Thursday, June 07, 2012

Negara-negara di Benua Asia Bagian Selatan



Asia merupakan benua terbesar dan berpolusi paling padat di dunia dengan wilayah yang mencangkup 8,6% permukaan bumi yang meliputi 50 negara yang terbesar di wilayah dari daratan luas Aisa Timur, Timur Tengah, hingga Samudera Pasifik.

Menurut wilayahnya, benua Asia terbagi menjadi 5 bagian yakni :

 A. Asia Barat
 B. Asia Selatan
 C. Asia Tengah
 D. Asia Tenggara
 E. Asia Timur

Berikut nama-nama negara asia menurut letaknya.

B. Asia Selatan

1.  Afghanistan


Afganistan berbatasan dengan Iran di sebelah barat, Pakistan di selatan dan timur, Tajikistan, Turkmenistan, Uzbekistan di utara, dan Republik Rakyat Cina di ujung timur. Afganistan juga berbatasan dengan Kashmir, wilayah yang dipersengketakan oleh India dan Pakistan. Afganistan merupakan salah satu negara termiskin di dunia.

Afghanistan mendapatkan kemerdekaannya pada tanggal 19 Agustus 1919 dari Britania Raya. Ibu kota negara ini terletak di kota Kabul yang sekaligus menjadi kota terbesar di negara ini. Afghanistan menggunakan bahasa Parsi (Dari), dan Pashtun. Mata uang yang digunakan ialah Afgani (AFN). Menurut agama orang Afganistan kebanyakan adalah Muslim Sunni (80%), Muslim Syi'ah (19%), dan lainnya (1%). Afghanistan ialah sebuah negara yang relatif miskin, sangat bergantung pada pertanian dan peternakan. Ekonominya melemah akibat kerusuhan politik dan militer terkini, tambahan kemarau keras dengan kesulitan bangsa antara 1998-2001. Sebagian penduduk mengalami krisis pangan, sandang, papan, dan minimnya perawatan kesehatan. Kondisi ini diperburuk oleh operasi militer dan ketidakpastian politik. Inflasi menyisakan banyak masalah. Afghanistan merupakan salah satu negara dengan sistem Pemerintahan Islam.

2. Bangladesh


Bangladesh adalah sebuah negara di Asia Selatan yang berbatasan dengan India di barat, utara, dan timur, Myanmar di tenggara, serta Teluk Benggala di selatan. Bangladesh memiliki jumlah penduduk terbesar kedelapan di dunia dan merupakan salah satu negara terpadat di dunia. Bangladesh mendeklarasikan kemerdekaanya pada 26 Maret 1971 dari Pakistan dan menjadi negara yang menganut sistem pemerintahan Republik Perlementer. Kota Dhaka merupakan ibu kota dari negara Bangladesh, Bangla menjadi bahasa resmi dari negara ini. Negara ini menggunakan mata uang Taka (BDT) sebagai pertukaran resmi dalam transaksi jual beli.

 Dua agama utama di Bangladesh adalah Islam (89,7%) dan Hindu. Aliran Islam yang paling banyak dianut adalah aliran Sunni, sementara sisanya adalah Syi'ah, Ahmadiyyah, atau Sufi. Mayoritas kelompok Bihari menganut aliran Islam Syiah. Kelompok agama lain adalah Buddha (0.7%, kebanyakan Theravada), Kristen (0.3%, kebanyakan Katolik Roma), dan animisme (0.1%). Bangladesh adalah negara Muslim terbesar ke-4 setelah Indonesia, Pakistan, dan India. Islam merupakan agama negara, tetapi agama lain juga boleh dianut. Perserikatan Bangsa-Bangsa telah mengakui negara ini sebagai negara Islam yang demokratis dan moderat.

3. Bhutan


Bhutan adalah sebuah negara kecil di Asia Selatan yang berbentuk Kerajaan dan dikenal dengan Negeri Naga Guntur. Wilayahnya terhimpit antara India dan Republik Rakyat Cina. Nama lokal negara ini adalah Druk Yul, artinya "Negara Naga". Gambar nagapun didapati di benderanya. Bhutan mendapatkan kemerdekaanya pada 8 Agustus 1949 yang di akui dari India dengan sistem pemerintahan Monarki Konstitusional Demokrasi yang dipimpin oleh Raja sebagai kepala negara. Ngultrum (BTN) menjadi mata uang resmi di negara ini. Bahasa Dzongkha menjadi bahasa resmi dari negara ini yang sekaligus merupakan salah satu dari 53 dalam keluarga bahasa Tiber, kemudian bahasa Inggris menjadi bahasa resmi ke dua dari salah satu negara terkecil di dunia ini. Ibu kota dari negara ini adalah Thimphu yang sekaligus menjadi kota terbesar. Bhutan adalah negara agama yang seluruh warganya beriman, ada sebanyak 75% warga menganut agama Budha Tantrayana aliran Tibet karena penduduknya kebanyakan berasal dari Tibet,  25% lainya menganut agama Hindu. 

4. India



India adalah sebuah negara di Asia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia, dengan populasi lebih dari satu miliar jiwa, dan adalah negara terbesar ketujuh berdasarkan ukuran wilayah geografis. India mendeklarasikan kemerdekaannya pada 15 Agustus 1974 dari Britania Raya dan terbentuk menjadi negara Republik Federal pada 26 Januari 1950. New Delhi menjadi ibu kota dari negara ini, bahasa Hindi merupakan bahasa resmi dari negara ini, sedangkan bahasa inggris juga menjadi bahasa yang hampir dikuasai oleh penduduk India. Rupee (INR) merupakan mata uang resmi dari negara ini. Mayoritas penduduk di India beragama Hindu 80.46%, Islam 13.43%, Kristen 2.34%, Sikh 1.87%, dan sisanya Buddha 0.77%, Jain 0.41%, dan Yahudi.

5. Maladewa


Maladewa atau Maldives adalah sebuah negara kepulauan yang terdiri dari kumpulan atol (suatu pulau koral yang mengelilingi sebuah laguna) di Samudra Hindia. Sejak tahun 1153 hingga 1968, negara ini berbentuk kesultanan Islam yang independen. Setelah Maladewa memperoleh kemerdekaannya dari kerajaan Inggris pada 26 Juli 1965 berganti terbentuk menjadi negara dengan sistem pemerintahan Republik Presedinsiil yang dipimpin oleh Presiden sebagai kepala negara. Ibu kota dari negara ini terletak di kota Divehi, begitu pula dengan bahasa resmi yang dipergunakan yakni Divehi . Mata uang resmi nya ialah Rufiyaa Maladewa (MVR).
 
Maladewa merupakan salah satu negeri Islam yang menakjubkan. Seperti dikutip salah satu media online Maladewa, Minivan News, jumlah pemeluk Islam di sana adalah 99,41 persen dari total jumlah penduduknya. Sementara konstitusi Maladewa mengklaim bahwa penduduknya 100 persen Muslim, karena secara tidak langsung, Islam merupakan sebuah persyaratan seseorang untuk memegang status sebagai warga negara Maladewa. 
 
6. Nepal
 
 
Nepal, terletak di kawasan pegunungan Himalaya, adalah sebuah Negara terkurung daratan di Asia Selatan yang berbatasan dengan Republik Rakyat Cina (Daerah Otonomi Tibet) di sebelah utara dan India di barat, timur, dan selatan. Nepal merupakan negara kerajaan yang berdiri pada 21 Desember 1768. Hingga tahun 2006 Nepal merupakan satu-satunya kerajaan Hindu di dunia. Pada tahun 2006 parlemen Nepal menyatakan Nepal diubah menjadi negara sekuler. Pada 28 Mei 2008, Nepal mengganti sistem pemerintahannya dari kerajaan yang sudah bertahan selama 250 tahun menjadi republik sehingga secara resmi nama "Kerajaan Nepal" pun berubah menjadi "Republik Nepal".
 
Ibu kota dari negara ini adalah kota Kathmandu. Para penduduknya menggunakan bahasa Nepali sebagai bahasa resmi dari negara ini. Mata uang yang dipergunakan sebagai alat transaksi jual beli resmi yakni Rupee (NPR). Nepal merupakan negara yang menjadikan agama Hindu sebagai agama resmi dari negara ini, namun sejak tahun 2006 Nepal menyatakan diri menjadi sekuler. 

7. Pakistan


Secara resmi negara Pakistan bernama Republik Islam Pakistan. Negara ini memiliki garis pantai sepanjang 1.046-kilometer (650 mil) dengan Laut Arab dan Teluk Oman di bagian selatan, berbatasan dengan negara Afghanistan dan Iran di bagian barat, India di bagian timur dan China di arah timur laut. Pakistan memperoleh kemerdekaannya pada 14 Agustus 1947 dari Britania Raya yang kemudian menjadi negara dengan sistem pemerintahan Republik yang dipimpin oleh Presiden sebagai kepala negara. Islamabad merupakan ibu kota dari negara ini, sedangkan kota terbesar dari pakistan ialah Karachi. Bahasa Urdu menjadi bahasa resmi dari negara pakistan, sedangkan bahasa inggris menjadi bahasa resmi ke-2 lainya. Rupee (PKR) menjadi alat transaksi resmi dari negara yang mayoritas penduduknya memeluk agama Islam. Pakistan juga menjadi salah satu negara terpadat di dunia dan memiliki penduduk Muslim terbanyak di dunia setelah Indonesia.

8. Sri Lanka


Sri Lanka adalah sebuah negara pulau di pesisir tenggara India. Hingga tahun 1972, dunia internasional menyebut negara ini Ceylon. Sri Lanka telah dilanda konflik etnis selama dua dekade terakhir, antara pemerintah dan kelompok minoritas Tamil yang dipimpin Macan Tamil. Pada tahun 2002, kedua pihak setuju untuk mengadakan gencatan senjata. Negara ini terkenal akan produksi teh-nya.

Sri Lanka memperoleh kemerdekaan dari Britania Raya pada 4 Februari 1948 yang kemudian terbentuk menjadi negara dengan sistem pemerintahan Republik. Presiden menempati posisi tertinggi sebagai pemimpin negara. Kolombo merupakan ibu kota dari Sri Lanka yang sekaligus menjadi kota terbesar dari negara yang memiliki lambang singa. Mata uang resmi yang dipergunakan di negara ini adalah Rupee (LKR). Baik bahasa Sinhala maupun Tamil telah merupakan bahasa resmi sejak persetujuan India-Sri Lanka yang ditandatangani tahun 1989. Bahasa Inggris, bahasa pemersatu berdasarkan konstitusi, adalah bahasa ibu bagi sekitar 10% dari seluruh penduduk, dan dituturkan serta dimengerti dengan luas di Sri Lanka. Ketiga-tiga bahasa tersebut digunakan dalam pendidikan dan pemerintahan. Sekitar 69% populasi berasal dari Suku Sinhala, yang mayoritas beragama Buddha mazhab Theravada. Kelompok besar lainnya adalah Suku Tamil (18%) yang mayoritas beragama Hindu 15%, dan tinggal di sebelah utara dan timur. Suku Tamil dibagi lagi kepada dua kelompok: Tamil Asli dan suku Tamil yang merupakan pendatang baru dari India.
 

Sumber : Wikipedia Indonesia


No comments:

Post a Comment

Thanks sudah mampir di blog saya, jangan lupa tinggalkan komentar ya...Trims....:)