Pages - Menu

Sunday, October 21, 2012

Aneka Kuliner Dari Berbagai Negara


Banyak cara dalam mengenal identitas suatu negara, mulai dari bahasa, musik, kebudayaan, tradisi hingga makana. Berikut beberapa jenis makanan khas dari berbagai negara.

1. Rendang -  Indonesia


Indonesia memiliki aneka makanan lezat salah satunya adalah Rendang.  Makanan ini  banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Sepotong sapi yang dipadu dan dibalut dengan santan kelapa dan berbagai bumbu masak seperti cabai, serai, lenkuas, kunyit, jahe, bawang putih, dan bawang merah telah membuat rendang kaya akan rasa yang orisinil. Tak heran jika pada tahun 2011 lalu, makanan khas minang ini mendapat predikat pertama dalam World's 50 Most Delicious Foods versi CNN International.

2. Tacos


Bagaikan Litte piece of heaven, masakan khas Meksiko ini memiliki banyak penggemar diseluruh dunia. Makanan ini terdiri dari satu tortilla yang berisi berbagai macam masakan atau racikan yang sangat lezat. Sebagai contoh, satu taco dapat berisi telur dadar yang dipadukan dengan daging sapi, sosis ataupun kentang.

3. Escargot- Perancis


Berbahan dasar bekicot, makanan ala perancis ini telah mendapatkan karismanya sendiri dalam dunia kulineri. Menurut peniliti daging bekicot ini banyak mengandung protein yang baik bagi tubuh, dan hanya dengan dipadukan oleh bumbu jahe, cuka dan pemanis, sajian ini telah mendapatkan namanya sebagai salah satu sajian terlezat di dunia. 

4. Gelato - Italia


Italia adalah surganya pasta. Meski demikian, negara yang terletak di Eropa ini juga memiliki menu dessert yang tak kalah lezatnya. Berbeda dengan ice cream yang pada umunya berbahan dasar krim. Lain halnya dengan gelato yang bahan dasarnya menggunkana susu. Sehingga menjadikan gelato sebagai kudapan manis yang rendah lemak dan lebih sehat.

5. Sushi dan Sashimi - Jepang


Pastinya kita sudah tak asing lagi dengan masakan dari negeri sakura ini. Jepang memang memilki hasil laut yang melimpah. Tak heran jika masyarakat jepang sangat suka mengkomsumsi daging ikan. Penelitian telah membuktikan bahwa daging ikan dapat meningkatkan kecerdasan otak, mungkin itulah salah satu faktor yang menjadikan negara Jepang menjadi negara maju saat ini. Sebenarnya Sushi dan Sashimi memiliki perbedaan. Sushi terbuat yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk (neta) berupa makanan laut, daging, sayuran mentah atau sudah dimasak. Nasi sushi mempunyai rasa masam yang lembut karena dibumbui campuran cuka beras, garam, dan gula. Sedangkan Sashimi merupakan makanan lautan yang langsung dimakan dalam keadaan mentah bersama penyedap seperti kecap asin, parutan jahe, dan wasabi. Kedua makanan ini saling melengkapi dan disajikan secara bersamaan.

6. Kimchi - Korea Selatan


Makanan apa yang paling terkenal dari Korea Selatan? Jika pertanyaan itu dilontarkan kepada saya, pasti saya akan menjawab Kimchi. Kimchi adalah makanan tradisional Korea, salah satu jenis asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas. Setelah digarami dan dicuci, sayuran dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe dan bubuk cabai merah. Sayuran yang paling umum dibuat kimchi adalah sawi putih dan lobak.
Di Korea, kimchi selalu dihidangkan di waktu makan sebagai salah satu makanan wajib dihidangkan selain nasi. Kimchi juga digunakan sebagai bumbu sewaktu memasak sup kimchi (kimchi jjigae), nasi goreng kimchi (kimchi bokkeumbap), dan berbagai masakan lain.

7. Tom Yam Soup - Thailand


Ciri khas masakan Thai adalah rasa pedas dan penuh bumbu, namun dipadu dengan keseimbangan rasa manis, asin, masam, dan pedas. Tom Yam merupakan sup asam pedas berisi daging. Bila berisi udang disebut tom yam goong . Tom yam berisi makanan laut (udang, cumi-cumi, dan ikan) disebut tom yam talae, sementara tom yam daging ayam disebut tom yam gai. Ada pula Tom kha gai yakni sup asam pedas berisi daging ayam dan santan. Sampai saat ini, tom yam soup menjadi salah satu makanan kegemaran saya. 

8. Peking Duck - China


Peking Duck atau bebek peking merupakan masakan tradisional China berupa daging bebek panggang yang lezat. Bebek Peking berasal dari Beijing. Makanan bebek Peking ini juga dapat ditemui di Taiwan. Popularitas makanan ini tidak perlu di ragukan lagi. Membuat bebek peking juga tidaklah mudah, untuk itu biasanya satu porsi bebek peking akan dihargai lumayan mahal. Bebek Peking orisinal (bebek Peking di Beijing) dibuat menggunakan daging bebek yang diternakkan khusus  untuk makanan ini. Bebek-bebek digemukkan dengan cara memberikan makanan bergizi. Kelezatan daging dan kerenyahan kulit bebek siap membuat lidah bergoyang. Dalam setiap sajiannya, Bebek peking juga dilengkapi dengan saus yang menambah kelezatannya.

9. Curry


Ciri khas masakan India adalah penggunaan berbagai rempah-rempah khas India dan sayuran yang tumbuh di India, dan beraneka ragam hidangan vegetarian. Pastinya kita sudah tidak asing lagi dengan roti canai dan kari. Kedua makanan ini sering seperti sudah menjadi makanan wajib bagi masyarakat india. 

10. Burger - Amerika


Burger menjadi salah satu makanan paling terkenal dari Amerika yang telah mendunia. Burger merupakan perpaduan dua buah roti bulat yang ditengahnya disisipi dengan berbagai macam bahan. Bahan untuk mengisi burger adalah daging bisa daging sapi maupun ayam, keju umumnya keju mozzarella yang meleleh, sayuran seperti selada, tomat, paprika maupun ketimu ditambah dengan bumbu mayonese dan saos tomat atau saos sambal. Burger adalah masakan Amerika yang praktis untuk dibuat.


No comments:

Post a Comment

Thanks sudah mampir di blog saya, jangan lupa tinggalkan komentar ya...Trims....:)