Pages - Menu

Friday, April 13, 2012

The Raid



Title : The Raid
Genre : Action
Film Date : 2011


Cast : 
Iko Uwais as Rama
Danny Alamsyah as Andi
Ray Sahetapi as Tama
Joe Taslim as Sersan Jaka
Pierre Gruno as Letnan Wahyu


Indonesia boleh bangga karena memilki film yang tak hanya di putar di Indonesia tetapi juga di Amerika. The Raid sebelum di putar di bioskop Indonesia terlebih dahulu di publikasikan di Festival Film International Toronto yang mendatangkan pujian dari penonton dan kritikus sebagai film aksi terbaik selama bertahun-tahun dan mendapatkan penghargaan " The Cadillac People's Choice Midnight Madness Award". Kemudian film ini diputar di sejumlah Festival di berbagai negara. Tak hanya itu saja The Raid juga berhasil masuk ke 15 besar top box office bisokop amerika dan menghasilkan pendapatan sekitar 11 Miliar.

The Raid sendiri bercerita tentang penyerbuan agen SWAT ke sebuah apartemen tua dimana diketahui dihuni oleh para pelaku kriminal. Selama ini keberadaan apartemen tersebut tidak pernah tersentuh oleh aparat keamanan. Letnan Wahyu memerintahkan anak buahnya untuk menyerbu apartemen tersebut. Untuk memasuki apartemen itu tidaklah mudah, layaknya sarang penjahat, apartemen tersebut mendapatkan penjagaan ketat.

Mulanya aksi penyerbuan ini berjalan dengan lancar, namun saat mereka berada di lantai 6 keberadaan mereka di ketahui oleh anak kecil dan langsung berlari memberitahukan bahwa kawasan mereka telah di kepung oleh polisi. Tama, kepala gerbong narkoba yang menjadi pimpinan di apartemen tersebut memberitahukan keberadaan polisi yang ada di tempat mereka melalui pengeras suara dan memerintahkan kepada seluruh penghuni apartemen tersebut untuk memberi pelajaran kepada para polisi yang telah memasuki kawasan mereka tanpa izin dengan imbalan akan memberikan tempat tinggal gratis seumur hidup.

Lampu di dalam gedung tiba-tiba padam, pintu keluar terkunci. Tidak ada jalan keluar bagi para polisi tersebut. Pasukan polisi yang berjumlah 20 orang ini harus berjuang melewati setiap lantai untuk tetap bertahan hidup. Ruangan yang gelap, jumlah yang tak sebanding dan medan yang tak menguntungkan bagi mereka membuat pasukan polisi ini tewas satu persatu. Sersan Jaka meminta kepada Letnan Wahyu untuk meminta bantuan kepada markas pusat. Betapa syoknya Sersan Jaka saat Letnan Wahyu mengatakan bahwa mereka tak mungkin mendapatkan bantuan dari markas pusat karena penyerbuan ini tidak resmi alias tanpa persetujuan dari pusat. Tak lain misi penyerbuan ini hanyalah gagasan Letnan Wahyu pribadi.

Rama kemudian bertemu dengan Andi, kakaknya yang telah lama pergi dari rumah. Rupanya selama ini ia telah menjadi tangan kanan Tama dalam bisnis narkobanya. Andi lalu menolong Rama untuk keluar dari apartemen tersebut, sayangnya hal ini diketahui oleh Tama dan juga Mad Dog (tangan kanan Tama dan tukang pukul yang brutal). Ia kemudian di siksa untuk memancing kemunculan Rama. 

Adegan perkelahian seru terjadi antara Rama, Andi dan Mag Dog. Meskipun memiliki postur tubuh yang kecil namun Mag Dog sangat lincah dan memiliki ilmu bela diri yang tinggi. Tak mudah bagi Rama dan Andi untuk menjatuhkan Mag Dog. Adegan perkelahian ini benar-benar seru. Seolah mata tak berkedip melihat pertarungan ini. 

Tak heran jika The Raid disebut-sebut sebagai film terbaik indonesia tahun 2012 ini. Dengan setting di satu blok apartemen, membuat film ini terasa padat dan tidak bertele-tele. Hampir di setiap adegan di lalui dengan aksi-aksi kekerasan yang mengundang decak kagum. Film ini menonjolak bela diri khas indonesia yakni Pencak silat sebagai tata laga mereka. Satu lagi film bagus Indonesia yang diakui para kritikus dunia. 

No comments:

Post a Comment

Thanks sudah mampir di blog saya, jangan lupa tinggalkan komentar ya...Trims....:)