Wednesday, June 01, 2011

Meong! Jenis - Jenis Kucing



Kucing merupakan salah satu hewan yang disukai oleh manusia untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan, selain itu kucing juga dekat dengan manusia. Gemes dech ngeliat tingkah laku kucing. Disaat pikiran sedang ruwet, bermain dan membelai hewan peliharaan terutama kucing dapat menenangkan hati dan pikiran. Berikut jenis- jenis kucing berdasarkan jenis (ras) kucing.

Terdapat 155 jenis (ras) yang populer diakui oleh asosiasi/federasi/organisasi di dunia, (FIFE, CFA, WCF, TICA, GCCF, LOOF, ACFA, CCA/AFC, SACC, CCCA, AACE, ACF, NZCF, CATZ, CFF, WNCA).  

Sedangkan asosiasi/club kucing di Indonesia, yaitu ICA, CFI, dan CFSI, mengacu ke asosiasi internasional tsb (khususnya ke FIFE, CFA, dan TICA).


Ras (jenis) kucing di bedakan berdasarkan bulunya (rambut). Dengan demikian ras Kucing dapat dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu rambut panjang (longhair), rambut pendek (shorthair) dan rambut sedang (semi-longhair). Setelah itu ras kucing juga dibedakan menurut mutasi genetik yang terbentuk. Lalu mucullah ras kucing baru yang merupakan hasil dari perkawinan silang. Berikut beberapa ras kucing diantaranya.

1. Kucing Persia


Kucing ini merupakan jenis berbulu panjang yang paling populer. Kucing persia akan sangat senang hidup sebagai kucing rumahan. Mereka bisa akrab dengan kucing lain, binatang lain dan anak-anak. Kucing persia sangat responsif dan menjadi sumber kebahagiaan bagi pemiliknya. Sesuai dengan namanya kucing ini berasal dari Persia (sejak tahun 1935 disebut Iran) memiliki warna dan pola bulu  yang beragam.  Umumya kucing Persia memiliki Sikap yang manis, tenang dan penyayang dan pendiam. Berdasarkan bulunya, kucing persia terbagi menjadi 2 tipe yatiu yang berbulu panjang dan yang berbulu pendek. 

Lalu apa perbedaan antara kucing persia dan kucing Anngora?. 
Kucing Anggora berasal dari kota Angora (pada tahun 1930 disebut Ankara, Turki). Memiliki ciri-ciri badan tegap, tinggi dan langsing, bulu hanya panjang disekitar leher, perut dan ekor, hidung mancung. Pada umumnya kucing persia memiliki ciri-ciri kepala dan mata yang besar dan bulat, hidung pesek dan lebar, bulu panjang, tebal dan mengkilap menutupi seluruh badan.

2. Kucing Ragdolls

Kucing ini merupakan kucing yang paling patuh dari semua jenis kucing. Diberi nama Ragdolls karena kebiasaan khas mereka yang suka berbaring di lengan kita. Kucing ini sangat penyayang dan ramah sehingga bisa menjadi hewan peliharaan kita yang sangat baik. Pada umumnya berwarna cokelat tua, abu-abu dan variasi putih. Memiliki sikap yang sangat tenang, cepat beradaptasi dan akrab dengan pemiliknya, cerdas dan sopan. Sangat sesuai untuk teman bermain anak-anak. Memiliki ciri-ciri besar, bertulang tebal, berat. Kucing ini memiliki bahu, dada, dan cakar yang lebar. Bulu-bulunya panjang dan tebal terutama disekitar leher. Matanya biru, bulat dan besar. Bulu kaki di kaki belakang lebih panjang dari pada yang didepan.

3. Kucing Egyptian Mau


Kucing yang mengagumkan ini adalah satu-satunya jenis alami dari kucing tutul. Berasal dari Mesir. Memiliki warna perak, perunggu, hitam dan biru. Perangainya sanagt aktif,cerdas dan menghibur. Ciri yang berbeda dari kucing lainya yaitu bentuk pol bulu yang berbintik atau tutunya yang kehliatan kontras dengan warna tanah. Tutul gelap tersebar secara sembarang. Kaki dan ekor sama-sama memiliki warna yang lebih gelap. Kucing ini memiliki mata hijau yang ekspresi, seperti memiliki garis mata yang khas, dan ekspresi cemas waspada di wajahnya.

4. Kucing Abbyssinian


Kucing ini merupakan salah satu jenis yang paling populer. Kucing Abyssinian yang besar dan tegap kemungkinan besar pernah menjadi hewan yang dipuja di masa lampau Mesir. Kucing ini juga memperoleh popularitas yang banyak di pertunjukkan kucing, kebanyakan menyangkut keunikan warna bulunya. Mereka biasanya sangat cocok dengan anak-anak dan hewan peliharaan lain. Kucing ini berasal dari Mesir (Etiopia) memiliki warna yang kemerah-merahan, biru dan mirip anak rusa. Memiliki sikap yang cerdas, aktif, suka bermain dan merupakan kucing yang ramah dan rasa ingin tahu akan hal baru. Kucing Abyssinian memiliki bentuk tubuh yang luwes dan berotot. Memiliki kepala yang besar, telinga yang besar dan tajam. Memiliki mata yang ekspresif. Lingkaran gelap pada kelopak mata menonjolkan mata dan membuat kucing tersebut seperti memakai eyeliner hitam. Tubuhnya panjang dan berotot, dengan kaki-kaki yang yang langsing dan tulang yang kuat.

5. Kucing Birman Cat 


Dikenal sebagai kucing keramat Birma. Sangat tampan dengan pola warna menarik dan jari-jari kakinya yang putih bersih. Kucing Birma masih termasuk jenis yang langka. Kucing ini berasal dari Birma, memiliki warna yang bervariasi seperti hitam, cokelat dan lilac. Memiliki perangai yang cerdas dan lincah, dan memiliki daya tarik yang kuat dan sangat cocok dengan anak-anak atau hewan lainya.

Kucing Birma merupakan kucing yang besar dengan bulu panjang lembut yang cenderung melambai di bagian perut dan tidak kusut. Terdapat bulu yang lembut di bagian leher. Tubuhnya pendek gemuk, kaki-kakinya kokoh dan cukup panjang. Cakarnya bulat, tegap, dan agak besar jika jari-jarinya didekatkan. Ekornya cukup panjang dan lebat. Matanya biru sipit. Kepala yang lebar bulat memiliki daerah yang rata di depan telinga yang lebar.

6. Kucing Turkish Van


Turkish Van adalah kucing yang mandiri. Bulu-bulu mereka yang indah selembut sutra membuat kita senang untuk merawatnya, dan kesenangan mereka bermain air sangat menghibur kita. Kucing ini berasal dari Turki, memiliki warna yang sangat bervariasi. Perangainya lembut, pintar aktif, dan suka bermain. Bulu-bulunya putih bersih. Warna yang muncul hanya di dekat ekor dan kepala yaitu warna hitam, biru, cream, merah. Bagian wajahnya sebagian bernuansa putih. Tubuhnya tebal dan kuat. Mata yang besar, bulat, sipit dan angkuh. Ekornya panjang dan lebat, telinga besar terletak si bagian atas kepala.

7. Kucing Turkish Anggora


Cara bergerak yang lemah gemulai adalah ciri dari Anggora. Bulunya yang selembut sutra, tubuh yang elegan panjang, telinga menunjuk yang tegak lurus dan mata besar cerdas membuat Anggora sangat dihargai kecantikan dan keanggunannya. Memiliki warna yang putih bersih, sebagian besar warna dan pola muncul kecuali merupakan hasil kawin silang seperti warna cokelat dan lembayung. Memiliki perangai selalu siaga, setia, cerdas.

Memiliki ciri-ciri tubuh yang panjang, telinga besar dan menunjuk, mata besar berbentuk kacang almond. Bentuk kepala sepenuhnya berbeda. Anggora memiliki kepala yang kecil berbentuk baji pada leher yang panjang, ramping, dan anggun. Kaki-kakinya panjang, cakar bulat dan cantik, serta ekor yang panjang dan runcing. Anggora bergerak sedikit lemah gemulai seperti penari. Anggora memiliki bulu yang panjang dan indah pada ekor dan sekeliling lehernya.

8. Kucing Maine Coon


Nama jenis kucing Maine Coon sendiri berasal dari nama negara bagian di USA, Maine. Tapi asal usul dari kucing ini sama sekali tidak diketahui. Yang ada hanya dongeng dan mitos saja. Kucing Maine Coon mampu bertahan dalam salju dan udara dingin sekalipun karena memiliki bulu yang tebal dan anti air, ditambah terdapat bulu yang sangat tebal di bagian kaki, perut kemudian leher.

Jenis kucing ini memiliki badan yang besar. Untuk kucing jantan saja beratnya antara 6-9 kg. Sedangkan untuk kucing betina 4-6 kg. Maine Coon juga memiliki mata dan telinga besar mencerminkan kemampuan penglihatkan dan pendengaran yang lebih.

Secara umum ciri-ciri kucing Maine Coon adalah sebagai berikut :  Badan besar dan panjang serat agak berbentuk segi empat. Memiliki tulang dan otot yang kuat. Mata lebar (oval).  Telinga besar (lebar di bawah). Dahi melengkung, Otot pipi sangat menonjol. Hidung lebar dan melengkung di ujungnya. Ekor panjang dan lebar, bulunya tebal dan tahan air (sedikit berminyak).
9. Kucing Manx


Jenis kucing ini berasal dari britania raya tepatnya di sebuah pulau kecil bernama Isle of Man. Dan sudah dikenal disana, bahkan sebelum lahirnya Cat Fancy pada tahun 1870.  Kemudian mulai populer di Amerika Serikat pada tahun 1930. Saking tuanya ada banyak mitos yang menyertai perjalanan hidup dari Kucing Manx. Kucing Manx ini tidak mempunyai ekor, bahkan kalaupun mempunyai, itu juga sangat pendek. Berikut beberapa ciri ciri kucing manx yang khas : Kepala bundar, pipi menonjol, Mata besar, leher pendek. Mempunyai telinga dengan ukuran sedang. Memiliki dada lebar, tulang punggung melengkung (sampai pinggul), bulunya terdiri dari pendek dan tebal.
10. Kucing Munchkin


Salah satu dari banyak ras kucing adalah ras Munchkin. Ciri khusus dari  Jenis kucing ini adalah berkaki pendek. Walaupun memiliki kaki pendek tetapi tidak ada masalah maupun gangguan pada tulang punggungnya. Sifat dari jenis kucing ini adalah sangat suka bermain. Pokoknya enaklah kalau diajak main-main sama majikannya. Ini dikarenakan Munchkin mudah beradaptasi dengan manusia maupun hewan yang lain.

11. Kucing Cymric


Salah satu ras kucing adalah Cymric. Karateristik sifatnya menurut beberapa orang sedikit mirip dengan anjing yaitu suka menggeram terhadap sesuatu yang mengganggunya. Sifatnya yang lain adalah menyukai benda-benda yang bersinar seperti cahaya. Cymric dari sisi fisiknya mirip dengan jenis kucing Manx. Yang membedakannya hanyalah panjang bulunya. Bahkan karena miripnya ada yang menduga bahwa ras kucing ini adalah hasil persilangan antara Manx dengan Persia.

12. Kucing Bombay


Kucing ras Bombay (American/British Bombay, Australian Bombay) ini awalnya dikembangkan di Amerika Serikat, merupakan kucing hasil kawin silang dan hybrid dari kucing ras American Shorthair dengan kucing ras Burmese. Kucing Bombay ini bertubuh medium, termasuk jenis shorthair (berbulu pendek), dengan warna hitam pekat. 

Kucing ini mempunyai penampilan yang sangat mirip dengan macan kumbang hitam. Berbulu pendek dengan warna hitam gelap gulita, mengkilat, bulunya sehalus satin. Bahkan hidung dan kulitnya serta cakarnya juga berwarna hitam. Tubuhnya berukuran sedang, namun kokoh dan berotot, sehingga saat ditimbang lebih berat dari kelihatannya. Bentuk hidungnya bulat dan tidak terlalu pendek. Oleh karena kemiripannya dengan macan kumbang hitam, maka kucing ras Bombay kadang disebut juga "Little Black Panther" (macan kumbang kecil). 

Kucing ras Bombay ini kepribadiannya sangat lembut, sangat suka dengan manusia, dan bersikap anggun serta tenang. Kalau tidur, kucing ini suka tidur dengan posisi melingkar (memeluk dirinya sendiri) agar tubuhnya tetap hangat, bila ada selimut, dia akan berusaha tidur di bawah selimut. Mereka sudah mencapai kematangan saat berusia 5 bulan (lebih muda atau lebih cepat mencapai kematangan dibandingkan kucing lain yang biasanya pada usia 8 bulan). 

13. Kucing Siamese


Siamese adalah salah satu yang pertama jelas diakui kucing Oriental breeds. Kucing ini berasal dari Asia Tenggara.  Memiliki tubuh yang ramping, dan tubuh berotot. Kepala berbentuk segitiga, dengan moncong tipis. Telinga yang besar dan bulu yang pendek, mengkilap, halus, lembut, ketat. Kucing ini sangat komunikatif, dan sangat ingin diperhatikan. Sikapnya periang dan akan sedih jika diabaikan. Jenis kucing ini dan sangat setia dan dekat dengan satu orang. Mereka sangat cerdas dan penuh kasih...

14. Kucing Savana


Kucing Savana ini memiliki postur tubuh yang lebih besar dibangingkan kucing lain pada umumnya. Kucing ini merupakan perkawinan silang antara serval dan kucing domestik. Savana memiliki sikap yang patuh dan setia seperti anjing. Mereka juga dapat dilatih untuk berjalan di atas tali. Savana yang sangat ingin tahu, dan telah dikenal masuk ke dalam segala macam hal. Kucing jenis ini telah sering belajar bagaimana untuk membuka pintu dan lemari. Savana merupakan kucing yang tidak takut dengan air. Beberapa pemilik bahkan mandi dengan kucing mereka Savana.

15. Kucing British Shorthair  


Ras British Shorthair merupakan kucing keturunan yang dibawa ke Britain oleh Roma kemudian di silangkan dengan kucing liar asli. Kemudian hasil persilangannya disilangkan kembali dengan ras Persia untuk meningkatkan ketebalan mantel rambutnya. British Shorthair adalah kucing sangat kuat, orang mendeskripsikan bentuk tubuh ras kucing ini berbentuk "persegi". Mereka Memiliki karakter yang stabil dan termasuk kucing indoor. Perbedaanya dengan British Longhair hanya pada bulunya yang panjang.

16. Kucing Scottish Fold
 


Ras dari kucing dengan gen dominan yang mengalami mutasi mengakibatkan tulang rawan telinganya melipat. Telinga ras kucing ini terlihat membungkuk ke depan dan ke bawah ke arah depan kepala mereka sehingga kucing sering digambarkan seperti " burung hantu.
 

17. Kucing Russian Blue
 


Ras kucing ini memiliki mantel rambut berwarna biru-perak. Memiliki mantel rambut terlihat indah, dan meskipun pendek sehingga tidak memerlukan perawatan yang rutin. Postur kucing ini lentur dan atletis, berukuran sedang, dengan telinga besar dan mata biasanya berwarna emas-hijau. Kucing ini dikenal sangat cerdas dan lucu tapi cenderung pemalu di sekitar orang-orang asing. Ras kucing ini memiliki rasa suka penasaran, menyenangkan dan setia, agak pemalu terhadap orang-orang asing sekitarnya atau dalam lingkungan asing.

18. Kucing Snow shoe


Ras Snowshoe adalah ras kucing yang jarang dan relatif baru berasal dari amerika serikat. Ras hasil persilangan siam dan amerika Shorthair ini memiliki karakteristik yang unik, yang menarik adalah keempat kaki ras kucing ini terlihat seperti kucing yang sedang memakai sepatu salju yang berwarna putih selain itu muka kucing ini terlihat seperti memakai topeng. Snow shoe tidak takut air dan dapat berenang pada suatu kesempatan. Meskipun sangat aktif, ras kucing ini tidak gelisah dan sering berada pada tempat yang tinggi.
 

19. Kucing Korat
 


Ras kucing ini berasal dari Thailand, provinsi Nakhon Ratchasima (Korat, sebutan orang Thailand), dihormati sebagai pembawa keberuntungan bagi penduduk lokal. Memiliki mantel rambut tidak panjang, aktif lincah dan suka berinteraksi dengan manusia.
 

20. Kucing Australian Mist
 


Ras Australian Mist (sebelumnya dikenal sebagai Spotted Mist) adalah ras yang dikembangkan di Australia. Ras ini dikembangkan dengan menyilangkan kucing ras Busma, ethiopia dan ras kucing Domestik Shorthair. Diharapkan diperolehnya ras kucing shorthaire dengan mantel rambut spot-spot. Perubahan nama dari 'Spotted Mist' menjadi 'Mist Australia' terjadi pada tahun 1998. 

Pola mantel bulu terdiri dari memiliki tiga corak warna. Warna dasar: lebih pucat dari pola. Warna pola: lembut meskipun berbeda dari warna dasar. Tampak seperti memakai kerudung, disebabkan dengan adanya pencampuran area acak dari masing-masing pola. Kaki dan ekor memiliki pola cincin dan wajah serta leher juga memiliki corak garis-garis halus.
 

21. Kucing Exotic Shorthair







Ras kucing ini pada dasarnya merupakan ras kucing Persia. Memiliki mantel rambut yang lebih pendek bila dibandingkan dengan nenek moyangnya sendiri Persia. Sehingga jauh lebih mudah perawatan bulu ras kucing Persia. Selain itu, tidak mengherankan bila kucing ras ini mewarisi sifat dari Ras kucing Persia. Karakter kucing ini tubuh kompak bulat yang dibangun dengan tubuh kuat, mata bulat besar, hidung pesek pendek, ekspresi wajah manis, dan telinga kecil. Menurut bulunya, jenis kucing ini terdiri dari 2 jenis. Exotic Shorthair dan Exotic Longhair.

22. Kucing Cornish Rex


Ras kucing domestik. Cornish Rex tidak memiliki rambut kecuali bagian bawah. Kebanyakan kucing ini memiliki tiga jenis bulu pada tubuh mereka. Bulu luar atau rambut pelidung sekitar 5 cm (shorthairs). Lapisan menengah disebut  rambut awn sekitar 10cm (longhairs). Lapisan bawah sangat baik dan sekitar 1 cm. 

23. Kucing Devon Rex


Kucing ras yang muncul pada 1960-an di Inggris. Dikenal karena penampilan mereka aneh, mencolok dan lucu, sifat ramah. Devon Rex merupakan kucing ras yang memiliki kesamaan dengan Cornish Rex. Tidak seperti kebanyakan kumis kucing, kumis Devon Rex sangat pendek dan sering meringkuk atau mengkeriting sedemikian rupa seolah-olah Devon Rex tidak memiliki kumis. Devon Rex memiliki tubuh panjang, kaki kokoh sangat cocok untuk lompatan jauh, dan jari kaki mereka luar biasa besar.


24. Kucing Siam




Ras Siam merupakan ras dengan asal keturunanya kurang diketahui tetapi diyakini berasal dari asia tenggara dan dikatakan turun dari Kuil Suci (Thailand). Karakteristik ras kucing ini elegan, ramping, bergaya, fleksibel dan tubuh berotot. Kepala berbentuk segitiga, dengan moncong tipis, Mata berbentuk seperti almond dan miring, telinga besar dan tipis, memiliki leher , tubuh dan ekor yang panjang. Bulu pendek, mengkilap, halus, lembut.

25. Kucing Singapura




Ras kucing ini merupakan salah satu ras kucing yang terkecil, terkenal karena mata dan telinga yang besar, mantel Rambut cokelat dan ekor ramping sedikit lebih pendek dari panjang tubuh dan ujungnya tumpul. Karateritik selalu aktif, penasaran dan lucu, selalu berkeinginan berinteraksi dengan manusia. Selain itu, ras ini memiliki kecenderungan untuk bertengger di tempat-tempat yang tinggi, agar mereka dapat melihat lebih keadaaan di sekitarnya.

26. Kucing Tonkinese


Ras kucing ini merupakan keturunan Siam dan Burma. Dengan karakter aktif, ramah, sering berinteraksi, dengan kepribadian suka hidup berkelompok. Jangan takut jika Tonkinese melompat di bahu Anda, karena merupakan ras yang menyukai ketinggian. Ras ini memiliki karakter lebih mirip Burma sedangkan temperamen dari Siam. Suara mereka juga kurang tajam seperti halnnya Siam, tetapi Tonkinese lebih dikenal dengan sebutan Tonks kebanyakan merupakan ras kucing yang dapat berinteraksi dengan baik dengan sekitarnya.
 
27. Kucing Burmilla



Burmilla adalah jenis kucing domestik yang berasal dari Britania Raya pada tahun 1981. Merupakan hasil persilangan antara Persia Chinchilla dan Burma. Mulai diproduksi pada tahun 1984 dan ras kucing ini memperoleh status kejuaraan di Britania Raya pada 1990-an. Burmilla bisa memiliki berbagai warna yaitu biru, sampanye, coklat, cream, ungu, platinum hitam dan merah. Ras ini juga bisa memiliki corak seperti kura-kura, dengan warna termasuk hitam, biru,coklat coklat dan ungu.

28. Kucing Bengal


Bengal merupakan ras kucing baru hasil hibrid antara Asia Kucing Leopard dan kucing domestik - terutama Maus Mesir , American Shorthair , Abyssinian , Ocicat, dan kucing shorthaired dalam negeri, serta Bengal jantan generasi selanjutnya. Kucing Bengal memilik ciri atau tanda-tanda corak , seperti bintik-bintik besar, seperti mawar, dan putih, dan struktur tubuh dari Asian Leopard Cat (Prionailurus bengalensis bengalensis). Kucing Bengal memiliki penampilan seperti ras kucing liar tetapi berkarakter temperamen lembut seperti kucing domestik .Nama kucing Bengal berasal dari nama taksonomi dari Asian Leopard Cat (P. b. bengalensis), dan tidak ada hubungan harimau Bengal.

29. Kucing Japanese Bobtail




Ras kucing yang tidak biasa karena terkenal akan erkornya 'bob', ekornya lebih kecil menyerupai ekor kelinci. Bobtail adalah hasil mutasi genetik yang disebabkan oleh ekspresi dari gen resesif. Dengan demikian, bila kedua induk memiliki bobtails, bisa dikatakan semua anak kucing akan lahir memiliki bobtails juga. Ras Japanense bobtail adalah kucing asli domestik kecil untuk are Jepang dan Asia tenggara, meskipun sekarang ditemukan di seluruh dunia. 


Ras ini telah dikenal di Jepang selama berabad-abad, dan ada banyak cerita, serta potongan seni kuno, yang berada di masyarakat jepang. Pola putih tebal dan pola mencolok, merah dan hitam adalah warna pilihan untuk kucing meskipun warna solid bisa saja terjadi ras kucing ini terlihat atletis.

30. Kucing Oriental Shorthair


Oriental Shorthair merupakan ras kucing yang mengabungkan Ras Siam dengan keragaman corak warna dan pola.
Oriental Shorthairs cerdas, makhluk sosial yang memiliki ikatan erat dengan orang-orang mereka. Ras ini selalu ingin tahu, ramah, emosional, dan suara yang lembut, mendengkur sangat keras ketika bahagia. Ras kucing ini dapat ditemukan dalam warna dasar (putih, merah, krem, hitam, biru, cokelat, lavender, kayu manis, atau coklat kekuningan), terdapat lebih dari 300 warna dan pola kombinasi yang lain.
 
31. Kucing Burmese Cat


Burma dianggap sebagai shorthair asing di Amerika Serikat. Warna mata mereka berwarna emas atau kuning. Walaupun antar pembiakan dengan Siam dapat mengakibatkan biru atau hijau. Kucing ini memiliki bulu yang pendek sehingga tidak memerlukan perawatan tambahan. Kucing Burma cenderung memiliki suara seperti kucing siam. Mereka bisa benar-benar terikat dan percaya dengan pemilik mereka.

32. Kucing The Sphynx


Ras kucing The Sphynx (juga dikenal sebagai kucing Kanada Meksiko) adalah jenis kucing yang dikenal karena kurangnya bulu. The Sphynx tampaknya kucing berbulu, tetapi tidak benar-benar berbulu. Tekstur kulit menyerupai kulit Chamois. Untuk membuat tubuhnya agar tetap hangat kucing sphynx suka merangkul terhadap hewan lain dan manusia. Mereka bahkan sering berpelukan dan tidur dengan pemilik mereka di bawah selimut.

Karena kurangnya bulu, Sphynx hanya memerlukan proses pencucian biasa karena tidak ada bulu untuk menyerap minyak alami di kulit mereka. Sphynxes dikenal karena perilaku ekstrovert mereka. Mereka menampilkan tingkat tinggi energi, kecerdasan, rasa ingin tahu, dan kasih sayang kepada pemiliknya. Kucing ini memiliki mata yang luar biasa besar.
 
33. Kucing Balinese


Kucing Balinese ini tidak berasal dari Indonesia. Sebenarnya, ras Balinese adalah keturunan ras kucing Siam dengan rambut panjang. Lama hidup ras kucing Balinese antara 18-21 tahun lamanya. Menurut "Encyclopedia of Cat Breeds" oleh J. Anne Helgren 1997 Barron's Educational Series Inc, skala penilaian pada kecerdasan dan sifat-sifat lainny. Siam dan ras Balinese menempati peringkat 9-10 tertinggi dengan nilai skala 1 sampai 10 . Kucing ras Bali memiliki nilai tertinggi dalam tingkat intelijensi dari semua keturunan ras kucing berambut panjang lainnya.

34. Kucing Chinchilla


Ras kucing chinchilla memiliki kekerabatan dengan kucing Persia. Chinchilla dikenal sebagai "silver cat", mungkin disebabkan ras kucing ini memiliki mantel rambut berwarna putih. Bekepribadian lembut, sifat pendiam, sangat tenang dan senang berbaring.

35. Kucing Himalaya


Ras kucing Himalaya merupakan ras kucing hasil persilangan antara ras kucing Siam dengan Persia sehingga diharapkan menghasilkan peranakan dengan tipe tubuh Persia tetapi pola warna rambut kucing Siam. Di Eropa mereka disebut sebagai Colourpoint Persia.

 
36. Kucing Norwegian Forest




Norwegian Forest Cat merupakan ras kucing domestik asli Eropa utara, dan beradaptasi dengan cuaca dingin. Di Norwegia ras ini dikenal sebagai skogkatter.  Ras kucing ini memiliki bulu yang panjang dan tebal. Daerah telinga dan diantara kaki memiliki rambut tebal, serta rambut ekor yang panjang dan tebal sehingga sangat berguna melindungi mereka dari cuaca dingin. 

 
37. Kucing Tiffanie


Kucing Tiffanie merupakan kucing Semi-long hair yang merupakan ras kucing mirip dengan ras kucing asia Shorthair kecuali yang memiliki rambut Semi-long hair bukan short-hair. Kucing ini biasanya dikenal dengan nama Tiffanie. Seperti ras Asia Shorthair, ras kucing ini dikembangkan di Britania. Kucing Tiffany memiliki kepribadian yang terlalu aktif, setia, ramah, sedikit waspada terhadap sekitarnya.

38. Kucing Siberian





Kucing Siberian merupakan ras domestik dari rusia. Ras kucing ini memiliki kesamaan terhadap ras kucing jenis Maine Coon dan Norwegian Forest Cat, yang merupakan ras kucing alami dan ras kucing nasional Rusia. Siberia ini mirip anjing. Kucing ini dengan setia akan datang menyambut kedatangan pemiliknya dengan suara unik dari mereka. Ras kucing ini tampaknya terpesona dengan air dan cenderung suka menjatuhkan mainan di dalamnya. Ras kucing ini ramah, energik dan cerdas.

39. Kucing Somalia


Kucing Somalia adalah salah satu ras kucing yang senang dimanja. Ras kucing ini lebih suka berada di pangkuan anda dan sangat suka dibelai. Ras kucing Abyssinians dan Ras Somalia memiliki kepribadian yang sama (aktif, cerdas, ceria, ingin tahu). Satu-satunya perbedaan antara mereka adalah bulu panjang dan karenanya memerlukan perawatan yang rutin

40. Kucing Ocicat


Ocicat cat merupakan jenis kucing yang masih jarang ditemui dan merupakan jenis kucing yang baru yang memiliki bintik-bintik menyerupai kucing liar dan perangai seperti kucing domestik. Spesies ini sebenarnya merupakan campuran dari Siam dan Abyssinian , dan juga Shorthairs Amerika.


Jenis kucing di bawah ini merupakan kucing liar yang langka dan jarang di jumpai.

Ppallas's Cat


Pallas’s The Cat (Otocolobus manul) disebut juga “Manul”. Hanya seukuran kucing domestik, tapi tampaknya lebih berat karena bulu yang padat. Pallas’s The Cat berbeda dari kucing lain, memiliki mata bulat, gigi yang lebih sedikit, memberikan penampilan yang berwajah relatif datar.

Kucing ini berkisar dari Eropa Timur ke Siberia, menjelajahi ketinggian lebih tinggi dari Timur Tengah dan Asia. Kucing ini dianggap sebagai spesies kucing tertua, yang berkembang sekitar 12 juta tahun yang lalu. Meskipun kucing ini jarang di temukan. Tetapi kucing ini menjadi populer karena sering digunakan untuk foto populer dari sebuah poster.

Andean Mountain Cat

 
The Andean Mountain Cat (Leopardus jacobita) sangat jarang terlihat, habitatnya terbatas di pegunungan Bolivia, Peru, Argentina, dan Chile pada ketinggian di atas garis pohon. Populasi total diperkirakan hanya sekitar 2500. Kucing ini tumbuh hampir sebesar kucing rumah, dengan ekor tebal panjang yang bisa memberikan keseimbangan yang berguna untuk melakukan manuver di sekitar pegunungan.

Margay


Margay (Leopardus wiedii) menyerupai kucing rumahan, tetapi lebih kecil dari kucing rumah. Margay juga memiliki kaki yang relatif lebih panjang dari seekor kucing rumah dan merupakan pemanjat pohon yang sangat baik. Kucing ini tersebar di wilayah membentang dari Mexico ke bawah melalui Brazil. Spesies ini mulai terancam dan jarang terlihat, karena hanya berburu di malam hari dan tetap tersembunyi di hutan hujan.

Fishing Cat


Fishing Cat (Prionailurus viverrinus) terdapat di asia selatan dan Asia Tenggara. Kucing ini ebih suka tinggal di dekat air, yang tentu saja untuk mencari ikan. Ia adalah kucing perenang pertama dari keluarga kucing. Kucing ini terdaftar sebagai hewan yang terancam punah karena habitatnya sedang dihancurkan sebagai lahan basah yang dikeringkan untuk digunakan manusia.

Serval


Serval (Leptailurus serval) adalah salah satu jenis kucing liar Afrika yang berkaki panjang yang diyakini sebagai nenek moyang kuno dari singa dan cheetah. Kucing Ini mendiami wilayah padang savana Afrika. Kucing ini memiliki kepala kecil dan kaki panjang yang sangat efisien untuk mengejar mangsa. Mereka juga sangat cerdas. Serval adalah kucing liar yang paling sering dipelihara sebagai hewan peliharaan rumah.

Caracal


Caracal memiliki penampilan khas Amerika Utara, kucing ini tumbuh dengan baik, dan hidup di Afrika dan Asia. Kucing ini tumbuh dengan panjang sekitar tiga meter. Caracal lebih suka hidup di gunung atau daerah gurun, dan dapat bertahan hidup tanpa air lebih lama daripada kucing lainnya. Walaupun jarang terlihat. Caracal masih terdapat banyak di alam liar, dan kadang-kadang dibawa sebagai hewan peliharaan.

African Golden Cat


African Golden Cat (Profelis aurata) tidak selalu berwarna emas. Bahkan, warnanya sangat bervariasi antar individu, mulai dari emas kemerahan menjadi abu-abu gelap dengan tanda khusus pada beberapa kucing dan dada yang lebih terang. Kucing ini juga dapat berubah warna selama siklus hidupnya. Golden Cat asli hidup di hutan hujan Afrika khatulistiwa. Kucing Ini jarang terlihat, tumbuh panjang 30-32 inci dan beratnya sampai 40 kilogram. Golden Cat diklasifikasikan sebagai hewan hampir terancam punah.

Sand Cat


Sand cat (Felis margarita) tinggal di padang pasir Afrika, Semenanjung Arab, dan Asia Barat. Ukurannya sama seperti kucing domestik, namun dengan bulu yang lebih tebal. Sand cat memiliki kepala lebar dan bulu tumbuh di antara kaki, kelebihan yang sering ditemukan pada kucing Arktik. Tujuannya untuk adaptasi kaki terhadap lingkungan. Kucing ini terdaftar sebagai hewan terancam punah, pemburuannya dilarang di banyak negara. Ya ampun gemes banget aku ngeliat nich kucing, imut sangat rupanya. Pengen dech punya kucing peliharaan Sand Cat.


Kira-kira kucing dirumahku, jenis kucing yang mana ya? Karena banyak jenisnya jadi pusing mau ngebedainnya. Kalo teman-teman kucingnya jenis apa?


Dari berbagai sumber, untuk lebih lengkapnya bisa dilhat di www.kucing.biz


1 comment:

  1. Therefore, make sure you set the system up correctly.
    The Fiji crested iguana, Brachylophus vitiensis,
    is now listed as Critically Endangered on the IUCN Red List.
    Since salamanders are amphibians, they would rather choose moist and damp areas to live.


    my page: green iguana proper care as well as nourishing

    ReplyDelete

Thanks sudah mampir di blog saya, jangan lupa tinggalkan komentar ya...Trims....:)