Wednesday, June 08, 2011

Bintang Korea Yang Tewas Bunuh Diri


Dunia artis terkenal dengan dunia yang gemerlap dan menyenangkan. Berpenghasilan besar, terkenal, dipuja, dan mempunyai banyak fans menjadi daya tarik dalam dunia keartisan. Mungkin itu yang terlihat diluarnya saja, tekanan dan juga pesaingan tak lepas dari dunia yang serba gemerlap ini, tak jarang banyak artis mengalami depresi dan memilih jalan untuk mengahkiri persoalan hidupnya dengan bunuh diri seperti yang banyak dilakukan para aktris maupun aktor korea berikut ini :

1.  Lee Eun Joo


Lahir : 16 November 1980
Wafat : 22 Februari 2005

Pada 22 February 2005 malam hari Lee Eun Joo melakukan bunuh diri di apartementnya, di Bundang, Seongnam, hanya selang beberapa hari setelah ia lulus dari Universitas Dankook. Ia meninggal di usianya yang ke 24 tahun, dia menggorok pergelangan tangannya sendiri lalu setelah itu baru ia menggantung diri di apartementnya. Keluarganya mengatakan bahwa ia bunuh diri karena depresi berat dan mentalnya agak terganggu, dan mengatakan ia juga menderita insomnia karena melakukan adegan telanjang di film “The Scarlet Letter”. Lee Eun Joo pun meninggalkan pesan terakhirnya yang ditulis dengan darah sesaat sebelum ia meninggal yang isinya:

Bu, saya minta ma’af dan saya mencintaimu. dan juga ada sebuah catatan terpisah yang isinya:
Aku ingin melakukan banyak hal. Meskipun aku hidup, aku benar-benar tidak hidup. Aku tidak ingin mengecewakan siapa pun. Aku senang punya banyak uang… Aku ingin menghasilkan banyak uang.

Lee Eun Joo dikremasi dan diabadikan di dalam sebuah ruangan di Goyang. Ratusan artis an aktor korea mengantarkan kepergian Lee Eun Joo ketempat peristirahatanya yang terakhir. Bahkan teman-teman semasa kuliahnya pun mengadakan In Memorian yang diselenggarakan sesaat setelah ia wafat.

2.  U Nee


Lahir : 3 Maret 1981
Wafat : 21 Januari 2007

Januari 2007, dunia panggung hiburan Korea kembali harus kehilangan artis kebanggaan mereka. Artis yang mempunyai nama asli Lee Hye Roen yang dikenal sebagai penyanyi dan aktris telah ditemukan gantung diri di rumahnya di Seo-Gu, Korea Selatan. Setelah kematian U;Nee, ibunda artis tersebut menggelar konperensi pers di rumah sakit.

Sang ibu mengkonfirmasi U Nee menderita depresi. Gara-gara itu, U Nee melarikan diri ke obat-obatan. Dia juga selama ini sangat menderita dengan popularitas yang diraihnya serta masalah pribadi lainnya yang menimpa kehidupan artis tersebut.

3.  Jung Da Bin


Lahir : 4 Maret 1980
Wafat : 10 Februari 2007

Jung Da Bin meninggal dunia pada usia 26 tahun, tiga minggu sebelum ulang tahun ke 27. Meskipun keluarga dan teman-teman Jung Da Bin menanyakan adanya unsur non-bunuh diri dalam kematian Jung Da Bin, pihak berwajib mementahkan spekulasi tersebut setelah menjalani investigasi.

Jung Da Bin ditemukan tewas gantung diri di apartemen kekasihnya di Seoul. Jung Da Bin bunuh diri dengan cara gantung diri. Sang pacar menemukan artis ini di kamar mandi dengan handuk melilit di lehernya. Peristiwa itu terjadi pada 10 Februari 2007 silam.

Artis muda nan cantik ini dikenal melalui penampilannya dalam film Rooftop Room Cat. Dikabarkan, Jung Da Bin mengalami depresi, sama seperti yang dialami U;nee. Kematiannya jelas merupakan sebuah kejutan besar di dunia hiburan di Korea, sebab baru sebulan sebelumnya, U Nee memutuskan bunuh diri.

Dikenal sebagai artis yang ceria dan mudah bergaul, Jung Da Bin telah muncul di banyak TV drama dan bekerjasama dengan beberapa bintang besar di Korea. Memulai karirnya sebagai model, ia mendapatkan perhatian publik pada tahun 2000 ketika ia mendapatkan peran di film Legend of Gingko sebagai versi muda dari karakter Choi Jin Sil. Karirnya semakin gemilang menginjak tahun 2003 berkat drama laris Rooftop Room Cat. Berkat drama inilah ia menjadi artis TV top.

Tahun berikutnya, ia membintangi komedi romantis layar lebar berjudul He Was Cool bersama dengan Song Seung Heon. Kemudia ia membintangi drama populer My 19-Year-Old Sister-in-Law bersama dengan Kim Jae Won. Karya terakhirnya adalah drama berjudul The Typhoon in That Summer pada tahun 2005.

4. Ahn Jae Hwan 


Lahir : 8 Juni 1972
 Wafat : 8 September 2008

Suami komedian dan presenter Jung Sun Hee ini ditemukan tewas dalam mobilnya beberapa hari setelah kematiannya. Diyakini bunuh diri dengan cara menghirup gas karbon dioksida yang berasal dari korek api dalam mobilnya. Para pengamat beranggapan kegagalan bisnis hingga bangkrut serta jumlah hutang yang besar membuat aktor ini nekat bunuh diri.
  
5. Choi Jin Sil


Lahir : 24 Desember 1968
Wafat : 2 Oktober 2008

Satu lagi artis Korea yang memutuskan untuk mengakhirinya dengan tragis adalah Choi Jin Sil. Artis top Korea ini ditemukan tewas bunuh diri pada 2 Oktober 2008 dengan cara menggantungkan dirinya di kamar mandi di rumahnya di Seoul. Sebelum meninggal, Choi Jin Sil sempat menuliskan pesan. Dia meminta agar menjaga anak-anaknya apapun yang terjadi.

Sama dengan artis Korea lainnya yang melakukan bunuh diri untuk mengakhiri hidupnya karena alasannya adalah depresi. Choi Jin Sil mengalami depresi sejak 2004 silam sejak dia mengalami perceraian. Menurut salah satu teman dekatnya, Choi Jin Sil sangat tertekan dengan perceraiannya dan juga masalah utangnya.

6.  Kim Ji Hoo


Lahir : 5 April 1985
Wafat : 6 Oktober 2008

Model Kim Ji Hoo ditemukan tewas bunuh diri pada 7 Oktober 2008 lalu. Penyebab kematian model itu disebut-sebut karena merasa hidupnya sepi. Dia merasa kesepian dalam menjalani hari-harinya. Hal itu diketahui dari catatan yang ditemukan saat pria itu melakukan bunuh diri. Tetapi, ada juga yang bilang dia mengakhiri hidupnya dengan tragis karena ramainya gosip yang menyebutkan dirinya adalah seorang pecinta sesama jenis alias gay. Kematian aktor ini memang sangat tragis, ia meninggal di usia yang masih muda, 23 tahun.

Sebelum menutup mata untuk selamanya itu, Kim Ji Hoo juga sempat menulis di website pribadinya tentang kesepian yang dia rasakan tersebut. Dia menuliskan " Hidup bagaikan angin. Apakah yang harus dilakukan untuk mengakhiri penderitaan ini? Kebahagiaan memisahkan kesedihan, semuanya itu hanya sesaat. "


7.  Jang Ja Yeon




Lahir : 25 Januari 1980
Wafat : 7 Maret 2009


Kematian Jang Ja Yeon sangat menyita perhatian publik Korea Selatan. Maklum saja, artis cantik ini adalah pendatang baru di dunia panggung hiburan negeri Ginseng tersebut. Jang Ja Yeon ditemukan tewas bunuh diri di rumahnya. Tewasnya Jang Ja Yeon itu menjadi pembicaraan bukan karena kematiannya saja yang sangat mengenaskan.

Dia juga membawa beberapa nama orang penting dalam bisnis hiburan negara tersebut yang bertanggung jawab atas keputusannya mengakhiri hidupnya dengan jalan bunuh diri. Jang Ja Yeon menulis alasannya bunuh diri karena adanya eksploitasi dan juga pelecehan seksual yang dialaminya selama berkarir di dunia hiburan negara tersebut.

Dalam tujuh catatan yang dibuat artis yang bermain di serial 'Boys Before Flowers' sebelum dia menghembuskan napas terakhirnya, menceritakan betapa kejamnya dunia hiburan tanah air. Dia diduga dipaksa menjadi budak seks untuk orang-orang kaya di sana demi memuluskan karirnya sebagai artis dan dipukuli jika dia menolak untuk melakukannya.

Jang Ja Yeon dikenal setelah kemunculannya sebagai bintang iklan televisi. Pada saat artis cantik itu meninggal dia sebenarnya sedang menunggu rilis dua filmnya. Hampir tujuh juta fans yang membuka websitenya setelah dua hari artis cantik itu meninggal pada 7 Maret 2009 lalu.

8.  Woo Seung Yoon


Lahir : 2 May 1983
Wafat : 7 April 2009

Berita kematian artis Woo Seung Yoon sangat mengejutkan. Woo Seung Yoon tewas bunuh diri di saat fenomena bunuh diri sedang dibicarakan di Korea. Artis yang menghembuskan nafas terakhirnya pada usia 24 tahun itu tewas bunuh diri. Dia ditemukan pada pagi hari di rumahnya dengan kondisi yang mengenaskan. Dia gantung diri di atas lemari rumahnya pada 27 April 2009. Penyebab bunuh diri artis cantik ini dipastikan karena aktris dan penyanyi tersebut menderita depresi yang berkepanjangan.

Salah satu anggota keluarga mengatakan Woo Seung Yoon baru saja selesai menjalani perawatan di rumah sakit karena depresinya tersebut. Tetapi, dia tak sanggup menghadapi kesedihan dan membuat keputusan yang sangat ekstrem. Woo Seung Yun memulai karirnya sebagai model dan kemudian berakting dalam sebuah film berjudul “Herb”. Karya terbarunya adalah sebuah peran bersama Hwang Jung Min dalam film “Private Eye”.

9. Kim Daul

 
Lahir : 31 Mei 1989
Meninggal : 19 November 2009

Ia melakukan bunuh diri di Perancis setelah merasa tekanan dunia model terlalu berat baginya. Agensi Next menambahkan bahwa Kim Daul  adalah sebagai model terkenal dan teman yang baik bagi kita semua di agensi Next. Akhirnya, Kim Daul yang masih berusia 20 tahun ini diberitakan ditemukan gantung diri di apartemennya di Paris oleh pacarnya. Ibunya pun langsung terbang ke Paris karena berita ini.

Kim Daul ini sangat ngetop di Korea dan dunia modelling International. Juga, Kim Daul ini teman baiknya G-Dragon. Bahkan G-Dragon Oppa sempet nemenin Daul Kim waktu liburan pendeknya di Eropa. Setelah mendengar berita ini pun, G-Dragon Oppa langsung menyatakan belasungkawanya lewat pernyataaan berikut di akun Me2Day nya :
I say my peace about Miss Daul Kim. Daul, may you rest in peace. I will pray for you. Farewell…” (“Aku mengucapkan rasa damaiku kepada Mss Daul Kim. Daul, aku harap kamu beristirahat dalam damai. Aku akan berdoa untukmu. Sampai jumpa…”)

10. Choi Jin Young

 
Lahir : 27 Februari 1971
Meninggal : 29 Maret 2010

Setahun setelah kakaknya (Choi Jin Sil) meninggal gara-gara bunuh diri, ia akhirnya memutuskan untuk bunuh diri. Karena tak kuasa menderita akibat kematian kakak yang dicintainya. Choi Jin Young yang hari itu juga disemayamkan di aula pemakaman dari Rumah Sakit Kangnam, Seoul, diberitakan kalau berita ini amat mendadak, tanpa ada tanda-tanda depresi.

Padahal, awal bulan Maret ini, dia janji mau comeback acting di drama televisi terbaru. Hal ini untuk kedua keponakannya, dan dia bilang inilah yg bisa paman mereka lakukan. Dipastikan kalo ini adalah kejadian bunuh diri, karena tubuhnya ditemukan menggantung setelah ditemukan oleh sang ibu.

11.  Park Yong Ha


Lahir : 13 Agustus 1977
Wafat : 30 Juni 2010

Pada 30 Juni 2010, Park Yong-ha, 32 tahun, ditemukan meninggal dunia di rumah kediamannya di Seoul. Penyebab kematiannya adalah gantung diri dengan kabel charger camcoder Kematian aktor Korea, Park Yong Ha karena melakukan bunuh diri menimbulkan sejumlah pertanyaan. Apa yang membuat aktor top Korea itu mengakhiri hidupnya secara mengenaskan? Kematian Park Yong Ha membuat sejumlah rekannya sesama artis sangat sedih dengan keputusan pria tersebut. 

Banyak pertanyaan dari aktor dan juga kenalan yang mempertanyakan alasan dibalik bunuh diri bintang 'Winter Sonata' tersebut.
Pasalnya, para teman-temannya itu melihat sebelum menghembuskan nafas terakhir tak ada keganjilan atau keanehan yang diperlihatkan Park Yong Ha. Tetapi, setelah diselidiki lebih lanjut, kabarnya Park Yong Ha putus asa menghadapi penyakit kanker perut yang diderita sang ayah. Ayahnya sudah cukup lama menderita penyakit serius tersebut.

Park Yong Ha sangat menyayangi ayahnya dan dia merasa bersalah atas penyakit yang diderita ayahnya tersebut. Dia sangat peduli dan selalu mengkhawatirkan ayahnya. "Setelah ayahnya dinyatakan sakit kanker, Park Yong Ha merawat ayahnya. Dia selalu mengkhawatirkan ayahnya" kata salah satu teman Park Yong Ha seperti dikutip dari Allkpop, Kamis 1 Juli 2010.

Demi sang ayah, aktor yang juga penyanyi ini rela istirahat sementara dari karirnya yang sedang cemerlang di dunia keartisan Korea. Dia memilih untuk tinggal di rumah dan merawat ayahnya yang sedang sakit."Dia lebih fokus merawat ayahnya," ucap temannya lagi.Keluarga besar Park Yong Ha memutuskan untuk tidak melakukan otopsi pada jenazah aktor tersebut. Mereka ingin segera memakamkan jasad Park Yong Ha. Pemakaman Park Yong Ha akan dilakukan secara Budha pada 2 Juli.

12.   Kim Yuri


Lahir : 1989
Wafat : 19 April 2011

Model top Korea, Kim Yuri ditemukan terkapar di rumahnya. Ia lalu di bawa ke rumah sakit, tetapi nyawanya tak tertolong. Dugaan kematian supermodel tersebut dikarenakan bunuh diri dengan menenggak racun. Tetapi, hal itu dibantah pihak kepolisian.

Kepolisian Gangnam, Korea Selatan sudah mendapat hasil otopsi jasad model yang menghembuskan napas terakhirnya pada usia 22 tahun tersebut. Pihak berwajib pun membeberkan hasil otopsi tersebut. Menurut kepolisian, berdasarkan hasil otopsi, kematian model tersebut bukanlah bunuh diri.

"Tidak ada tanda-tanda trauma atau atau obat pada organ internalnya," kata perwakilan pihak kepolisian seperti dikutip dari Koreaboo, Kamis 21 April 2011.

Juru bicara polisi itu pun menambahkan, model kelahiran 1989 itu dianggap terlalu kurus. Tinggi badan Kim Yuri 177 cm sedangkan berat badannya hanya 47 kg.

Tetapi, ketika diperiksa apakah ia memiliki gangguan atau makanan, tidak terlihat. Cairan dalam perut Kim Yuri termasuk makanan yang dicernanya tidak terlihat bahwa ia makan dalam porsi yang sangat kecil. Ia juga tidak menderita anoreksia.

Ketika polisi memeriksa rumah model masa depan Korea itu, mereka menemukan obat penenang di kamarnya. Untuk mengetahui penyebab pasti kematian Kim Yuri, kepolisian meminta dokumen asuransi kesehatan model yang hidup sebatang kara itu. Dari dokumen tersebut diketahui model ini catatan resep untuk obat penenang dan anti depresi.

Untuk lebih mendapatkan kepastian apa penyebab kematian dari Kim Yuri, kepolisian akan kembali melakukan serangkaian tes seperti tes terhadap obat-obatan terlarang atau narkoba. Hal ini dilakukan guna untuk mengkonfirmasi hasil tes pertama.

Sementara itu para penggemar Kim Yuri merasa berduka. Mereka menduga selama ini sang model itu memiliki beban hidup yang berat. Sebelum kematiannya, Kim Yuri sempat menulis dalam blog pribadinya mengenai kegundahan hatinya.

"Tak peduli berapa kali saya berpikir tentang hal itu......Lebih dari seratus kali. Saya satu-satunya orang di dunia ini," katanya.

13. Song Ji Seon 


Lahir : 26 Februari 1981
Wafat : 23 Mei 2011

Song Ji Seon bunuh diri dengan cara yang ekstrem. Presenter cantik ini tewas setelah terjun dari apartemennya, yang berada di lantai 19 di Seochodong pada 23 Mei lalu. Banyak yang berspekulasi jika keputusan Song Ji Seon untuk bunuh diri karena skandal cintanya dengan atlet baseball, Im Tae-Hoon. Song Ji Seon pernah mengungkapkan kisah cintanya dengan atlet tersebut.

Song manjadi sorotan media pada tanggal 7 Mei ketika sebuah posting di nya Twitter, menyiratkan niatnya untuk bunuh diri, ia meminta polisi dan 119 pekerja darurat bergegas ke tempat tinggalnya. Di postingan selanjutnya, dia menyangkal menulis postingan pertama tersebut, meskipun mengakui bahwa ia merenungkan akan bunuh diri atas masalah pribadi.

Jika tak bisa mengambil saya, silahkan setidaknya memberi aku kekuatan. Hati saya sangat sakit, saya sudah minum pil tidur ketiga,” tulis Song Ji Seon pada sepucuk surat pada 7 Mei lalu.

14.  Chae Dong Ha


Lahir : 23 Juni 1981
Wafat : 27  Mei 2011

Chae Dong Ha, mantan leader dan juga vokalis utama grup K-Pop SG Wannabe bunuh diri di apartemen-nya di Bulkwang-dong, Seoul.

Chae Dong Ha ditemukan menggantung dirinya oleh managernya, sekitar pk. 10:55 pagi di rumahnya kemarin tgl 27 Mei 2011. Chae Dong Ha bunuh diri setelah mengalami depresi.

Polisi secara resmi mengumumkan kematian Chae Dong Ha pukul 3:20 Sore, kalau penyanyi ini bunuh diri dengan menggunakan dasi di lemarinya. Dalam penyelidikan, dokter Chae Dong Ha bersaksi kalau penyanyi ini menderita depresi dan insomnia. Dokter sudah memberikan obat depresi untuk Chae Dong Ha dan manager barunya menyatakan kalau dia baru mengetahui tentang penyakit Chae Dong Ha 6 bulan lalu.

Ibu Chae Dong Ha sama sekali tidak tahu tentang depresi dan insomnia ini.

Ibu Chae : "Dia sangat sibuk pergi-pulang dari Jepang untuk aktifitasnya. Aku tidak tahu kalau dia sudah kembali ke Korea. Dia sangat sibuk dalam pekerjaan-nya 3 th terakhir, dan aku selalu berpikir kalau dia hanya tenggelam dalam kesibukannya. Aku sama sekali tidak berpikir kalau dia sedang mengalami sesuatu yang sangat berat. Dia tampak baik-baik saja".  Sebelum kematiannya, dia sedang sibuk menyiapkan konser ulang tahun-nya yang ke-31 tgl 18 Juni 2011 mendatang.

15. Han Chae Won 


Lahir : 1986
Wafat : 25 Agustus 2011


Han Chae Won ditemukan tewas tergantung di apertemen miliknya pada tanggal 25 Agustus 2011. Banyak pihak yang terkejut dan menyayangkan aksi nekat yang dilakukan artis muda ini. Banyak pihak yang penasaran tentang alasan Han Chae Won mengakhiri hidupnya dengan tragis. 


Dua bulan setelah peristiwa bunuh diri yang dilakukan oleh aktris Han Chae Won, media Korea terus menggali kebenaran dibalik peristiwa memilukan tersebut. Dan pada 10 Oktober kemarin, acara MBC ‘Entertainment Plus‘ mendedikasikan sebuah episode mengenai keadaan yang menyelimuti peristiwa tersebut.

Seperti diberitakan sebelumnya, dia meninggalkan pesan melalui mini-homepage, yang menyatakan, “Saya ingin menghentikan siksaan ini. Saya ingin berhenti menangis.” Setelah itu, dia gantung diri di apartemennya pada 25 Agustus lalu.

Polisi menyatakn bahwa dia menderita akibat tekanan dan depresi yang disebabkan oleh persaingan di industri hiburan Korea. Sebenarnya dia telah menerima perawatan sebelumnya akibat depresi itu, dan selama perawatan, dia menyatakan beberapa orang yang mengaku sebagai manajer beberapa perusahaan hiburan menuntutnya dengan ribuan dollar selama beberapa kali. Salah satunya bahkan diungkapkan akan mengorbitkannya jika aktris itu bersedia memberinya $80.000 USD.

Usaha yang dilakukan Han Chae Win agar terkenal juga diungkap melalui kenyataan bahwa dia merubah namanya sebanyak tiga kali dengan harapan mendapat keberuntungan dengan nama barunya. Sayangnya, setelah semua usaha yang dia lakukan, dia merasa tidak cukup. Setelah mengatakan pada seorang temannya bahwa ‘tak ada yang bisa dipercaya lagi di dunia ini’, dia melakukan bunuh diri di apartemennya sendiri.

16. Jung ah Yool


Lahir : 
Wafat : 12 Juni 2012 


Namanya memang belum begitu terkenal, namun tampaknya si cantik Jung Ah Yool sudah tak sabar menantikan bintangnya bersinar terang. Jung Ah Yool ditemukan meninggal bunuh diri di kediamannya, 12 Juni 2012 kemarin.
Jung Ah Yool bunuh diri dengan cara gantung diri di rumahnya. Ia ditemukan oleh aparat setempat sehari setelah ia memposting tentang duka lara – nya di akun Facebook pribadinya. Jung Ah Yool segera dilarikan ke rumah sakit terdekat sesaat setelah ditemukan. Namun sayang, nyawanya tidak tertolong lagi. Ia mengakhiri hidupnya di usia yang masih muda, 25 tahun.

Jung Ah Yool menulis di halaman Facebooknya :
“Saya bangun pagi ini dan membuka mata saya dan saya merasa seperti saya sedang berdiri sendirian di padang pasir … Saya telah mengurus diri saya sendiri sejak saya berusia 19 tahun tapi tiba – tiba … di kamarku, di mana saya tidak memiliki tempat untuk bergantung … ” tulisnya pada tanggal 10 Juni 2012 seperti dilansir Soompi.
Sehari sebelum ia ditemukan tewas, yaitu tanggal 11 Juni 2012, Jung Ah Yool kembali menulis status.
 ”Tidak ada yang bisa menghibur saya,”
Melihat bagaimana ia menulis status – status di halaman Facebook – nya seperti mengindikasikan bahwa Ah Yool benar – benar depresi dengan kehidupannya. Seorang sumber mengatakan bahwa Jung Ah Yool sedang mengalami kesulitan ekonomi setelah gajinya untuk membintangi serial “Love, Love” yang tayang di stasiun televisi KBS2 belum juga cair.

Jung Ah Yool menambah daftar selebritas Korea yang meninggal karena bunuh diri. Sebelumnya, nama – nama seperti Park Yong Ha, Choi Jin Sil, Lee Eun Joo, Jung Da Bin dan masih banyak lagi juga memilih untuk mengakhiri hidupnya karena merasa sudah tak ada harapan hidup. 

Ketatnya kompetisi, tekanan industri, skandal, hingga kritikan tajam menjadi beberapa pemicu bunuh diri.  Mau tak mau, inilah bagian dari industri hiburan Korea yang semakin mapan. Dan mungkin karena itu, jadi sedikit lupa dengan sisi manusiawi.


Actually what's going on in korea?

Walau tidak ada statistik yang akurat, selebriti korea tampak lebih rentan bunuh diri ketimbang artis jepang, amerika atau eropa. Padahal tingkat tekanan yang dihadapi dalam mencapai ketenaran kurang lebih sama. 

Percaya atau tidak, negara korea ternyata memiliki peringkat bunuh diri tertinggi di dunia. Organization for economic cooperation and develpoment mencatat, 21 dari 100 ribu orang korea melakukan bunuh diri, melebihi batas normal yaitu 11. 

Seorang psikolog dari unversitas korea mengungkapkan bahwa orang korea cenderung membentuk identitas mereka sesuai dengan pandangan orang lain terhadap dirinya. Selain itu mereka memiliki konsep Han, yaitu bersikap diam dan berusaha tabah walaupun dalam keadaan marah. Mungkin itulah salah satu faktor yang menyebabkan depresi di kalangan para artis dan aktor korea. 

Pekerjaan sebagai selebritas yang sangat lekat dengan pencintraan (tergantung pada popoluritas) menjadikan konsep Han amat berat untuk dilaksanakan. Terutama bila mereka menghadapi situasi yang buruk. Karena selebritas tak lagi mampu menunjukkan sikap baik dan tenang, mereka cenderung frustasi, menyerah dan mengambil tindakan drastis salah satunya bunuh diri.

Faktor lain yang juga berpengaruh dalam tingginya tingkat bunuh diri di kalangan selebritas korea adalah kurangnya program konseling. Budaya korea yang cenderung tertutup itu juga membuat para selabritas korea itu malu jika diketahui publik saat pergi ke konseling atau sedang mengalami depresi, padahal mereka juga manusia biasa yang juga mengalami cobaan dalam kehidupannya. Agama juga menjadi salah satu faktor penyebab tingginya tingkat bunuh diri di korea. Seperti yang banyak di ketahui, faktor Agama bukanlah menjadi faktor penting dalam kehidupan masyarakat korea. Kurangnya keimanan menjadikan mereka frustasi dan memilih jalan pintas dengan bunuh diri.

3 comments:

  1. LOWONGAN KERJA SYSTEM ONLINE GAJI 15 JUTA RUPIAH

    1. Penawaran Gaji Pokok 2 Juta/Bulan
    2. Pekerjaan Hanya Meng-Entry Data Secara Online, Per Entry 10 Rb Rupiah, Bila Sehari Anda Sanggup Meng'Entry 50 Data Maka Gaji Anda 10RbX50Data=500Rb Rupiah/Hari. Dalam 1 Bulan 500RbX30Hari=15Juta/Bulan.
    3. Untuk Semua Golongan Individu Pelajar/Mahasiswa/Karyawan Yang Memiliki Koneksi Internet, Dapat Dikerjakan dirumah/diwarnet.
    4. Dapatkan Gaji 200Rb Didepan Setelah Pendaftaran Untuk Semangat Kerja Pertama Anda.
    5. Cara pendaftaran ada di http://joinkerjaonline.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. itu gambarnya kim ji hoon, tp yg bunuh diri kan kim ji hoo,,hha
    lagian klu emang yg di gambar itu bunuh diri tahun 2008 , knp tahun 2010 masih main drama (drama stars falling from the sky),, hha.

    ReplyDelete
  3. ops... maaf ada kesalahan, thanks ya atas koreksinya. :0

    ReplyDelete

Thanks sudah mampir di blog saya, jangan lupa tinggalkan komentar ya...Trims....:)