Sunday, April 15, 2012

Bentang Alam Afrika Yang Spektakuler



Sebagian mungkin berpikir Afrika adalah daratan yang penuh dengan singa dan satwa liar lainya. Padahal, Afrika merupakan benua yang kaya akan sumber daya alam dan bentang alam yang menajubkan. Pedalaman hutan, tingginya gunung, padang pasir tandus, keindahan terumbu karang, pulau-pulau tak berpenghuni  hingga permata yang terpendam merupakan kekayaan alam Afrika yang tiada tara. Sebuah perjanalan penuh tantangan dan penuh resiko diperlukan untuk menjelajahi seluruh kawasan ini. 

Benua Afrika merupakan benua terbesar kedua di dunia. Afrika didiami lebih dari 800 juta manusia, atau sekitar sepertujuh populasi manusia di bumi. Dipisahkan dari Eropa oleh Laut Tengah, Afrika menyatu dengan Asia di ujung timur lautnya melalui Terusan Suez yang memiliki lebar 130 Km. Luasnya terbentang dari ujung paling utara Cape Spratel di Maroko hingga ujung selatan Cape Verde di Afrika Selatan. 

Afrika merupakan benua yang unik, wilayahnya dilalui oleh tiga garis lintang utama, yaitu garis khatulistiwa, garis balik utara, dan garis balik selatan. Sebagian besar wilayahnya merupakan dataran tinggi dan bergurun. Meski demikian, terdapat juga kawasan-kawasan subur di dataran rendah, misalnya di Lembah Sungai Nil, dan Lembah Sungai Zaire yang merupakan lembah sungai terbesar kedua setelah Lembah Sungai Amazon. 

Gurun di Afrika

 Gurun Sahara

Persebaran gurun di Afrika dapat dijumpai di sekitar kilas balik utara dan garis balik selatan. Kawasan gurun dibagian selatan memiliki posisi atau letak yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan kawasan gurun di bagian utara. Namun begitu, gurun di bagian utara memiliki wilayah yang lebih luas. Gurun di wilayah utara di kenal dengan sebutan Gurun Sahara (kurang lebih 9.065.000 Km2), membentang dari Senegal di Barat hingga Kenya di Timur dan merupakan gurun terluas di dunia. Adapun gurun di wilayah Selatan, yakni Gurun Kalahari dan Gurun Namibia. 

Sungai dan Danau di Afrika

Air Terjun Victoria

Afrika banyak memiliki sungai besar. Sungai-sungai terkenal di Afrika adalah Sungai Nil yang panjangnya 6.500 km (terpanjang di dunia), Sungai Kongo, Sungai Orange di Afrika Selatan, Sungai Niger di Nigeria, Sungai Zambesi di Zambai. Beberapa aliran sungai tersebut dibendung untuk irigasi dan pembangkit listrik, misalnya bendungan Aswan yang membendung Sungai Nil dan bendungan Akosombo yang membendung Sungai Volta di Ghana. 

Danau-danau Afrika, yakni Danau Victoria (kurang lebih 69.484. km2) merupakan danau terbesar di Afrika, Danau Tanganyika, Danau Mobutu, Danau Rudolf, Danau Chad, dan Danau Zambesi. Selain itu, Afrika juga memiliki banyak air terjun besar yaitu air terjun Tuguela di Afrika Selatan (984 m) dan air terjun Victoria (108 m) di Zimbabwe yang merupakan air terjun terbesar di dunia. 

Gunung, Lembah dan Plato di Afrika

Gunung Kilimanjaro

Plato dan pegunungan banyak terdapat di Afrika bagian selatan. Kawasan tersebut banyak memiliki mata air dan aliran sungai dengan ketinggiaan antara 500-1.200 m dari permukaan laut. Palto dan pegunungan di Afrika yang terkenal adalah Plato Umbagi dan Plato Tassilin-Ajjer di Sahara, Plato Shaba di bagian tenggara, Plato Lunda dan Plato Drakensberg di bagian selatan, Dataran Tinggi Ethiopia di sebelah timur, serta Plato Angola di bagian tengah. 

Pegunungan yang terdapat di Afrika, yakni pegunungan Atlas yang membentang dari Pantai Barat Laut Afrika hingga Tunisia di pegunungan Cape di bagian selatan. Gunung di Afrika pada umumnya tidak aktif, namun masih ada beberapa yang aktif. Adapun titik tertinggi Afrika berada di Gunung Kilimanjaro (5.894 m) di Afrika Timur yang selalu tertutup salju. 

Benua Afrika mempunyai ketampakan alam berupa Lembah Celah Bear (The Great Rift Valley) yang terbentang sepangajan 6.400 km dari pantai Laut Merah di Afrika hingga Danau Tanganyika di Afrika Selatan.

Flora dan Fauna di Afrika

Addax, memiliki tanduk yang berbentuk spiral

Kondisi Flora dan Fauna di Afrika terkait dengan kondisi iklimnya. Di kawasan iklin hujan tropis (di bagain Afriak Tengah) terdapat variasi tumbuhan dan hutan hujan yang sangat lebat. Di bagian Utara dan Selatan (subtropis) terdapat stepa (padang rumput luas yang) dan sabana (padang rumput luas yang dikelilingi oleh pepohonan) yang luas, sedangkan di kawasan gurun hanya terdapat stepa dan tumbuhan kaktus. Kondisi alam Benua Afrika sangat mendukung penyebaran fauna, terutama hewan mamalia besar. Fauna khas Afrika, yaitu addax, zarafah, zebra, antilop, kuda nil, badak, dan gajah. Meskipun begitu mempunyai kemiripan fisik dengan hewan-hewan sejenis di Asia, namun hewan-hewan Afrika memiliki ukuran tubuh yang relatif lebih besar daripada hewan-hewan sejenis di Asia.


2 comments:

Thanks sudah mampir di blog saya, jangan lupa tinggalkan komentar ya...Trims....:)