Pages - Menu

Tuesday, June 05, 2012

Hewan-hewan Menakjubkan


Allah Swt menciptakan bumi beserta isinya. Manusia, tumbuhan dan hewan menjadi penghuni bumi ini. Banyak sekali hal-hal yang luar biasa dan menakjubkan yang terkadang luput dari perhatian kita. Pergantian siang dan malam sendiri merupakan salah satu tanda kebesaran Allah Swt. Postingan kali ini akan membahas tentang hewan-hewan menakjubkan yang ada di muka bumi ini.

1. Lebah


Di dalam Al-Qur'an, Allah berfirman tentang lebah dan keistimewaannya dalam surat Al-Nahl. Serangga yang satu ini menempati posisi penting dibanding serangga lainnya. Tak heran jika lebah dijadikan salah satu nama surat dalam Alquran. Lebah menghasilkan madu yang banyak mengandung vitamin yang memiliki banyak mamfaat bagi kesehatan manusia. Seperti yang diketahui dalam ilmu pengetahuan, lebah memiliki koloni yang terdiri dari Ratu Lebah, Lebah Pekerja dan Lebah Jantan. Masing-masing memiliki tugasnya sendiri.

Ratu Lebah akan bertelur selama hidupnya, berjenis kelamin perempuan. Lebah ratu yang aktif mampu bertelur kira-kira 2.000 butir telur sehari. Makanan ratu merupakan sari madu (royal jelly), harapan hidup lebah ratu ialah tiga tahun.

Lebah pekerja berjenis kelamin betina tugasnya mengumpulkan serbuk sari dan nektar. Madu merupakan produk hasil pengolahan makanan nektar yang dimuntahkan kembali dari dalam tubuhnya dan disimpan dalam sarang lebah untuk makanan cadangan, makanan madu ini juga untuk larva dan pupa. Lebah pekerja bisa bertelur dan telurnya dapat menetas jika koloni lebah kehilangan ratunya maka secara alami sesuai naluri lebah betina akan bertelur dan yang lahir dari telur lebah pekerja ini semuanya berjenis kelamin jantan karena dari telur yang tak terbuahi, lebah pekerja tidak pernah dikawini oleh lebah jantan.

Lebah jantan bertugas mengawini lebah ratu muda yang masih perawan jika akan membentuk koloni baru dan akan mati setelah kawin. Lebah jantan merupakan lebah dari telur tak terbuahi yang diberi makanan nektar dan madu biasa. Jumlah lebah jantan ini jumlahnya hanya ratusan.

Hal lain yang mengagumkan tentang lebah madu ini adalah kerjasama di antara mereka dalam membangun kantung-kantung madu ini. Bila seseorang mengamati sarang lebah yang telah jadi, mungkin ia berpikir bahwa rumah tersebut terbangun sebagai blok tunggal. Padahal sebenarnya, lebah-lebah memulai membangun rumahnya dari titik yang berbeda-beda. Ratusan lebah menyusun rumahnya dari tiga atau empat titik awal yang berbeda. Mereka melanjutkan penyusunan bangunan tersebut sampai bertemu di tengah-tengah. Tidak ada kesalahan sedikitpun pada tempat di mana mereka bertemu.Lebah akan mengeluarkan sengatan jika merasa terganggu oleh manusia. Lebah madu akan mati beberapa menit setelah melepaskan sengatan nya.

2. Semut


Apa yang menarik dari semut? Hewan kecil ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan hewan berbadan besar lainnya. Meskipun ukuran tubuhnya yang relatif sangat kecil, semut adalah hewan terkuat kedua didunia. Semut jantan mampu menopang beban dengan berat lima puluh kali dari berat badannya sendiri, dapat dibandingkan dengan gajah yang hanya mampu menopang beban dengan berat dua kali dari berat badannya sendiri.

Sama seperti lebah, semut juga memiliki koloni sendiri yang terdiri dari Ratu Semut, Semut Pekerja dan Semut Tentara. Semut merupakan hewan yang rajin dan kuat. Untuk mencari makan saja, semut harus menghadapi resiko kematian. Tak jarang manusia sering mengusir dan menepuk semut yang sering hinggap di makanan atau minuman. Melihat semut yang berjalan beriringan membuat saya kagum, uniknya lagi hewan kecil ini saling menyapa jika bertemu dengan para kelompoknya. Jika ada semut yang menemukan sumber makanan, maka semut akan memberitahukan kepada kelompoknya dan mengangkat makanan itu bersama-sama dan membawa ke sarangnya.

Semut merupakan hewan yang pantang menyerah dan memiliki arah tujuan yang pasti. Semut akan tetap berusaha maju berjalan meskipun arah jalannya tertutup sesuatu. Semut juga membangun sarangnya, tak jarang di jumpai gundukan tanah berupa sarang yang dibangun oleh semut. 

3. Burung


Sejak kecil saya selalu merasa iri dengan burung. Tak hanya bisa berjalan, burung pun dapat terbang membelah angkasa dengan ke dua sayapnya. Sungguh merupakan salah satu ciptaan Allah yang selalu membuat saya takjub. Sering kali saya berpikir alangkah indahnya jika manusia mempunyai sayap dan dapat terbang layaknya burung. 

Selain itu pula, burung juga memiliki warna bulu yang indah. Jika dilihat dari jenisnya, burung memiliki variasi yang sangat banyak. Mulai dari burung kolobri yang mungil hingga burung onta yang memiliki badan yang besar. Namun ada beberapa jenis burung yang tidak dapat terbang. Bahkan sebelum ada pos, pada zaman dahulu burung merpati sering kali dipergunakan oleh manusia untuk mengantarkan surat yang jaraknya jauh.

4. Lumba-lumba


Lumba-lumba merupakan salah satu jenis ikan yang bersahabat dengan manusia, lumba-lumba tergolong salah satu hewan mamalia yang sangat cerdas dan dapat menolong manusia. Allah menciptakan lumba-lumba dengan sistemnya yang lengkap dan sempurna  yang melengkapi tubuhnya sangat kompleks. Sehingga banyak teknologi yang terinspirasi dari lumba-lumba. Salah satu contoh adalah kulit lumba-lumba yang mampu memperkecil gesekan dengan air, sehingga lumba-lumba dapat berenang dengan sedikit hambatan air. Hal ini yang digunakan para perenang untuk merancang baju renang yang mirip kulit lumba-lumba.

Lumba-lumba memiliki sebuah sistem yang digunakan untuk berkomunikasi dan menerima rangsang yang dinamakan sistem sonar, sistem ini dapat menghindari benda-benda yang ada di depan lumba-lumba, sehingga terhindar dari benturan. Teknologi ini kemudian diterapkan dalam pembuatan radar kapal selam.

5. Kupu-kupu


Kupu-kupu yang lucu, kemana engkau terbang? Sebagian dari anak kecil menyukai keindahan dari warna sayap kupu-kupu. Serangga yang indah ini sering kali hingga di kelopak bunga yang tengah mekar. Ditengah kehidupan yang maju seperti ini, kupu-kupu sudah jarang di jumpai. Kebun atau taman yang ditumbuhi banyak bunga dan buah kini telah berganti bangunan beton yang berdiri dengan kokoh di atas permukaan tanah. 

Kupu - kupu hidup hampir di seluruh daerah di permukaan bumi, baik yang beriklim panas maupun yang beriklim dingin, dataran rendah maupun dataran tinggi. Beragam jenis kupu - kupu banyak di temukan di daerah hutan hujan tropis. Ada sekitar 28000 jenis kupu - kupu di seluruh dunia.

Tapi siapa sangka, sebelum menjadi serangga yang indah, awalnya kupu-kupu hanyalah ulat yang dianggap banyak orang sebagai hewan yang menjijikkan termaksud saya tentunya. Sebelum menjadi indah, kupu-kupu mengalami proses metamorfosis dari telur, ulat, kepompong hingga menjadi kupu-kupu yang indah. Bahkan saat menjadi kepompong, ulat berpuasa dan tidak makan, tak heran jika sebelumnya ulat memakan banyak daun hingga dapat membuat benang tipis yang membungkus tubuhnya mulai dari rentang waktu 7-20 hari tergantung dari masa prosesnya. 

Kupu-kupu umumnya hidup dengan mengisap madu bunga (nektar/ sari kembang). Akan tetapi beberapa jenisnya menyukai cairan yang diisap dari buah-buahan yang jatuh di tanah dan membusuk, daging bangkai, kotoran burung, dan tanah basah. Kupu-kupu dikenal sebagai serangga penyerbuk tanaman, yang membantu bunga-bunga berkembang menjadi buah. Sehingga bagi petani, dan orang pada umumnya, kupu-kupu ini sangat bermanfaat untuk membantu jalannya penyerbukan tanaman.

Siklus hidup kupu- kupu yang singkat sama sekali tak mengurangi nilai keindahan yang dimilikinya. Keindahan sayapnya hanya dapat dinikmati dalam rentang waktu yang singkat, hanya 2 sampai 7 hari, setelah itu kupu - kupu akan mati. Walaupun seperti itu kupu - kupu tetap sabar melewati semua siklus hidupnya, sampai tiba saatnya untuk menampakkan keindahan yang dimilikinya


Masih banyak lagi keindahan dan hal-hal yang lebih menakjubkan yang ada di alam semesta ini. Beristirahatlah sejenak, dan lihatlah alam luas ini yang tak kan pernah habis di kupas oleh manusia, dan tak akan pernah habis rasa kagum dan takjub kita atas ciptaan Allah Swt.

Tidakkah mereka memperhatikan burung-burung yang dimudahkan terbang di angkasa bebas. Tidak ada yang menahannya selain daripada Allah. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang beriman.”

“Dia-lah, Yang telah menurunkan air hujan dari langit untuk kamu, sebahagiannya menjadi minuman dan sebahagiannya (menyuburkan) tumbuh-tumbuhan, yang pada (tempat tumbuhnya) kamu menggembalakan ternakmu.”

Dan di bumi ini terdapat bagian-bagian yang berdampingan, dan kebun-kebun anggur, tanaman-tanaman dan pohon korma yang bercabang dan yang tidak bercabang, disirami dengan air yang sama. Kami melebihkan sebahagian tanam-tanaman itu atas sebahagian yang lain tentang rasanya. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berfikir.”

“Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir biji-pun dalam kegelapan bumi, dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfudz)”.

Dan Dia-lah, Allah yang menundukkan lautan (untukmu), agar kamu dapat memakan daripadanya daging yang segar (ikan), dan kamu mengeluarkan dari lautan itu perhiasan yang kamu pakai; dan kamu melihat bahtera berlayar padanya, dan supaya kamu mencari (keuntungan) dari karunia-Nya, dan supaya kamu bersyukur.”

    

No comments:

Post a Comment

Thanks sudah mampir di blog saya, jangan lupa tinggalkan komentar ya...Trims....:)