siapa yang memberi minuman orang yang berpuasa maka Allah akan memberinya telaga minuman yang tidak menghauskan hingga ia masuk surga". (HR. Ibnu Huzaimah dalam Shahinya).

17. Sedekah Yang Terbaik
Rasulullah Saw bersabda: "Sebaik-baiknya sedekah yaitu sedekah dibulan Ramadhan". (HR. Tirmidzi).

18. Doa Mustajab Di Bulan Ramadhan
Rasulullah Saw bersabda: "Tiga orang yang tidak ditolak doanya, orang yang berpuasa hingga berdoa, imam yang adil, dan orang yang terdzalimi. (HR. Tirmidzi).

19. Pahala Umrah Ramadhan Sama Dengan Pahala Haji
Rasulullah Saw bersabda: "Jika datang Ramadhan maka lakukanlah umrah, karena sesungguhnya ibadah umrah di bulan Ramadhan setaraf dengan ibadah haji". (HR. An-Nasai).

20. Malam Yang Istimewa
Allah Swt berfirman "Lailatur Qadar lebih baik dari pada seribu bulan". (QS. Al-Qadr:3). Wabbah Zuhaili menjelaskan bahwa menghidupkan ramadhan dan melakukan amalan didalamnya lebih baik dari pada menjalankan amalan dalam seribu bulan tanpa ramadhan. (Hidayatullah). 


Dari Berbagai Sumber






No comments:

Post a Comment

Thanks sudah mampir di blog saya, jangan lupa tinggalkan komentar ya...Trims....:)