Pages - Menu

Tuesday, May 22, 2012

Tempat Wisata Tebersih


Selain menarik untuk dikunjungi karena kaya akan objek wisata yang menarik, berbagai kota berikut ini juga menyandang predikat kota bersih dan nyaman untuk di kunjngi. Yuk kita intip....

1. Phitsanulok, Thailand


Sebuah kota di utara Thailand ini pernah mendapatkan predikat kota terbersih se -Asia Tenggara dengan julukan The City Of Recycling. strategi dewan kota dalam menjaga kebersihan kota ini adalah dengan mendirikan pengelolaan sampah berbasis masyarakat dan pengelolaan limbah padat, karena kebersihan merupakan tanggung jawab bersama semua elemen masyarakat yang hidup di kota. Kota ini juga memiliki banyak tempat wisata seperti Thai Brid Garden, Taman Nasional Phu oi Dao, City Pillar Shrine dan masih banyak lagi.

2. Balikpapan, Indonesia


Indonesia is My Country and Balikpapan is My City. Di Indonesia, nama Balikpapan pastinya sudah tak asing lagi di dengar. Kota yang terkenal banyak menghasilkan minyak bumi ini ternyata memiliki julukan lain sebagai Clean Land dengan tingkat kebersihan peringkat nomor 2 di Asean (setelah kota Phitsanulok, Thailand). Kebersihan kota ini juga di dukung oleh pemerintahan setempat yang mengalokasikan 52% kotanya sebagai ruang hijau terbuka. Di kota ini juga terdapat tugu Adipura yang melambangkan keberhasilan pemerintah dan masyarakat setempat untuk menciptakan budaya bersih dalam kurun waktu 15 tahun. Kota Balikpapan saat ini juga mulai dilirik banyak wisatawan asing dan lokal karena di dukung oleh faktor pariwisatanya seperti Bukit Bengkirai dan Semboja. Balikpapan Beriman (Bersih, Indah, aman dan Nyaman).

3. Singapura, Singapura


Siapa yang tidak kenal dengan kemasyuran Singapura sebagai salah satu kota terbersih di dunia. Dengan peraturan yang sangat ketat tentang kebersihan, membuat kota ini menjadi kota yang disiplin dalam mendidik masyarakatnya. Tanda larangan pun banyak terpampang di sepanjang sudut kota, bahkan untuk mengunyah permen karet saja sungguh di larang dikota ini. Disepanjang jalan utama Orchard Road kita dapat merasakan sejuknya udara kota bahkan sesekali tidak jarang kita melihat burung-burung dengan bebasnya beterbangan di tengah kota. Selain itu Singapura juga di kenal sebagai surga belanja yang sayang jika di lewatkan begitu saja. 

4. Sydney, Australia


Menurut CIA World Factbook, kota Sdyney di Australia adalah salah satu kota didunia yang menawarkan harapan hidup tertinggi pada usia 81 tahun, di karenakan iklim kota yang cerah serta terdapat lima taman nasional utama yang berada di sekitar kota, hingga memberikan kontribusi udara yang sehat bagi para penduduknya. Selain itu kota ini juga banyak menawarkan spot wisata yang menarik untuk di kunjungi seperti Sdyney Opera House atau Jembatan Harbour yang menjadi ikon kota.

5. Zurich, Swiss


Kota tebesar yang merupakan pusat perdagangan di Swiss ini juga termaksud dalam salah satu kota terbaik dalam menjaga kebersihan. Berdasarkan survey langsung konsultan dari Mercer, selain karena keindahan struktur perkotaannya, kota Zurich juga terjaga dari berbagai polusi dan memiliki kualitas udara yang bersih, serta lala lalu lintas yang terkenal sangat disiplin. Kota ini juga terkenal memiliki banyak kebun dan taman yang terletak di tengah kota untuk sekedar berjalan dan bersepeda bagi warganya. Ini merupakan sarana pendukung gaya hidup sehat bagi para penduduk kota Zurich.

6. Curitiba, Brazil


Jika mendengar nama Rio de Janeiro, pasti yang terbayang di benak kita adalah bukit-bukit perumahan kumuh yang menjadi ikon kota tersebut. Namun jangan bayangkan kepadatan tersebut ketika mendengar nama kota Curitiba di Brazil, karena kota ini termaksud dalam jajaran kota terbersih yang pernah ada di dunia. Dengan kebijakan pemerintah untuk meluaskan ruang hijau hingga mencapai 50km2 per penduduk, Curitiba pernah mendapatkan gelar the most innovative city in the world karena keberhasilan pemerintahnya dalam merubah image Curitiba yang tadinya kumuh menjadi salah satu kota terindah dan terbersih yang pernah ada di dunia. 

7. Reykjavik, Islandia


Kota ini tercatat sebagai kota dengan tingkat penderita penyakit yang rendah. Bahkan karena kebersihannya, sampai saat ini belum ada pasien atau warga Reykjavik yang mengeluhkan terkena virus H1N1 (Flu babi). Uniknya, setiap orang di negara ini diwajibkan untuk bisa berenang, karena Islandia merupakan negara yang memiliki kekayaan panas bumi yang bagus untuk kesehatan, sehingga tempat ini merupakan tempat yang cocok bagi Anda pecinta olah raga renang. Kota ini juga terbebas dari kemacetan lalu lintas dan memiliki polusi udara yang sangat rendah. 


Source : Network Magazine

No comments:

Post a Comment

Thanks sudah mampir di blog saya, jangan lupa tinggalkan komentar ya...Trims....:)