Pages - Menu

Thursday, July 26, 2012

Adaptasi Layar Lebar Terbaik



Film merupakan refleksi kehidupan yang dinarasikan dengan jalan cerita yang baik, berdasarkan skenario asli ataupun cerita adaptasi. Berikut beberapa film yang telah diadaptasi ke berbagai bentuk media. 

1. The Adventure Of Tintin


Siapa yang tidak mengenal sosok Tintin, pada masa penayangannya kartun ini menjadi tontonan favorit saya sewaktu belum menduduki bangku sekolah. Kartun Tintin inilah yang menjadi teman saya, saat kedua kakak saya pergi menimba ilmu. Tintin merupakan sosok wartawan dengan sweater berwarna biru, rambut jambul Tintin pun menjadi ciri khas bagi Tintin. Bagi pecinta komik pasti sangat mengenal Tintin, tak hanya itu karya Herge ini juga dibuat sebagai bentuk kritik yang tertuang dalam coretan komiknya. Saat ini Tintin telah diadaptasikan kedalam banyak bentuk seperti seri kartun, serial TV dan yang terakhir pada tahun 2011, Produser Peter Jackson dan Sutradara Steven Spielberg mengangkat kisah ini kedalam film layar lebar. 

2. Lord Of The Rings


Sebuah film trilogi yang diadaptasi dari novel karya J.R.R Tolkien ini telah memenangkan banyak penghargaan bergengsi di dunia pada kurun waktu 2001-2004. Namun banyak yang tidak tahu, jika kisah perjalanan ke Mordor ini sebenarnya sudah difilmkan ke berbagai versi di masa lalunya. Film ini pernah di buat animasinya oleh sutradara Raplh Bakshi di tahun 1978, dan pernah juga di jadikan serial televisi pada tahun 1980. Serta adaptasi terbarunya di tahun 2004, LOTR karya sutradara Peter Jackson berhasil menyambet 11 piala oscar dan 11 nominasi yang di jagokan. Menajubkan bukan!

3. The Simpsons


Film kartun yang terdiri dari ayah, ibu, dan tiga anak mereka, serta beberapa karakter kerabat keluarga ini telah mencapai lebih daroening ini mengudara pertama kali di tahun 1989, dan karena kepopulerannya membuat film ini diangkat ke layar lebar pada tahun 2007 dan di buat berbagai versi video games-nya. Tidak sampai di situ saja, bahkan banyak artis international yang berlomba-lomba untuk tampil di acara ini seperti lady Gaga, The Rolling Stones, para mantan anggota The Beatles, dan lain-lain.

4. Laskar Pelangi


Dari tanah air sendiri, terdapat satu cerita insipiratif yang diadaptasi dari novel Best Seller berjudul Laskar Pelangi. Novel Laskar Pelangi yang ditulis oleh Andrea Hinata ini menceritakan tentang perjuangan 10 anak dalam meraih cita-cita di sebuah pulau indah bernama Balitong. Laskar Pelangi merupakan Novel Trilogi yang selalu sukses di pasaran. Bahkan cerita ini telah di angkat ke fil layar lebar yang banyak menuai pujian, dan terakhir kali dikembangkan lagi menjadi sebuah teater yang telah berpuluh kali di pentaskan di kotam Jakarta serta di Yogyakarta. 

5. Sherlock Holmes


Bagi pecinta cerita misteri pasti tak asing lagi dengan sosok jenius yang identik dengan mantel panjang, topi dan cangklong ciptaan sir Arthur Conan Doyle ini. Sosoknya yang kharismatik dan kepintarannya dalam menganalisa kasus-kasus rumit dunia kriminal telah mencuri perhatian pembaca di seluruh dunia. Saat ini kisah duet Holmes dan Watson ini telah banyak diadaptasi, mulai dari layar lebar Robert Downey Jr sebagai pemerannya di tahun 2009 dan 2011, hingga serial Televisi yang tengah berjalan hingga musim ke dunia di tahun ini. 


Source : Network Magazine





No comments:

Post a Comment

Thanks sudah mampir di blog saya, jangan lupa tinggalkan komentar ya...Trims....:)