Pages - Menu

Saturday, May 12, 2012

Kota Tut Wuri Handayani


Banyak kota di Indonesia yang menawarkan suasana kondusif dalam kegiatan belajar dan mengajar, diantaranya adalah beberapa kota berikut ini yang menjadi primadona bagi ilmu pendidikan di negara kita.

1. Jakarta


Sebagai ibu kota dari negara, Jakarta menjadi pilihan favorit untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Maklum saja, sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia, kota Jakarta menawarkan begitu banyak perguruan tinggi yang telah memiliki nama baik. Sebut saja Universitas Indonesia dan Universitas Trisakti yang sudah tentu menjadi favorit bagi para pelajar. Disamping itu, kota Jakarta juga menawarkan berbagai fasilitas dan tempat hiburan yang menarik untuk mengisi liburan bersama teman ataupun keluarga.

2. Yogyakarta


Kota yang di pimpin oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X ini memang menawarkan gaya hidup murah bagi calon para pelajar. Hampir di sekeliling kota terdapat ruang hijau yang membuat kota ini terjaga keasriannya. Yogyakarta juga menawarkan tempat wisata dan kuliner yang menjadi ikon kota seperti nasi gudeg, situs keraton Yogyakarta, candi prambanan, pantai selatan, serta hutan wisat kaliurang. Kemasyuran tempat pendidikannya pun juga tak dapat di pandang sebelah mata seperti Universitas Gajah Mada, dan Institut Seni Indonesia, menjadikan Yogyakarta sebagai kota pelajar di Indonesia.

3. Solo


Kota yang mempunyai semboyan Spirit Of Java ini memang menjadi salah satu tempat yang cocok untuk mengenyam pendidikan. Struktur kota yang masih berpegang teguh pada gaya hidup hijau in, menjadi daya tarik tersendiri. Solo juga di dapuk sebagai kota penghasil kualitas batik yang mumpuni, karea hampir semua desainer batik terkemuka di Indonesia berasal dari kota ini. Kota ini memiliki kalender tahunan seperti Solo Batik Carnival yang diadakan setiap juni. Solo juga memiliki perguruan tingginya yang terkemuka yaitu Universitas Sebelas Maret atau Universitas Negeri Solo. 

4. Malang


Kota yang terletak di Jawa Timur ini memiliki julukan sebagai Paris Van East Java. Dengan hawa yang sejuk  karena terletak di antara tiga gunung besar menjulang menjadikan  Malang sebagai tempat yang nyaman untuk mengenyam pendidikan. Universitas yang menjadi kebanggan kota adalah Universitas Brawijaya dan Universitas Muhammadiyah yang menjadikan kota ini sebaggai tujuan bagi para calon pelajar di Indonesia. Malang juga menawarkan kuliner khas Jawa Timur seperti nasi rawon dan rujak cingur serta berbagai tempat wisata seperti Batu Secret Zoo dan Batu Night Spectacular di daerah Batu.

5. Medan


Sebagai kota terbesar nomor 3 di Indonesia yang terletak di pulau Sumatera, tepatnya di Sumatera Utara membuat Medan menjadi pilihan yang tepat untuk menempuh pendidikan. Selain memiliki keindahan alam yang menawan seperti danau vulkanik yang namanya sudah mendunia, Danau Toba. Medan juga memiliki universitas yang mumpuni yakni, Universitas Sumatera Utara. Universitas ini termaksud kedalam jajaran universitas tertua di luar pulau jawa, dan merupakan universitas pertama yang memiliki fakultas kedokteran di pulau Sumatera.

6. Denpasar


Sebuah kota yang menjadi pusat kehidupan di pulau dewata ini menjadi tujuan berikutnya dalam berburu pendidikan. Selain menawarkan universitas tua yang pernah ada di Indonesia seperti Universitas Udhayana, Bali juga memiliki Institut Seni Indonesia yang banyak melahirkan para seniman-seniman Bali. Pulai inipun di dukung oleh sektor pariwisatanya yang sudah menjadi daya tarik seluruh masyarakat dunia. Di tambah hawa hijaunya yang masih asri sehingga membuat penggemar  seni lukis, seni tari bahkan seni olah lukis cahaya betah untuk tinggal berlama-lama di pulau ini. 

7. Makassar

"Aga Kareba?" inilah sapaan yang berarti apa kabar dalam bahasa makassar yang pastinya akan sering di jumpai jika berada di kota ini. Kota pelabuhan yang terletak di selatan pulau sulawesi ini juga menjadi pusat pendidikan bagi yang tinggal di sekitar bagian tengah dan timur, dengan Universitas Hasanudin sebagai universitas negeri terkemukanya. Sebagai salah satu kota besar di Indonesia, membuat Makassar menjadi tujuan para srtis internasional saat menggelar konser. Makassar juga memiliki acara Rock in Celebes sebuah festival tahunan musik beraliran keras. 

8. Bogor


Kota yang dijuluki sebagai kota hujan ini terletak di perbatasan sebelah selatan ibu kota Jakarta. Dengan tata letak kota yang berada di bawah kaki gunung salak, membuat udara di kota ini sejuk dan asri. Ditunjang dengan keberadaan Kebun Raya Bogor yang berisi koleksi jutaan pohon dan tanaman yang sudah berusia lebih dari ratusan tahun, menambah kondusif suasana untuk menempuh jenjang pendidikan. Bagi para calon pelajar yang tertarik dengan ilmu-ilmu pendidikan di kota ini terdapat Universitas Pertanian Bogor yang terkemuka untuk menimba ilmu. 
 

No comments:

Post a Comment

Thanks sudah mampir di blog saya, jangan lupa tinggalkan komentar ya...Trims....:)