Pages - Menu

Tuesday, December 27, 2011

7 Desa Terunik


Banyak faktor yang membuat sebuah desa menjadi lebih istimewa dibandingkan dengan desa lainnya. Diantara lainnya adalah keunikan dari para penghuni desa tersebut, seperti yang terjadi di desa-desa unik berikut ini yang tersebar dibelahan dunia yang memiliki keseragaman fisik penghuni desa ataupun persamaan pekerjaan dan cara pandang hidup. Berikut 7 desa unik di dunia versi On The Spot.

1. Desa Kembar


Desa unik yang pertama adalah Desa Kembar Kodinhi yang terdapat di New Delhi, India. Desa yang berpenduduk 15.000 jiwa. Menurut pakar yang meneliti fenomena in mempekirakan terdapat 300 hingga 350 orang kembar di desa tersebut, tetapi yang terdaftar hanya 250 orang. Saking banyaknya pasangan anak kembar, para guru di Desa Kodinhi sering kali salah menunjuk murid. Kelahiran generasi kembar ini meningkat sejak kelahiran 3 generasi yang lalu. Saat ini penyebab kenapa banyak anak kembar terlahir di dunia ini masih belum diketahui. Namun menurut penduduk setempat hal itu disebabkan oleh air yang mereka minum. 

2. Desa Pengemis


Desa terunik berikutnya berada di Indonesia yaitu Desa Pengemis (kasian banget indonesia). Sebenarnya di Indonesia terdapat beberapa perkampungan pengemis, salah satunya adalah daerah Kebon Singkong Kelurahan Klender, Jakarta Timur. Diperkampungan ini terdapat ratusan kontrakan yang dihuni oleh para pengemis. Namun pada setiap bulan puasa ratusan calon pengemis datang dengan menumpang truk datang ke perkampungan tersebut untuk mengontrak rumah. Para pengemis yang berpenghasilan 300 hingga 600 ribu per orang dalam sehari itu memang hidup seadanya di kontrakan tersebut tetapi di daerah asal mereka tersebut mereka memiliki rumah yang besar dan sawah.

Tidak berbeda jauh dengan Jakarta, desa lain yang para penghuni juga berprofesi sebagai pengemis adalah di Desa Pragaan di Sumenep, Madura. Desa yang penduduknya 80% yang bekerja sebagai pengemis itu justru tampak jauh dari kemiskinan. Bayangkan saja walaupun mereka pengemis tetapi rumah mereka berkelas menengah keatas dan banyak yang menyekolahkan anaknya hingga lulus di perguruan tinggi atau banyak yang mampu naik haji. Dan semua dana tersebut diperoleh darii mengemis. 

3. Desa Bebas Polusi


Desa lainya yang memiliki keunikan adalah Desa Giethorn di Propinsi Overijssel, Belanda. Desa yang terkenal sebagai "Venesia dari utara"atau "Venesia dari Belanda" ini terkenal sebagai desa bebas polusi. Di desa ini tidak ada jalan raya kecuali jalur sepeda. Semua lalu lintas menggunakan jalur perairan yaitu perahu-perahu dayung atau perahu bermotor namun bersuara pelan karena menggunakan motor listrik. Hal itu menyebabkan setiap rumah hanya dapat dijangkau melalui jembatan kayu. Rumah-rumah di daerah tersebut kebanyakan memiliki atap jemari karena daerah berawan hingga memberikan banyak gambut. Pada tahun 1958 desa yang telah menjadi daerah wisata ini menjadi terkenal karena menjadi tempat lokasi pembuatan film komedi terkenal yang berjudul "Fanfare". Selain itu desa ini juga memiliki pemandangan yang masih asri dengan warna hijau daun yang menyejukkan mata.

4. Desa Poligamy



Desa terunik berikutnya adalah Desa Centennial Park, Colorado, Amerika Serikat. Bagi 1200'an warganya berpoligami adalah merupakan impian mereka walaupun dalam hukum Amerika poligami adalah sebuah kejahatan bahkan bagi para gadis disana mereka justru ingin berbagi suami jika menikah kelak. Hal itu membuat mereka tak menjadi masalah jika harus menikah dengan pria yang telah memiliki istri bahkan anak sekalipun. Walaupun warga ini terbuka soal poligami tetapi mereka masih tetap tertutup jika menyangkut masalah seks. 

5. Desa Bujangan 


Desa unik berikutnya adalah Desa bujangan di Desa Barwaan kala sebuah wilayah terpencil diwilayah Barat Bihar, India. Di desa terpencil itu terdapat lebih dari 100 pria dengan rentang usia 18-60 tahun menjalani hidup melajang. Hal itu dikarenakan kondisi geografis desa yang terpencil. Selain itu para wanita didaerah tersebut lebih memilih tinggal bersama dengan kerabat mereka yang berada di luar desa tersebut dengan harapan mendapatkan jodoh. Alasan lain para orang tua mayoritas melarang anaknya menikah dengan para pemuda setempat, akibat keterpurukan cinta itulah yang menyemangati para pemuda di desa bergotong-royong membangun akses jalan ke dunia luar. Mereka membangun jalan sejauh 6 Km demi mewujudkan impian mereka bertemu dengan gadis pujaan dan kemudian kelak menikah.

6. Desa Manusia Cabit Kepiting


Sebuah perkampungan yang warganya memiliki kelainan fisik telah ditemukan di Desa Mario, Bone, Sulawesi Selatan. Puluhan warganya menderita kelainan fisik di jari kaki dan tangan. Mulai dari anak-anak hingga lanjut usia memiliki jari-jari terbelah menjadi dua mirip cabit kepiting. Bahkan ada juga yang hanya memiliki 3 ruas jari. Menurut penduduk setempat fenomena tersebut merupakan kutukan bagi mereka yang berasal dari keturunan yang sama tetapi secara medis hal itu bisa dikarenakan asupan gizi yang kurang sejak dalam kandungan. Walau warga lain tidak mau bergaul dengan warga yang dikenal dengan orang-orang yang disebut dengan cabit kepiting itu. Namun penduduk Desa Mario sendiri itu tidak pernah merasa malu dengan keadaan mereka. 

7.  Desa Berpenghuni Satu Orang


Desa unik yang terahkir adalah Desa Buford yang berpenghuni hanya satu orang yang terletak di  di Wyoming, Colorado, Amerika Serikat. Desa ini ditinggal pergi oleh seluruh penduduknya karena mereka pindah ke tempat lain dengan harapan mendapatkan kehidupan yang lebih baik dan merasa wilayah ini tak akan pernah bisa berkembang. Saat ini desa hanya tinggal seorang pria saja yang berusia 60 tahun dan betah hidup sendirian tanpa istri, tanpa anak, tanpa tetangga bahkan tanpa binatang.

No comments:

Post a Comment

Thanks sudah mampir di blog saya, jangan lupa tinggalkan komentar ya...Trims....:)