Tuesday, March 27, 2012

Negara-negara di Benua Asia Bagian Barat




Asia merupakan benua terbesar dan berpolusi paling padat di dunia dengan wilayah yang mencangkup 8,6% permukaan bumi yang meliputi 50 negara yang terbesar di wilayah dari daratan luas Aisa Timur, Timur Tengah, hingga Samudera Pasifik.

Menurut wilayahnya, benua Asia terbagi menjadi 5 bagian yakni :
  1. Asia Barat
  2. Asia Selatan
  3. Asia Timur
  4. Asia Tengah
  5. Asia Tenggara
Berikut nama-nama negara asia menurut letaknya.

A. Asia Barat

Asia Barat merupakan bagian sebelah barat benua Asia. Asia barat juga dikenal dengan istilah wilayah "Timur Tengah".

1. Arab Saudi


Arab Saudi atau Saudi Arabia atau Kerajaan Arab Saudi adalah negara Arab yang terletak di Jazirah Arab. Beriklim gurun dan wilayahnya sebagian besar terdiri atas gurun pasir dengan gurun pasir yang terbesar adalah Rub Al Khali. Orang Arab menyebut kata gurun pasir dengan kata sahara. Arab Saudi sebuah negara yang memiliki luas 2.240.000 Km2.

Pada tanggal 23 September 1932, Abdul Aziz bin Abdurrahman as-Sa'ud—dikenal juga dengan sebutan Ibnu Sa‘ud—memproklamasikan berdirinya Kerajaan Arab Saudi atau Saudi Arabia (al-Mamlakah al-‘Arabiyah as-Su‘udiyah) dengan menyatukan wilayah Riyadh, Najd (Nejed), Ha-a, Asir, dan Hijaz dengan pemerintahan Kerajaan Monarki Mutlak Islam. Abdul Aziz kemudian menjadi raja pertama pada kerajaan tersebut. Dengan demikian dapat dipahami, nama Saudi berasal dari kata nama keluarga Raja Abdul Aziz as-Sa'ud. Riyadh merupakan ibu kota dari negara ini. Sesuai dengan lambang bendera yang, maka mayoritas penduduk Arab Saudi memeluk agama Islam. Negara ini menggunakan Riyal (SAR) sebagai mata uang mereka. 

2. Bahrain


Kerajaan Bahrain adalah sebuah negara kepulauan di Teluk Persia dengan luas 665 Km2. Negara ini memiliki sistem pemerintahan Kerajaan Monarki Konstisusional yang mendapatkan kemerdekaan dari Britania Raya pada 15 Agustus 1971. Kota Al-Manamah merupakan ibu kota dari negara ini. Sebagian penduduknya memeluk agama islam. Islam menjadi agama resmi di Bahrain, namun dengan kedatangan pendatang dan pekerja dari Sri Lanka dan Filiphina menjadikan presentase keseluruhan masyarakat Muslim menurun, yakni 81, 2 % menurut sensus yang dilakuakan pada tahun 2001. Mata uang yang digunakan ialah mata uang Dinar (BHD). Bahasa resmi yang digunakan bahasa Arab.

3. Irak


Irak merupakan negara yang meliputi sebagian besar daerah Mesopotamia. Ibu kota negara ini terletak di Kota Bagdad. Irak mempunyai sejarah yang unik dan panjang, negara ini mendapatkan kemerdekaannya pada 1 Oktober 1919 dari kerajaan Ottoman dan kemudian berbentuk negara Republik. Irak merupakan negara yang kaya karena memiliki ladang minyak. Namun negara ini masih sering terlibat dalam konflik saudara yakni dengan negara Iran. Irak memiliki luas 437.042 km2. Bahasa resmi yang digunakan ialah Arab dan Kurdi. Mata uang yang digunakannya yakni Dinar (IQD). 97% penduduknya memeluk agama Islam.

Pada tahun 2003, Amerika Serikat beserta para sekutunya melakukan invansi ke Irak. Entah apa tujuan sebenarnya, hanya saja pada saat itu Irak di tuduh memiliki senjata pemusnah massal yang berbahaya bagi kelangsungan hidup manusia di bumi. Entah benar atau tidak yang jelas invasi tersebut hanya mendatangkan kesengsaraan dan kehancuran bagi masyarakat Irak. Ladang minyak Irak pun dikuasai oleh Amerika dan para sekutunya, bahkan mereka membentuk pemerintahan sementara di Irak dan orang-orang Amerika yang menduduki posisi penting di pemerintahan tersebut. Sang Predisen Irak, Saddam Husein menjadi buronan nomor satu dan berhasil ditangkap oleh pasukan gabungan koalisi As pada 13 Desember 2003 yang saat itu bersembunyi di bunker bawah tanah. Saddam didakwa dengan berbagai macam tuntutan yakni pemilik senjata pemusnah massal, dalang atas pembantaian 150 penduduk muslim syiah dan juga terlibat dalam serangan teroris atas runtuhnya gedung WTC di New York. Atas dakwaan tersebut kemudian ia dijatuhi hukuman gantung pada 30 Desember 2006.

4. Iran


Iran atau yang juga di sebut negeri Persia merupakan sebuah negara yang memiliki luas 1. 648,195 km2. Pada tahun 1979, sebuah Revolusi Iran yang dipimpin Ayatollah Khomeini mendirikan sebuah Republik Islam teokratis sehingga nama lengkap Iran saat ini adalah Republik Islam Iran. Ibu kota Iran yakni kota Teheran. Sebagian besar penduduknya memeluk agama Islam. Bahasa resmi yang digunakan yakni bahasa Persia. Mata uang yang digunakan yakni Rial (IRR).

5. Kuwait


Kuwait adalah negara monarki yang kaya akan minyak di pesisir Teluk Persia, Timur Tengah. Ia berbatasan dengan Arab Saudi di sebelah selatan dan Irak di utara. Nama 'Kuwait' berasal dari kata Arab yang bermakna "benteng yang dibangun dekat air". Kota Kuwait merupakan ibu kota dari negara ini. Menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa resmi. Kuwait memiliki luas 17.820 Km2. Negara ini mendapatkan kemerdekaannya dari Britania Raya pada 19 Juni 1951 dan kemudian menjadi sebuah negara yang memiliki sistem pemerintahan Monarki Konstitusional. Dinar (KWD) merupakan mata uang resmi yang digunakan oleh negara ini. Sebagian besar penduduknya memeluk agama Islam.

6. Lebanon 

Lebanon memiliki luas wilayah 10.452 Km2 yang berbatasan dengan Suriah. Negara ini memperoleh kemerdekaannya pada 22 November 1944. Bahasa yang digunakan yakni bahasa Arab. Lebanon merupakan negara yang memiliki sistem pemerintahan Republik Demokratis Parlementer yang memberlakukan sebuah sistem khusus pemerintahan yang disebut Konfesionalisme yakni sebuah sistem yang berupaya adil untuk membagi posisi keagamaan dalam sistem pemerintahan. Maklum saja karena penduduknya menganut aliran sekte dan agama terbanyak di dunia. Ada sekitar lebih 20 jenis agama berkembang di Lebanon. Namun 59,7% penduduknya memeluk agama Islam. Lebanon menggunakan mata uang Pound Lebanon (LBP) sebagai alat transaksi jual beli. Beirut merupakan ibu kota dari negara ini.

7. Mesir


Mesir merupakan sebuah negara yang sebagian besar wilayahnya terletak di Afrika bagian timur laut. Mesir juga digolongkan negara maju di Afrika. Dengan luas wilayah 997.739 Km 2. Mesir mendapatkan kemerdekaannya dari Britania Raya 28 Februari 1922 dan di deklarasikan pada 18 Juni 1953 yang kemudian menjadi negara dengan sistem pemerintahan Republik. Ibu kota Mesir terletak di Kairo, 90% dari penduduk Mesir adalah penganut Islam, mayoritas Sunni dan sebagian juga menganut ajaran Sufi lokal. Sekitar 10% penduduk Mesir menganut agama Kristen; 78% dalam denominasi Koptik (Koptik Ortodoks, Katolik Koptik, dan Protestan Koptik). Mesir sendiri menggunakan mata uang Pound Mesir (EGP) serta menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa resmi.

8. Oman


Oman memiliki luas wilayah 309,501 Km2 yang berbatasan dengan Uni Emirat Arab, Arab Saudi dan Yaman. Oman memiliki sistem pemerintahan Monarki Mutlak dengan Syariat Islam dimana Sultan Oman menjalankan kewenangan paripurna. Negara ini memakai bahasa Arab sebagai bahasa resmi mereka. Menggunakan mata uang Rial (OMR) sebagai alat transaksi jual beli. Mayoritas penduduknya memeluk agama Islam. Ibu kota negara ini terletak di kota Muskat.

9. Palestina


Otoritas Nasional Palestina atau Palestina merupakan sebuah negara yang berbentuk Republik Parlementer yang diumumkan berdirinya pada tanggal 15 November 1988 di Aljiria, ibu kota Aljazair. Berbeda dengan kebanyakan negara di dunia yang mengumumkan kemerdekaannya setelah memperoleh Konsesi Politik dari negara penjajah, Palestina mengumumkan eksistensinya bukan karena mendapat konsesi politik dari negara lain, melainkan untuk mengikat empat juta kelompok etnis dalam satu wadah, yaitu negara Palestina. Dalam pengumuman itu ditetapkan pula bahwa Yerusalem Timur ibu kota negara. Bahasa Arab merupakan bahasa resmi dan menggunakan mata uang Dinar Yordania sebagai mata uang dipalestina namun tak jarang juga menggunakan mata uang Pound Mesir.

Palestina merupakan negara yang sampai saat ini belum mendapatkan ketenangan dan kedamaian. Sepanjang sejarah Palestina terus saja diserang oleh para bangsa-bangsa Israel yang ingin mengambil tanah Palestina. Para penduduk Palestina memeluk agama Islam. Di tanah palestina inilah terletak Masjid Al-Aqsa yang merupakan masjid penting dan bersejarah dalam agama islam. Mohammed Abdel Rahman Abdel Raouf Arafat al-Qudwa al-Husseini atau biasa disebut Yasser Arafat merupakan Presiden Otoritas Nasional Palestina pertama yang semasa hidupnya terus memerangi Israel dan memperjuangkan hak untuk menentukan nasib palestina sendiri.

Sampai saat ini PBB masih saja mencari cara untuk mendamaikan Palestina dan bangsa Israel. Tapi sampai hari ini pun rakyat Palestina masih tetap mendapatkan perlakuan tak adil dari Israel dan para sekutunya. Entah kapan kedamaian akan datang di tanah Palestina ini.

10. Qatar


Setelah dominasi Inggris dan Kesultanan Utsmaniyah di Qatar, akhirnya Qatar menjadi negara yang merdeka pada 3 September 1971 yang kemudian menggunakan sistem pemerintahan Monarki Dengan luas wilayah 11,437 Km2, Qatar berbatasan dengan Arab Saudi dan Teluk Persia. Kota Doha merupakan ibu kota dari Qatar. Sebagian besar penduduknya memeluk agama Islam. Qatar menggunakan mata uang Riyal (QTR) sebagai alat transaksi jual beli. Bahasa Arab merupakan bahasa resmi di negara tersebut.

11. Suriah


Republik Arab Suriah, adalah negara yang terletak di Timur Tengah, dengan negara Turki di sebelah utara, Irak di Timur, Laut Tengah di barat dan Yordania di selatan. Suriah beribukota Damaskus. Menggunakan bahasa resmi Arab dan juga menggunakan bahasa ramaik, Armenia, Kurdi, Turkmen sebagai bahasa lainya. Mendapatkan kemerdekaan pertama kali dari pada September 1963 yang disusul dengan deklarasi kedua pada 1 Januari 1944. Menggunakan mata uang Pound Suriah (SYP) sebagai alat transaksi di negara ini. Masyarakatnya menganut agama Islam.

12. Turki

Turki adalah sebuah negara besar di kawasan Eurasia. Turki adalah sebuah Republik konstitusional yang demokratis, sekuler, dan bersatu yang kemudian menjadi Pemerintahan Republik Parlementer. Ibu kota Turki berada di Ankara namun kota terpenting dan terbesar adalah Istanbul. Dengan menggunakan bahasa Turki sebagai bahasa resmi. Turki mendapatkan hak proklamasi negara republik pada 29 Oktober 1923. Mata uang resmi yang digunakan yakni Lira Turki (TRY). Penduduk Turki memeluk agama Islam, Sejak tahun 2005, Turki adalah satu-satunya negara Islam pertama yang berunding menyertai Uni Eropa, setelah merupakan anggota koalisi sejak tahun 1963

13. Uni Emirat Arab


Uni Emirat Arab (disingkat UEA) (bahasa Inggris: United Arab Emirates) adalah sebuah negara persatuan dari tujuh emirat yang kaya akan minyak bumi. Tujuh emirat ini adalah: Abu Dhabi, Ajman, Dubai, Fujairah, Ras al-Khaimah, Sharjah dan Umm al-Qaiwain. Uni Emirat Arab terbentuk menjadi negara yang menggunakan sistem pemerintahan Monarki Konstitusional. Abu Dhabi menjadi ibu kota dari negara gabungan ini. Negara ini mendeklarasikan pemerintahannya pada 2 Desember 1971.  Pada tahun 1971, enam dari negara-negara bagian ini yakni Abu Dhabi, Ajman, Fujairah, Sharjah, Dubai, dan Umm al-Qaiwain - bergabung untuk mendirikan Uni Emirat Arab. Pada tahun 1972, Ras al-Khaimah ikut bergabung. Uni Emirat Arab menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa resmi. Mata uang yang digunakan ialah Dirham (AED).

Kekayaan Uni Emirat Arab berdasarkan pengeluaran minyak dan gas yaitu 33% dari GDP negara itu. Emirat Arab adalah negara penghasil minyak ketiga terbesar di kawasan teluk setelah Arab Saudi dan Iran. Sejak 1973, Uni Emirat Arab telah mengalami perubahan dari negara kecil yang terletak di gurun menjadi negara modern dengan taraf kehidupan yang tinggi. Hampir semua rakyat di Uni Emirat Arab memeluk agama Islam.

14. Yaman


Republik Yaman adalah sebuah negara di Jazirah Arab di Asia Barat Daya, bagian dari Timur Tengah. Yaman berbatasan dengan Laut Arab di sebelah selatan, Teluk Aden dan Laut Merah di sebelah barat, Oman di sebelah timur dan Arab Saudi di sebelah utara. Orang-orang keturunan Arab di Indonesia sebagian besarnya berasal dari negara ini. Yaman adalah satu-satunya negara republik di Jazirah Arab. Sana'a menjadi ibu kota dari negara ini sekaligus kota terbesar. Yaman menggunakan sistem pemerintahan Kesatuan Republik Presidensiil, yang resmi bersatu pada 22 Mei 1990 Arab merupakan bahasa resmi dari negara ini. Rail Yaman (YER) merupakan mata uang resmi dari negara ini. Sebagaian besar penduduknya memeluk agama Islam.

15. Yordania


Yordania, resminya Kerajaan Hasyimiyah Yordania Al-Mamlaka al-Urduniyya al-Hashemiyya adalah sebuah kerajaan di Tepi Barat Sungai Yordan. Yordania didirikan pada tahun 1921, dan diakui oleh Liga Bangsa-Bangsa sebagai sebuah negara di bawah mandat Britania pada tahun 1922 yang dikenal sebagai Emirat Transyordania. Pada 25 Mei 1946, Yordan menggabungi Perserikatan Bangsa-Bangsa sebagai negara merdeka yang secara resmi dikenal sebagai Kerajaan Hasyimiyah Yordania dengan sistem pemerintahan Monarki Konstitusional. Amman menjadi ibu kota dari negara ini dan menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa resmi. Dinar Yordania (JOD) menjadi alat transaksi jual beli resmi dari negara ini. Sesuai dengan mottonya yang berarti terjemahan indonesia: "Allah, Negara, Raja" maka tak heran jika penduduknya memeluk agama Islam.



3 comments:

  1. Sama-sama, semoga bermamfaat. :0

    ReplyDelete
  2. BAGUS INFORMASINYA SEMOGA BERMANFAAT BAGI PELAJAR, THANKS YA

    ReplyDelete

Thanks sudah mampir di blog saya, jangan lupa tinggalkan komentar ya...Trims....:)