Pages - Menu

Sunday, July 22, 2012

Gedung Stadion Bertaraf International


Selain menjadi pusat olah raga, stadion-stadion ini telah menjadi ikon kota dengan berbagai keunikan arsitektur dan sensasi kisahnya yang menjadikan stadion-stadion tersebut menjadi bangunan yang melegenda. Berikut beberapa di antaranya :

1. Old Traffrod, Manchester, Birtania Raya 


Sebuah tim sepak bola yang besar tentu harus di dukung pula oleh sarana berupa stadion yang besar. Di Manchester, terdapat tim besar yang memiliki basis ribuan penggemar di dunia, yaitu Manchester United dengan stadionnya Old Trafford. Dengan julukan The Theater Of Dream, membuat stadion ini menjadi salah satu stadion yang diimpi-impikan para calom pemain bola di belahan dunia manapun untuk merumput. Selain stadion ini terdapat pula stadion Wembley di London yang juga telah melegenda di dunia.

2. Sapporo Dome, Sapporo, Jepang


Salah satu negara di kawasan Asia Timur ini ternyata tidak kalah dalam menyajikan stadion bertaraf international. Stadion ini terletak di utara Jepang, Sapporo Dome. Stadion ini memiliki berbagai keunikan tersendiri, seperti memiliki atap tetap dan permukaan tanahnya pun dapat diubah-ubah sesuai kebutuhan untuk melakukan suatu pertandingan olah raga. Rumput di stadion inipun merupakan rumpur buatan yang merupakan salah satu kemajuan teknologi negeri sakura yang terkenal sangat inovatif ini.

3. Allianz Arena, Munchen, Jerman


Pada tahun 2006, stadion utama Jerman ini melakukan perannya sebagai stadion pembuka bagi pertandingan pertama piala dunia. Sekilas tampak biasa saja, namun di malam hari stadion ini berhasil menampilkan 1056 panel berbentuk belah ketupat yang dapat mengeluarkan warna biru, merah atau putih sesuai dengan warna seragam tim yang sedang bermain disana sehingga menyerupai pola yang bergerak. Sungguh sebuah inovatif yang unik dari perancang arsitektur dari Swiss, Herzog & de Meuron.

4. Maracana, Rio De Janeiro, Brazil


Dengan kapasitas total sekitar 95.000 kursi, membuat stadion Maracana menjadi kebanggaan warga Brazil yang notabene adalah pecinta sepak bola paling fanatik yang pernah ada di muka bumi. Selain reputasinya sebagai stadion bola terbesar, Maracana juga sering dipakai oleh para penyanyi papan atas dunia untuk melakukan show-nya di Rio De Janiero. Sebut saja band Rush, Kiss, Madonna, hingga Guns N Rose's. Stadion ini didapuk sebagai stadion utama piala dunia 2014 mendatang.

5. Beijing National Stadium (Birds Nest Stadium), Beijing, RRC


Negeri tirai bambu tidak hanya memiliki Tembok Cina sebagai ikon negaranya, mereka juga memiliki stadion sepakbola yang namanya sudah menjadi buah bibir masyarakat dunia karena keunikan arsitektur bangunannya yang tidak biasa. Itulah Beijing National Stadion atau juga di kenal sebagai stadion sarang burung (Birds Nest Stadium). Stadion ini awalnya dirancang untuk menyambut pergelaran akbar Olimpiade  2008 di Beijing, namun kini juga menjadi tujuan wisata bagi pelancong yang ingin pelisir ke negeri penghasil sutera terbaik ini. 

6. Stadion Gelora Sriwijaya, Palembang, Indonesia. 


Di tanah air, kita juga memiliki stadion-stadion bertaraf International yang patut di ketahui seperti Stadion Bung Karno di Jakarta, Stadion Utama Palaran di Samarinda, dan Stadion Gelora Sriwijaya di Palembang. Khusus Stadion Gelora Sriwijaya merupakan kebanggaan warga Sumatera Selatan, karena selain sudah memenuhi standar International, Stadion Gelora Sriwijaya juga pernah di pakai sebagai tempat dilangsungkannya Piala Asia 2007 dan acara spektakuler pembukaan dan penutupan Sea Games 2011 di Palembang. 

7. Camp Nou, Barcelona, Spanyol


Saat ini, derby paling panas diantara tim-tim yang sedang berlaga di benua Eropa adalah milik La Liga Spanyol. Spanyol pun menyediakan satu stadion khusus untuk berlatih tim yang diperkuat oleh Lionel Messi yaitu Barcelona FC. Stadion Camp Nou ini memiliki kapasitas sekitar 98.000 kursi yang termaksud besar di kawasan regional Eropa. Terlebih jika laga derby diantara Real Madrid dan Barcelona sedang berlaga, maka seketika saja atmosfer Camp Nou berubah menyerupai Colosseum di masa gladiator kekaisaran Romawi dahulu kala.


No comments:

Post a Comment

Thanks sudah mampir di blog saya, jangan lupa tinggalkan komentar ya...Trims....:)