Pages - Menu

Tuesday, July 05, 2011

Fenomena Boyband



Pastinya kita semua tak asing lagi dengan istilah boyband. Wajah ganteng dari para personilnya, vocal yang merdu serta penampilan yang diiringi dengan dance yang apik dan energik menjadikan boy band mudah diterima dikalangan remaja yang mayoritas didominasi kalangan remaja putri. Fenemona boyband kembali diperbincangkan dengan adanya serangan dari K-Pop. Baiklah tanpa banyak ba..bi..bu lagi saya akan membahas beberapa boyband terkenal yang pernah dan sedang menguncang dunia hiburan di Indonesia.

Pada tahun 90'an, boyband yang terkenal di Indonesia banyak didominasi dengan boyband yang berasal dari Amerika dan Eropa, berikut beberapa diantaranya.

1. New Kids On The Block


New Kids on the Block adalah kelompok musik terkenal pada akhir 1980-an dan awal 1990-an. Mereka dibentuk di Boston, Amerika Serikat pada 1984. New Kids on The Block terdiri dari 5 personil yaitu, Donnie Wahlberg, Jordan Knight, saudaranya Jonathan Knight, Danny Wood dan Joe McIntyre. Album pertama mereka yang berjudul sama pada 1986 tidak begitu terjual laris.

Ketenaran mulai datang ketika mereka menjadi band pembuka untuk Tiffani pada tahun 1998. Album kedua mereka, Hangin' Tough (1988) terjual 8 juta kopi di seluruh dunia dan menghasilkan lima lagu sepuluh besar. Setelah merilis album berikutnya di tahun 1990, Step By Step, mereka berpisah dari manajer dan produser mereka Maurice Starr dan tidak lama kemudian membubarkan diri. Donnie Wahlberg sekarang ini dikenal sebagai aktor, Jordan Knight dan Joe McIntyre masing-masing merilis album solo.

2. Backstreet Boys


Backstreet Boys atau disingkat BSB adalah salah satu kelompok musik paling laris di dunia. Boyband ini terbentuk pada tahun 1993 dan masih aktif sampai sekarang meskipun tidak terlalu eksis seperti dulu. Backstreet Boys beranggotakan 5 cowok ganteng yaitu Nick Carter, Howie Dorough, Brian Littrell, dan A.J. McLean, Kevin Richardson. Backstreet Boys berasal dari Orlando, Florida, As. lagu-lagu mereka masuk ke dalam chart tangga lagu di Amerika dan bertahan selama berminggu-minggu. Pada tahun 2006, salah satu personilnya, Kevin Richardson memutuskan untuk keluar agar dapat meluangkan waktu lebih banyak dengan keluarganya. Namun hubungannya dengan para personil lain masih terjaga dengan baik.

3. Boyzone


Boyzone adalah boyband dari Irlandia yang beranggotakan 5 pria tampan yaitu, Keith Duffy, Mikey Graham, Ronan Keating, Shane Lynch, dan Stephen Gately. Dibentuk pada tahun 1993, mereka menggapai sukses paling besar di Irlandia, Britania Raya dan Asia dengan keberhasilannya mencetak 6 single nomor satu antara tahun 1996 dan 1999 di Britania Raya. Setelah vakum selama tujuh tahun, akhirnya band ini memutuskan untuk kembali dan merilis album baru pada tahun 2008. 

Pada tahun 2009 Stephen Gately ditemukan meninggal di Mallorca, Spanyol, 10 Oktober 2009, di kamar apartemen yang dimilikinya bersama pasangan gay-nya, Andrew Cowles. Mereka terikat secara sipil di London sejak 2006. Hasil autopsi menunjukkan adanya cairan di paru-parunya yang dianggap sebagai penyebab kematiannya.

4. Westlife


Wah ini sich boyband idola saya....  
Westlife adalah sebuah grup musik dari Irlandia yang beranggotakan 5 pria yang kesemuanya tampan yaitu, Shane Filan, Kian Egan, Nicky Byrne, Mark Feehily dan Bryan McFadden yang dibentuk pada tahun 1998. Westlife memiliki banyak fans fanatik dari kalangan remaja putri di penjuru dunia. Band ini sempat mengguncang jakarta dengan konsernya yang luar biasa. Bryan McFadden memutuskan untuk keluar dari Westlife pada 9 Maret 2004 agar dapat meluangkan lebih banyak waktu untuk kehidupan keluarganya dengan mantan anggota Atomic Kitten, Kerry Katona, meski mereka kemudian berpisah dan dia mengganti ejaan nama depannya menjadi 'Brian'.

Band ini terbukti sukses di Irlandia dan Britania Raya, dengan keberhasilannya mencetak 13 single nomor satu antara tahun 1999 dan 2005. Westlife juga empat kali berturut-turut memenangkan penghargaan "Record of the Year" ITV dengan single mereka "Flying Without Wings", "My Love", "Mandy", dan "You Raise Me Up".

Westlife sudah dapet puluhan penghargaan PLATINUM dari berbagai negara, dan 9 penghargaan Platinum dari Indonesia. Westlife juga pernah duet bareng Diva asal AS, Mariah Carey dan Diana Ross. Belakangan tersiar kabar bahwa mantan personil Westlife "Brian" sempat berencana untuk kembali bergabung dengan Westlife. 

For me, Westlife still is the best.


Oke, sekarang kita beralih ke boy band Asia. Belakangan ini boyband Asia khususnya Korea yang telah menjadi idola baru di kalangan para remaja. Mungkin memang saatnya bagi para boyband Asia untuk unjuk gigi dan mulai merambah dan memikat hati para fans baik di wilayah regional maupun internasional. Yukz.... kita bahas satu persatu.
 
  • Jepang
Kita mulai dari negara jepang. Penggemar boyband asal jepang di Indonesia memang tak sebanyak penggemar boyband asal korea. Tetapi jika kalian sering menonton Dorama jepang atau anime pasti tidak asing dengan nama-nama boy band di bawah ini yang kebanyakan dari lagu mereka di jadikan sebagai Soundtrack drama dan anime.

1. Smap


SMAP adalah kelompok penyanyi yang beranggotakan 6 pria dibawah naungan Johnny & Associates yakni Masahiro Nakai, Takuya Kimura, Tsuyoshi Kusanagi, Goro Inagaki, dan Shingo Katori.  SMAP memulai karier sebagai kelompok penari latar "Skate Boys" untuk grup idola Hikaru Genji. Dibentuk bulan April 1988, SMAP mengadakan konser pertama di bulan April 1991, yang dilanjutkan album pertama Can't stop!! -LOVING- di bulan September tahun yang sama. 

Katsuyuki Mori mengundurkan diri di bulan Mei 1996 demi mengejar karier di balap mobil. SMAP terus bertahan dalam dunia musik pop Jepang dari tahun 1991 hingga sekarang. Tidak saja sebagai kelompok menelurkan berbagai single hit, masing-masing anggotanya sukses sebagai selebritas yang tampil sebagai bintang dalam acara variety, drama televisi, iklan, dan film.

2. Arashi

 
Arashi  yang berarti adalah kelompok boyband asal Jepang yang beranggotakan 5 pria muda yaitu, Satoshi Ohno , Sho Sakurai, Masaki Aiba, Kazunari Ninomiya, dan Jun Matsumoto. Kelompok ini merupakan bentukan Johnny & Associates. Kelompok ini merupakan salah satu boyband terlama dan tereksis yang mampu bertahan di puncak dunia J-POP. Mereka pertama kali dibentuk pada tahun 1999 dan debut single “Arashi” adalah lagu tema untuk World Cup of Volleyball 1999. Kelompok ini menduduki tangga lagu Jepang tujuh kali dan single chart sebanyak 24 kali. Jun Marsumoto lebih dikenal sebagai aktor beberapa drama yang dibintanginya yakni Hana Yori Dango dan Lucky Seven.

3. KAT-UN

KAT-TUN awalnya dibentuk di Jepang sebagai kelompok pendukung untuk band KinKi Kids. Namun, karena popularitas mereka, KAT-TUN menjadi mampu dan kokoh bertahan sebagai sebuah boyband independen yang mulai dibentuk pada tahun 2001. Debut singlenya “Real Face” tidak muncul sampai akhirnya diluncurkan pada tahun 2006. Sejak saat itu single kelompok ini bertahan selama sepuluh minggu berturut-turut sebagai nomor 1 di Jepang. Semua empat album oleh kelompok juga menduduki puncak tangga lagu. Band ini beranggotakan 6 orang yaitu, Kamenashi Kazuya, Akanishi Jin, Taguchi Junnosuke, Tanaka Koki, Ueda Tatsuya, Nakamaru Yuichi.

4. News

News adalah boyband Jepang yang namanya adalah singkatan untuk arah Utara, Timur, Barat dan Selatan (North, East, West, South). Boy band ini resmi dibentuk didepan press pada tahun 2003.  News beranggotakan 6 orang yaitu, Keichiro Koyama, Ryo Nishikido, Tomohisa Yamashita, Takahisa Masuda, Shigeaki Kato, Yuya Tegoshi. Kelompok ini awalnya dibentuk dengan sembilan anggota. Salah satu anggotanya kemudian cabut di tahun 2004 dan kemudian dua anggota berikutnya juga turut angkat kaki dari grup karena kontroversi pesta miras. NEWS melanjutkan kesuksesan sebagai boyband dengan 6 anggota. Semua tiga album mereka dan 11 single telah menduduki puncak tangga lagu pop musik Jepang.
  • Korea
Industri musik Korea Selatan tumbuh subur. Menyusul serial drama, musik negeri itu kini merambah sejumlah negara di Asia. Kaum remaja di Asia sepertinya sedang demam boyband dan girlband asal negeri ginseng ini. Berikut sejumlah group boyband, yang sedang naik daun dan laris manis di panggung hiburan Asia.

1. Shinhwa


Shinhwa terdiri dari 6 anggota yaitu, Eric, Hyesung, Minwoo, Dongwan, Junjin, Andy. Boyband ini pertama kali dibentuk pada tahun 1998 dan masih eksis sampai sekarang. Shinhwa merupakan boyband yang mampu bertahan lama dibandingkan boyband lainnya di Asia. Shinhwa telah merilis lima album yang mampu menduduki puncak tangga lagu-lagu pop di Korea.

Album Shinhwa tak hanya sukses di negaranya, tetapi juga di jepang. Lagu Shinhwa berhasil menduduki peringkat lima besar di jepang pada tahun 2006. Selama bertahun-tahun Shinhwa telah mendapat pengakuan sebagai salah satu kelompok vocal dan tari terbaik.

2. TVXQ/DBSK


DBSK, Kelompok ini dikenal dengan berbagai macam nama seperti TVXQ, DBSK atau Tohoshinki.  TVXQ adalah singkatan dari nama kelompok ini dalam bahasa Tionghoa, Tong Vfang Xien Qi. Di Korea, mereka disebut sebagai Dong Bang Shin Ki (disingkat DBSG atau DBSK), sedangkan di Jepang disebut Tohoshinki. Penamaan grup ini dalam 3 bahasa semuanya berarti "dewa yang muncul dari Timur" atau "Dewa-dewa dari Timur". DSBK ini terdiri dari 5 personil yaitu, U-Know Yun Ho, Hero Jae Joong, Xia Jun Su, Micky Yoo Chun, Max Chang Min. DSBK dibentuk pada tahun 2003 lalu dibawah naungan manajemen SM Entertaiment. 

Pada tahun 2008 mereka menjadi boyband asing pertama yang menduduki nomor 1 single di chart musik Oricon Jepang. Kelompok ini memiliki empat album yang selalu menduduki nomor 1 di Korea Selatan. Boyband ini memiliki fans setia di Jepang terbukti dari hasil penjualan album kompilasi mereka yang menembus angka 413 copy hanya dalam waktu satu pekan. Boyband ini mencatat rekor sebagai penjualan tertinggi pada minggu pertama yang diraih penyanyi asing yang dulunya di pegang oleh Bonjovi pada tahun 1995 dengan penjualan 379 copy.

Pada tahun 2010, Jae Jong, Yoo Chuun, dan Jun Su ada masalah internal dengan pihak SM Entertaiment mengenai masalah kontrak mereka. Jaejoong, Yoochun, dan Junsu menuntut SM Entertainment dan. Sedangkan Changmin dan Yunho yang tidak terlibat masalah tetap mendukung ketiga temannya tersebut. Entah bagaimana ceritanya, akhirnya pada tahun yang sama (2010). Jae Joong, Yoo Chun dan Jun Su membentuk kelompok baru yang bernama JYJ. Nama JYJ diambil dari huruf depan mereka bertiga. Kini TVXQ hanya beranggota 2 personil yakni Chang Min dan Yun Ho yang tetap eksis meski hanya ber-dua.

3. SS5501


SS5501 merupakan salah satu boyband yang sedang populer dikorea. Mereka terdiri dari 5 orang yang anggotanya terpilih dalam acara pencari bakat m!pick pada bulan maret 2005 dan berada di bawah naungan Daesung Entertainment atau DSP. Personil SS5501 beranggotakan sang leader Kim Hyun Joong, Heo Young Saeng, Kim Kyu Jong, Park Jung Min, Kim Hyung Joon. Acara hasil kerja televisi kabel Km dan Mnet ini telah membuat mereka populer. Kafe khusus penggemar bahkan sudah dibuka sebelum SS501 resmi memulai debutnya. Singel perdana mereka dirilis bulan Juni 2005. Anggotanya aktif sebagai MC, model, bintang iklan, pertunjukan beragam, DJ, dan aktor.

Tetapi, para personelnya kemudian meninggalkan manajemen tersebut dan bergabung dengan manajemen artis lainya. Tetapi itu bukan berarti boyband ini berpisah. Mereka tetap berniat bersama sebagai SS5501. Nama SS5501 ini memang terkesan unik, namun ada makna di balik nama itu. Yang artinya mewakili lima anggota yang bersatu untuk selamanya.

Debut perdana mereka tampil dengan membawakan single berjudul 'Kyeonggo' pada 2005 lalu. Meski memiliki banyak penggemar di Jepang, mereka memilih tetap aktif di Korea. Alasannya karena kondisi tenggorokan Heo Young Saeng butuh operasi sehingga membutukan waktu pemulihan. Pada tahun 2006, mereka berhasil menggelar konser pertama di Jepang yang bertajuk 'Step Up Concert'. Meskipun para personil SS5501 sibuk bersolo karir dan kegiatan berbeda, mereka tetap ingin bisa kembali bersama dan berencana membuat album baru pada tahun 2011 ini.

4. Super Junior


Super Junior merupakan boyband yang memiliki anggota paling banyak di Korea. Super Juinor atau yang biasa juga disebut dengan Suju dibentuk pada tahun 2005 laly yang beranggotakan 13 personil yaitu, sang leader Lee Teuk, Hee Chul, Shin Dong, Han Geng, Ye Sung, Dong Hae, Ryeo Wook, Sung Min, Kang In, Eun Hyuk, Si Won, Ki Bum, Kyu Hyun. Tetapi ketika mulai berjalan, 2 personilnya memutuskan untuk keluar, Kang In meninggalkan Suju untuk menjalani wajib militer. Sedangkan Ki Bum memlilih berkarier di dunia akting.

Kehilangan 2 personil tidak membuat Suju kehilangan pesona. Pelantun tembang 'Sorry-Sorry' ini justru semakin berkibar dipanggung musik Korea. Suju juga mencoba melirik panggung Asia lainya, salah satunya Indonesia. Konser-konser mereka di beberapa negara mendapatkan respon yang positif. Bahkan Suju telah mengadakan konser di Indonesia dengan sejumlah penyanyi korea lainya dalam acara yang bertajuk "Festival Korean Idol Music Concert Hosted In Indonesia".

Selain merilis musik sebagai kelompok penuh, Super Junior kadang-kadang dibagi menjadi kelompok-kelompok lebih kecil untuk proyek-proyek tertentu. Kelompok ini menduduki tangga album di Cina, Korea Selatan dan Thailand.


5. Big Bang


Big Bang beranggotalan lima orang yaitu, G- Dragon, TOP, Tae Yang, Dae Sung, Seung Ri yang disatukan pada tahun 2005-2006.  Pembentukan kelompok ini dibuat dalam serial televisi dengan

nama 'Big Bang Decumentary' dari Juli sampai Agustus 2006 lalu. Setelah tanda tangan dengan YG Entertaiment, Big Bang berhasil merilis beberapa single yang sukses.

Sesudah menerima penghargaan sebagai "Artist Of The Year" dalam ajang M.Net KM Music Festival dan Seoul Gayo Daesang Award, Big Bang memutuskan untuk mengincar penggemar musik Jepang. Mereka merilis single dan mini album yang dijual ke Jepang.

Saaat ini, para personil Big Bang jugam sibuk bersolo karir. aktivitas mereka tak hanya dimusik tetapi juga di akting. Setelah dua tahun lamanya absen sebagai kelompok penuh. Big Bang akhirnya kembali dengan konser besar mereka tahun 2011 ini.

6. T-Max


T-Max merupahan boyband korea yang terdiri dari 4personil yaitu Shin Min Cheol, Park Yun Hwa dan Kim Joon, Park Yun Hwa. Mereka aktif sejak dibentuk pada tahun 2007 lalu dan berada di bawah naungan Planet905 Entertainment. Boyband ini dibentuk secara matang karena mereka dilatih selama kurang lebih 3 tahun.

Masing-masing personilnya memiliki kelebihan pada suara mereka. Musik yang di usung boyband ini adalah R&B dan beberapa lagunya dijadikan sebagai soundtrack korea drama "Boys Before Flowers".  Tetapi pada awal tahun 2010 lalu, salah satu personilnya Park Yun Hwa memutuskan untuk berhenti sementara dari T-Max karena mengikuti wajib militer selama 2 tahun. Tentu saja keputusan ini mengejutkan fans mereka.

Untuk mengisi kekosongan dalam T-Max, maka pihak manajemen memutuskan untuk mencari anggota baru, masih pada tahun 2010, T-Max telah merekrut 2 anggota baru yaitu Park Joo Hanbi dan Chanyang. Kini mereka tampil dengan formasi baru yaitu 4 orang.

7. Shinee


SHINee merupakan salah satu boyband korea yang sedang naik daun. Mereka mengusung musik R&B Kontemporer. Kelompok ini dibantuk pada tahun 2008 oleh SM Entertainment yang berjumlah 5 orang yaitu Onew , Jong Hyun, Key, Min Ho, Tae Min. Debut pertama mereka adalah tampil di SBS pada 25 Mei 2008 lalu dengan mempromosikan single mereka yang berjudul "Noona Neomu Yoppeo".

Selama berkarier di dunia musik Korea, SHINee telah berhasil meraih banyak penghargaan. Konser Tour mereka baik di Korea maupun Asia selalu dipenuhi penonton. Kesuksesan itu membawa SHINee membintangi Reality Show. Selain itu Shinee juga dianggap sebagai icon fashion dengan sebutan "SHINee Trend".

Tak ingin disebut jago kandang, kelompok musik ini memilih mencoba untuk menjajal kemampuan musik mereka di Jepang. Mereka menjadi salah satu musisi Korea yang tampil dalam acara MTV Video Musix di negara Sakura tersebut. SHINee juga turut meramaikan sebuah acara musik di Indonesia pada 12 Oktober 2010 lalu. Mereka merasa terkejut karena mendapat sambutan yang luar biasa dari fansnya di Indonesia. Bahkan karena terlalu berantusias, 2 personil SHINee sempat terluka karena ribuan penggemar yang berebutan ingin menyalami mereka.

8. 2PM



2PM adalah boy band Korea Selatan yang berada di bawah manajemen artis JYP Entertainment yang dibentuk pada tahun 2008. 2Pm beranggotakan 7 pemuda yaitu Junsu, fio, Nichkhun, Taecyeon, Wooyoung, dan Chansung dan Jaeboem. Bersama-sama 2AM, 2PM adalah salah satu dari dua subgrup yang dibentuk dari boy band One Day. Grup ini pertama kali melakukan debutnya pada 4 September 2008 dengan lagu "10 Jeom Manjeome 10 Jeom"  yang menonjolkan gaya tari akrobatik dan b-boy.

Selain Nichkhun, anggota 2PM merupakan hasil audisi yang dilakukan JYPE, dan menerima pelatihan keras dari JYPE. Hari-hari pelatihan keras yang diterima mereka dijadikan acara dokumenter pelatihan bintang baru Hot Blood Men yang ditayangkan Mnet. Anggota waktu itu berjumlah 13 orang. Pilihan pemirsa nantinya membuat 3 anggota dikeluarkan. Mereka kemudian dibagi menjadi 2AM yang menonjolkan kemampuan vokal dam 2PM yang menonjolkan kemampuan tari dan B-Boy akrobatik.

Pada awalnya grup ini terdiri dari 7 anggota, namun sekarang hanya terdiri dari 6 anggota. Jaebeom mengumumkan dirinya keluar dari 2PM pada September 2009, setelah adanya kontroversi mengenai komentar negatif yang dibuatnya mengenai Korea lima tahun yang lalu diketahui publik. Jaeboem pergi, itu tak membuat boyband ini terganggu dalam menjalani aktivitas mereka di dunia musik. Justru karier dan popularitas mereka semakin meroket. Boyband ini juga sempat mengunjungi Indonesia dan tampil membawakan beberapa lagunya di JIEXPO Kemayoran pada 19 Maret lalu. Penampilan boyband ini membuat sejumlah penggemarnya histeris.

9. 2Am


2Am merupakan boyband subgrup yang dibentuk dari boyband One Day pada tahun 2008 yang beranggotakan 4 personil yaitu, Jin Woon, Jo Know, Seulong dan Chanming. Single pertama merkea berjudul "This Song' yang diliris pada 21 Juli 2008. Mereka memulai debutnya di pangging pada 11 Juli di tahun yang sama. Setelah itu mereka kembali merilis single pada 19 Maret 2009 dengan judul "Time For Confession".

Jenis musik yang diusung boyband yang di bawah naungan JYP Entertainment ini mengusung lagu-lagu ballad. Mereka merencanakan akan datang ke Jakarta untuk menggelar konser bertajuk "Jakarta Fastatik Pop Festival 2011".

10. Mblaq


Mblaq singkatan dari Music Boys Live in Absolute Quality merupakan sebuah boy band asal Seoul, Korea Selatan yang di dibentuk pada tahun 2009 dan di produseri oleh penyanyi R&B terkenal Rain. Anggotanya berjumlah lima orang, antara lain Seung Ho, Lee Joon, GO, Cheundung, dan Mir. Mblaq sendiri juga berada dibawah payung Jtunes Entertainment, yaitu sebuah agensi yang didirikan sendiri oleh Rain.  Grup ini mulai muncul ke hadapan publik pada 9 Oktober 2009, dan kemudian merilis komposisi tunggal perdananya, "Oh yeah", pada 4 Oktober 2009. Mblaq adalah salah satu band yang telah ditunggu kehadirannya sebelum debut. Salah satu faktor yang memengaruhi adalah Cheundung, yang bernama asli Park Sang Hyun merupakan adik dari salah satu anggota grup penyanyi wanita 2NE1, Sandara Park.

Mblaq telah menjalankan training selama dua tahun, sebelum akhirnya melakukan debut pada Oktober 2009. Sebelum debut pun, anggota Mblaq sudah berkecimpung dibidang entertain. Salah satunya adalah Lee Joon, yang pernah bermain dalam film Ninja Assasin bersama sang Presiden Rain. Lee Joon berperan sebagai Raizo, atau tepatnya Rain versi muda. Anggota lain yang sudah tidak asing, adalah Jung Byung Hee atau G.O yang pernah tergabung dalam trio TY KEYS pada tahun 2007 lalu Selain itu, anggota yang bernama Bang Chul Yong atau yang lebih dikenal dengan nama Mir juga tidak telepas dari kesuksesan sang kakak perempuannya yang merupakan artis ternama Go Eun Ah Chun Doong atau biasa akrab disebut Thunder, adalah adik dari Sandara Park (2NE1).
 
11. JYJ
Boyband JYJ terdiri dari 3 personil yakni Jun Su, Yoo Chun, Jae Joong. Mereka merupakan tiga orang yang hengkang dari boyband TVXQ/DSBK karena masalah kontrak dengan pihak manajemen. Album global pertama mereka bertajuk "The Beginning" yang dilirid pada Oktober 2010 lalu. Boyband ini juga disebut sebagai boyband terkaya di Korea. Hal itu dilihat dari harta kekayaan yang dimiliki para personilnya. Masing-masing anggota memiliki sebuah Villa mewah yang dinilai harganya sekitar US$2,g juta atau sekitar Rp. 22,2 Miliar. Selain itu, mereka juga memiliki mobil mewah seperti Ferrari.

Pengjhasilan yang tinggi diraih boyband ini memang tak mengejutkan. Maklum saja, karena manajemen JYJ tidak melarang artisnya untuk menjalani karier solo. Mereka bebas memilih bidang yang disukainya nulai dari musik, tari dan akting. Pda bulan April lalu, JYJ berniat untuk mampir ke Indonesia dalam rangka tour dunia mereka, tetapi selang beberapa hari pihak manajemen JYJ membatalkan kunjungan mereka ke Indonesia dikarenakan pihak promotor dari Indonesia tidak menyiapkan beberapa hal yang mereka minta selama JYJ berada di Indonesia.

12. Beast 


Beast atau yang juga dikenal sebagai B2ST adalah boyband Korea Selatan dengan 6 anggota, dibentuk pada 2009 oleh Cube Entertainment. Terdiri dari: Yoon Doo Joon, Jang Hyun-seung, Yong Jun Hyung, Yang Yo Seob, Lee Gi Kwang, dan Son Dong Woon. Beast merilis satu album studio Korea, 1 album studio Jepang, 5 album mini dan berbagai singel. Mereka debut pada Oktober 2009, ketika album mini pertama Beast Is the B2ST dirilis. Beast merilis album studio Korea pertama berjudul Fiction and Fact pada 2011, dan menerima triple crown pertama di Mnet M! Countdown untuk singel pemimpin "Fiction". Di tahun yang sama, Beast melakukan debut di Jepang dengan singel debut berjudul "Shock Japan Version".
 
Kelompok ini sebelumnya kurang mendapat perhatian publik, mereka mendapat julukan sebagai "kelompok bahan daur ulang". Berjalannya waktu telah membuktikan boyband ini mampu bersaing di kancah musik korea dan memenangkan penghargaan Bonsang di Seoul Music Awards pada 2011 dan 2012. Beast memenangkan penghargaan Artist of the Year (Daesang) di Melon Music Awards dan Gaon Chart Awards untuk kuartal kedua tahun pada tahun 2011.
 
13. 4Men
 
 
4Men grup vocal beraliran R&B yang bertalenta, boyband yang berdiri pada tahun 1998 ini pada awalnya terdiri dari 4 pria bersuara merdu yang menjadi landasan mereka menamakan boyband mereka dengan sebutan 4Men. Debut mereka di mulai pertama kali pada tahun 2006 dengan mengeluarkan album pertama mereka di Saigon, Vietnam. Mereka juga sering menyanyikan lagu dalam bahasa Vietnam. Meskipun mengalami pergantian personil beberapa kali, musik mereka tetap mengagumkan. Pada tahun 2001, salah satu personil 4Men, Yoo Min Soo mengundurkan diri. Kini 4Men hanya beranggotakan 3 pria dewasa yakni Shin Young Jae, Kim Joo Won dan Young Jae. Belakangan ini 4Men sering mengisi soundtrack drama korea salah satunya yakni soundtrack Secret Garden yang dibintangi oleh Hyun Bin dan Ha Ji Won.
  • Taiwan dan China
 
1. F4 


F4 adalah sebuah kelompok penyanyi dari Taiwan yang beranggotakan 4 pria tampan yaitu,  Jerry Yan, Vic Zhou, Ken Chu, dan Vanness Wu. Mereka pertama kali dikenal lewat serial drama Meteor Garden yang ditayangkan sekitar tahun 2001. Meskipun penayangan Meteor Garden telah selesai, tetapi popularitas F4 masih hangat diperbincangkan. Lalu Produser Meteor Garden, Angie Chai memutuskan untuk membentuk sebuah boyband yang bernama F4.

Pada tahun 2001 dirilis album perdana F4 yang bertajuk 'Meteor Rain' dibawah label Sony Music. Terlepas dari itu, keempat anggotanya telah menempuh karier solo, baik menyanyi maupun akting. Pada April 2007, diumumkan bahwa nama kelompok ini diubah menjadi JVKV atas permintaan dari Shueisha, pemilik hak cipta Hana Yori Dango, komik yang menjadi basis cerita Meteor Garden, karena dikhawatirkan akan terjadi kebingungan dengan tokoh-tokoh dalam sebuah drama televisi Jepang yang juga merupakan adaptasi komik tersebut. F4 sendiri merupakan inisial dari nama keempat anggota kelompok musik ini.

2. Fahrenheit


Fahrenheit adalah boyband beranggotakan 4 orang dari Taiwan. Setiap anggota melambangkan musim tiap tahun sesuai dengan kepribadian mereka. Calvin Chen adalah musim semi (77 derajat), Jiro Wang adalah musim panas (95 derajat), Wu Zun adalah musim gugur 59 derajat), dan Aaron Yan adalah musim dingin (41 derajat). Kelompok ini merilis album pertama mereka pada bulan September 2006. Ketiga album grup telah mencapai nomor 1 atau nomor 2 pada tangga lagu pop Mandarin. Popularitas Fahrenheit meningkat secara bertahap sampe menyebar ke seluruh Asia Tenggara.

3. Top Combine


Top Combine adalah salah satu boyband pertama yang muncul dari Cina daratan. Kelompok ini terdiri dari 5 anggota keturunan Cina dan Korea. Empat dari lima anggota kelompok adalah kontestan dari acara TV Super Boy. Top Combine memulai debutnya pada bulan Oktober tahun 2008 dengan single “Arrival”.  Top Combine beranggotakan yakni Zhang Yuan (Bird), Li Mao (Caesar), Ma Xueyang (Mars), Liu Zhoucheng (Kenny),  Jin Ensheng (Tanas)


5 comments:

  1. Yang jelas backtreet boys yang terbaik,nga ada yang gay

    ReplyDelete
  2. Yang jelas backstreet boys paduan suaranya baik.dan suara suara setiap personilnya memiliki
    Ciri khas yang berbedA,saya seorang
    Pengamat musik,dan suara suara tinggi AJ dan Nick carter tidak adA biasa menyamai dari boyband sejenis

    ReplyDelete
  3. Penjualan album backtreet boys adalah yang paling tinggi di dunia,dan mSih eksis sAmpai Tahun.2015
    dan lagu lagunya pun bukan jiplakan
    Masih banyak lagu backstreet boys yang tidak populer yang bagus bAgus,

    ReplyDelete
  4. Penjualan album backtreet boys adalah yang paling tinggi di dunia,dan mSih eksis sAmpai Tahun.2015
    dan lagu lagunya pun bukan jiplakan
    Masih banyak lagu backstreet boys yang tidak populer yang bagus bAgus,

    ReplyDelete
  5. Yang jelas backtreet boys yang terbaik,nga ada yang gay

    ReplyDelete

Thanks sudah mampir di blog saya, jangan lupa tinggalkan komentar ya...Trims....:)