Pages - Menu

Saturday, March 10, 2012

Romansa Abadi


Cinta memiliki kekuatan yang besar. Manisnya cinta dapat mendatangkan senyuman dan kebahagiaan. Namun cinta dapat mendatangkan penderitaan dan air mata. Romansa cinta tak kan pernah habis di makan oleh zaman, berikut beberapa bangunan yang menjadi bukti tentang keagungan cinta.

1. Boldt Castle, Heart Island, New York


Kastil ini dibangun oleh seorang pria bernama George Boldt sebagai ungkapan cintanya kepada sang istri, Louise. Tepat tanggal 4 Februari tahun 1905 silam, George Boldt memberi istrinya sekitar lima hektar tanah di sebuah pulau pada lepas pantai New York untuk membangun sebuah kastil yang nantinya diberi nama Boldt. Namun selang satu tahun sebelum Boldt Castle selesai di bangun, Louise sang istri meninggal di usianya yang baru menginjak 41 tahun. Setelah Louise meninggal, pembangunan kastil pun di hentikan oleh George. Sampai sekarang kastil yang belum rampung ini bisa dijumpai di pulau Heart, New York.

2. Coral Castle, Homestead, Florida



Pada awal tahun 1920-an, seorang pria bernama Ed Leedskalnin ditinggalkan oleh tunangannya sehari sebelum pernikahan mereka. Kekecewaan malah menuntun untuk melakukan berbagai cara untuk melakukan berbagai cara demi mengabadikan kenangan manisnya dengan sang tunangan. Ed kemudian memiliki kegemaran baru, yakni menyusun batu karang satu persatu dengan telaten. Ia bertekad bisa membuat sebuah kastil karang untuk mengabadikan ingatan manisnya tentang sang tunangan. Konon, ia mengerjakan bangunan ini selama 28 tahun dan hanya melakukan pengerjaan di malam hari. Sampai sekarang, bangunan karang ini masih bisa di lihat di daerah Homestead, Florida.

3. Taj Mahal, Agra, India


Karena keindahan dan kemegahan arsitekturnya, bangunan ini termaksud ke dalam salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Bangunan yang berbentuk masjid ini dibangun selama 22 tahun. Taj Mahal di dirikan oleh Shah Jahan sebagai bentuk ungkapan cintanya kepada Mumtaz Mahal, mendiang istrinya yang ketiga yang meninggal saat melahirkan anak mereka. Bahan yang di gunakan untuk membangun Taj Mahal berupa 28 batu-batuan indah dari berbagai wilayah asia. Seperti batu merah dari Fatehpur Sikri, Jasper dari Punjab, jade dan kristal dari China, batu pirus dari Tibet, lapis lazuli dan sapir dari Srilanka, batu bara dan batu kornelian dari Arab, serta berlian dari Panna. Lantainya pun terbuat dari pualam yang berkilau dari Makrana, Rajasthan. Didalam bangunan ini juga terdapat makam Mumtaz Mahal yang berada di tengah bangunan.

4. Prasat Hin Phimai, Phimai Hin, Thailand


Legenda bangunan di Thailand ini dimulai ketika seorang Raja yang memerintahkan anaknya, Pajitt untuk mencari seorang istri untuk dinikahi. Akhirnya sang pangeran pergi mencari calon istrinya ke pedesaan selama berbulan-bulan sampai ia melihat wanita yang sedang hamil. Sang pangeran menginginkan untuk menikahi sang bayi yang masih berada dalam kandungan wanita tersebut. Kemudian anak tersebut di beri nama Orapima. Pada saat Oripima berumur 16 tahun keduanya jatuh cinta, namun cinta mereka tidak mendapatkan restu dari sangx aja. Orapima dan Pajitt melarikan diri ke hutan dan dalam hutan itu Pajitt dibunuh oleh seseorang yang menginginkan Orapima. Karena patah hati, Orapima membangun sebuah tempat kudus, yang kemudian di beri nama Prasat Hin Phimai. Prasat Hit Phimai dibangun, dicat dan dipahat pada bagian dalamnya dengan adegan-adegan kehidupannya ketika bersama dengan Pajitt.

5. Mystery Castle, Phoenix, Arizona


Mystery Castle adalah sebuah kastil yang dibangun sebagai ungkapan cinta seorang ayah kepada anak perempuannya. Boyce Gulley memutuskan pergi dari rumahnya di Seattle setelah mengetahui dirinya di diagnosis mengidap TBC. Dia menyelinap pergi dari istri dan putrinya karena tidak ingin menularkan TBC kepada mereka dan melihatnya menderita. Dengan uang yang tersisa, ia membeli sebuah tanah di kaki gunung. Boyce kemudian menghabiskan 16 tahun untuk membangun sebuah istana dengan tangannya sendiri sembari menunggu ajalnya tiba. Boyce menggunakan bahan-bahan alami dan sisa artefak. Setelah Boyce meninggal, Putrinya, Mary Lou Gulley menemukan warisan yang terletak di Arizona tersebut. 

6. Candi Prambanan, Yogyakarta, Indonesia


Bangunan cinta selanjutnya berasal dari Yogyakarta, Indonesia. Diceritakan dalam legenda, ada seorang raksasa bernama Bandung Bandawasa yangn mempunyai kekuatan supranatural. Dia ingin mempersunting Putri Rara Jonggrang. Kemudian Putri Rara Jonggrang memberikan syarat Bandung Bandawasa harus membuat candi dengan seribu arca di dalamnya dalam waktu satu malam saja. Syarat tersebut di sanggupi oleh Bandung Bandawasa. Melihat pembangunan candi yang hampir selesai, maka Rara Jonggrang melakukan suatu kecurangan. Sampai waktu yang telah ditentukan pembanguan candi tersebut belum selesai padahal hanya kurang satu arca lagi. Mengetahui kecurangan yang dilakukan Rara Jonggrang,  Bandung Bandawasa menjadi marah dan mengutuk Rara Jonggrang menjadi pelengkap arca yang ke seribu.

7. Dobroyd Castle, Todmorden, Inggris


Kastil ini di bangun oleh Jhon Fielde, putra dari orang kaya di tanah Britania, yang di peruntukkan kepada kekasuhnya yang bernama Ruth Stansfield, Meskipun datang dari dua dunia yang berbeda, cinta berhasil menyatukan putra bangsawan dengan gadis penenun ini. Kastil Dobroyd merupakan bukti cinta Fielde kepada Ruth. Sebagai syarat Sebagai syarat atas pernikahannya, Ruth meminta kepada Fielde membangun sebuah istana di atas bukit. Hasilnya kemudian bisa dilihat dari kastil yang berdiri di daerah Todmorden, Inggris. Di dalam bangunan ini terdapat banyak inisial nama mereka. JFR, sebagai refleksi dari cinta mereka. 

No comments:

Post a Comment

Thanks sudah mampir di blog saya, jangan lupa tinggalkan komentar ya...Trims....:)