Pages - Menu

Thursday, October 11, 2012

Jejak Maestro Kancah Musik


Lewat musik, mereka berkarya. Menciptakan inovasi yang tak tergerus zaman untuk kemudia mengantarkan musik mencapai sebuah pembaharuan.

1. Ludwig Van Beethoven


Bukan hal yang mengherankan bila gelar "Bapak Musik Dunia" diberikan kepada Ludwing Van Beethoven. Tanpa kehadirannya, musik mungkin akan menjadi berbeda dari yang ada di masa sekarang. Beethoven berhasil melampaui batasan, bahkan keterbatasan pendengaran yang ia alami. Komposisi gubahannya merupakan bukti transformasi musikalitas dari gaya klasik abad 18 ke romantisme ke abad 19. Moomlight Sonata atau String Quarter Op. 131 merupakan karyanya yang fenomenal.

2. Elvis Presley


Siapa yang tak mengenal Elvis Presley? Namanya kerap di dengungkan sebagai salah satu ikon budaya pop abad 20. Suaranya yang besar dan berkesan jantan serta gestur tubuhnya saat membawakan lagu menjadi ciri khas dari entertainer sejati ini. Beberapa lagunya mencapai peringkat nomor satu tangga lagu, rekamannya terjual hingga jutaan copy. Sebagai raja rock n roll, beberapa karyanya yang terkenal antara lain : Crazy Little Thing Called Love, Love Me Tender dan Jailhouse Rock. Kepiawaiannya berakting bisa dilihat dari beberapa filmnya yang populer yakni : Viva Las Vegas, Blue Hawaii, dan Girls! Girls! Girls!.

3. Bob Dylan


 Tidak banyak musisi seperti Bob Dylan yang karya-karyanya mampu menjadi pemicu sebuah pergerakan sosial. Lagunya Blowin' in The Wind dan The Times They Are A-Changin menjadi semacam anthem untuk gerakan antiperang dan persamaan hak sipil di Amerika Serikat pada tahun 60-an. Ia juga berhasil menembus segala batasan musik. Dari folk, country, blues, pop dan rock n roll, semuanya pernah ia cicipi. Bahkan di hari tuanya, Dylan masih produktif meluncurkan album dan memenangi beberapa penghargaan. 

4. The Beatles


 The Beatles jelas bisa disebut sebagai Band terbesar sepanjang masa. ini bisa di buktikan dari kesuksesan yang telah mereka capai, baik dari segi komersil maupun kritik. Karya-karyanya begitu abadi, tak pernah berhenti menginspirasi banyak musisi sesudahnya. Evolusi musikal yang telah mereka capai, tidak bisa di bandingkan dengan grup musikl lainya. Dari musik bernada melodius, lirik puitis, irama psychedelic, hingga nada protes, bisa ditemukan dari beberapa karya mereka. Setelah bubar pun, para personilnya mampu mencapai kesuksesan dan dikenal sebagai musisi paling berpengaruh sepanjang masa. 

5. Bob Marley


Nama Bob Marley identik dengan musik reggae. Dialah yang membawa musik yang tadinya tidak begitu dianggap menjadi mendunia. Lewat musik, Marley menyeruakan pandangan sosial atas apa yang terjadi dikampung halamnannya, Jamaica. Berbagai lagunya antara lain I Shoot The Sherrif, One Love dan Redemption Song berisi kritikan sosial yang sesungguhnya mengandung nilai universal. Beberapa karyanya banyak diinterpretasikan kembali oleh musisi masa kini.

6. Michael Jackson


 Berbagai gelar pernah diberikan padanya, namun predikat King of Pop bisa dibilang yang paling tepat untuk menggambarkan seseorang Michael Jackson. Pengalaman bermusik sudah ia kecap semanjak usianya masih belia. Dari sejak bergabung bersama saudaranya di The Jacksons Five, hingga akhirnya tumbuh dewasa dan bersolo karier, Michael menjadi semacam keajaiban di dunia musik. Sebagai musisi, ia dikenal piawai dalam meracik musi pop dan R&B hingga menjadi suatu karya musik yang komersil. Beberapa album solonya, yakni Thriller, Bad dan Dangerous dikenal sebagai karya musik fenomenal.

7. Elton John


 Orang-orang mengenal Elton John sebagai seorang solois yang pandai melantunkan nada-nada dengan piano. Beberapa lagu mellow miliknya dijadikan nomor wajib untuk setiap pasangan dalam mengungkapkan cinta. Akan tetapi, pada awal kemunculannya di dekade 60 dan 70'an, ia dikenal kerap tampil dengan dandanan glamor layaknya seorang rockstar ketika tampil diatas panggung. Uniknya, kebanyakan lagunya bernuansa mellow dan berisikan lirik tentang kegelisahan. Justru lewat kontradiksinya yang kontemplatif itu, Elton John berhasil menjadi salah satu musisi paling berpengaruh sepanjang masa.




No comments:

Post a Comment

Thanks sudah mampir di blog saya, jangan lupa tinggalkan komentar ya...Trims....:)